Senin, 05 September 2016

Cara yang Benar Menghilangkan Cacing Kremi pada Anak, Hingga Tuntas dan Tanpa Efek Samping

Cara yang Benar Menghilangkan Cacing Kremi pada Anak, Hingga Tuntas dan Tanpa Efek Samping_Cacing kremi ini biasanya banyak menyerang anak-anak dan sering dikaitkan dengan kelapa parut. Mungkin ada diantara Anda yang semasa kecil dulu suka nyemil kelapa parut, percaya atau tidak, yang pasti jika terlalu banyak makan kelapa parut ini biasanya akan berakibat pada munculnya rasa gatal di dubur. Meski demikian, cacing kremi ini tidak hanya disebabkan oleh konsumsi kelapa parut juga, tetapi juga diakibatkan oleh hal lain diantaranya adalah kurang begitu memperhatikan kebersihan sehingga sangat memungkinkan bagi si cacing untuk berkembang biak.
Bukan hanya anak-anak saja yang bisa terkena cacing kremi, tetapi juga orang yang sudah berusia belasan tahun, apalagi jika didukung dengan lingkungan tempat tinggalnya yang kurang bersih.
Cara yang Benar Menghilangkan Cacing Kremi pada Anak, Hingga Tuntas dan Tanpa Efek Samping

A. Gejala Cacing Kremi
Tahan dulu rasa penasaran Anda mengenai cara mengobati cacing kremi, karena sebelumnya kami akan menjelaskan mengenai gejala cacing kremi, supaya Anda nantinya dapat dengan mudah melakukan identifikasi mandiri apakah Anda terkena cacing kremi atau tidak.

Berikut ini adalah gejala dari cacing kremi yang sangat mudah untuk dikenali, antara lain:
1. Munculnya rasa gatal pada dubur, apalagi di malam hari karena itu adalah waktu untuk cacing betina keluar dari anus untuk menempatkan telurnya
2. Jika yang terkena adalah anak perempuan, rasa gatal bisa jadi juga terasa di vaginanya
3. Karena rasa gatal yang terasa di anus, memungkinkan untuk terjadinya infeksi karena luka akibat garukan
4. Penderita akan sulit untuk tidur
5. Pada kasus cacing kremi yang sudah cukup berat, penderita bisa mengalami penurunan berat badan karena nafsu makan yang menurun, merasa mual serta mengalami diare

B. Mengobati Cacing Kremi 
Meskipun cacing kremi hanya tampak menimbulkan rasa gatal yang luar biasa, namun jika cacing kremi ini dibiarkan akan menimbulkan komplikasi lain yang malah semakin berbahaya. Di bawah ini akan kami paparkan mengenai cara untuk mengobati cacing kremi, antara lain:

1. Mengobati Cacing Kremi Menggunakan Salep atau Krim Anti Gatal
Untuk mengatasi cacing kremi ini Anda bisa menggunakan salep ataupun krim anti gatal yang kemudian dioleskan di sekitar anus.

2. Mengobati Cacing Kremi Menggunakan Obat Anti Parasit
Cacing kremi juga dapat diatasi dengan menggunakan obat anti parasit seperti pirantel pamoat, mebendazole dan albendazole, dan untuk menjaga supaya infeksi ulang ini tidak terjadi sebaiknya seluruh anggota keluarga juga diberikan obat ini.
Karena jika tidak, dikhawatirkan anggota keluarga yang lain juga ikut terkena mengingat penularan cacing kremi yang cepat ini.

3. Mengobati Cacing Kremi Menggunakan Bawang Putih
Jika Anda adalah penggemar pengobatan secara tradisional, bumbu dapur si bawang putih ini juga bisa Anda gunakan untuk mengobati cacing kremi karena kandungan senyawa alisin yang ada di dalamnya mampu membunuh cacing kremi yang ada di dalam tubuh.

Untuk caranya, Anda bisa memilih salah satu cara yang ada di bawah ini:
a.  Cara yang pertama adalah menggunakan bawang putih sebagai bahan tambahan dalam masakan seperti biasanya
b. Cara yang kedua adalah dengan menghaluskan bawang putih secukupnya lalu dioleskan di sekitar dubur penderita
c. Cara yang ketiga, Anda bisa perhatikan langkah berikut ini:

  • Siapkan bawang putih sebanyak 1 bungkul saja dan akar pohon pepaya sebesar 1 jari tangan
  • Bersihkan semua bahan tersebut
  • Memarkan bawang putih
  • Setelah itu, rebus bawang putih yang telah dimemarkan tadi beserta akar pohon pepaya dengan air bersih kira-kira sebanyak 400 cc
  • Biarkan sampai mendidih, dan setelah mendidih dinginkan air rebusan tersebut
  • Setelah dingin, saring air rebusan bawang putih tadi lalu minumkan pada penderita sehari 2 kali

4. Mengobati Cacing Kremi Menggunakan Pare
Buah yang banyak dijadikan sayur ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengobati cacing kremi. Namun rasanya yang pahit mungkin saja tidak akan disukai oleh penderita, jangankan penderita, cacing kremi saja tidak suka, makanya pare ini juga cocok untuk dijadikan obat cacing kremi.

Tetapi jika Anda tetap penasaran dengan caranya, silahkan perhatikan langkah-langkah berikut ini:
a. Siapkan buah pare secukupnya, lalu cuci hingga bersih
b. Setelah dicuci, rebus pare tersebut hingga matang
c. Setelah direbus, blender pare tersebut untuk kemudian dijadikan jus
d. Setelah jadi, tanpa diberi campuran apapun, minum jus pare ini hingga habis

5. Mengobati Cacing Kremi Menggunakan Daun Pegagan
Jika di sekiitar rumah Anda terdapat banyak rumput pegagan, Anda bisa memetiknya beberapa untuk dijadikan obat cacing kremi. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Siapkan daun pegagan sebanyak 4 lembar saja lalu cuci hingga bersih
b. Siapkan juga garam serta air matang kira-kira sebanyak 4 sendok makan
c. Setelah semua bahan siap, tumbuk daun pegagan sampai lembut lalu campurkan dengan air matang dan garam, aduk hingga rata
d. Setelah itu, peras dan saring untuk diambil sarinya
e. Setelah itu, minumkan sari daun pegagan ini pada penderita. Lakukan hal ini secara rutin hingga cacing kremi menghilang

6. Mengobati Cacing Kremi Menggunakan Campuran Daun Jarak dan Minyak Kelapa
Selain menggunakan bawang putih yang dihaluskan untuk pengobatan luar, daun jarak yang banyak dijadikan pagar juga bisa dijadikan sebagai obat luar untuk mengatasi cacing kremi, dengan dicampur minyak kelapa tentunya.

Cara menggunakannya, perhatikan langkah mudah berikut ini:
a. Siapkan daun jarak sebanyak 1 lemabr saja lalu bersihkan
b. Siapkan juga minyak kelapa sebanyak 1 sendok makan
c. Setelah semua bahan siap, tumbuk daun jarak tadi hingga halus lalu campurkan dengan minyak kelapa kemudian peras untuk diambil sarinya
d. Jika sudah, oleskan sari daun jarak tersebut di sekitar anus si penderita, esoknya bersihkan dengan kapas atau kain yang masih bersih

7. Mengobati Cacing Kremi Menggunakan Wortel
Jika penderita termasuk orang yang menyukai wortel, Anda juga bisa memanfaatkan wortel ini untuk membunuh cacing kremi yang sangat mengganggu itu. Caranya adalah bisa dengan memakannya secara langsung atau bisa juga dibuat jus dengan ditambahkan madu secukupnya.

8. Mengobati Cacing Kremi Menggunakan Biji Labu
Jika kebetulan Anda memiliki sebuah labu di rumah, jangan dibuang bijinya ketika ada anak Anda atau anggota keluarga Anda yang menderita cacing kremi ini. Mengapa? Karena biji labu juga bisa dijadikan obat untuk menghalau cacing kremi supaya segera pergi.

Tak hanya mengusir cacing kremi keluar bersama dengan feses, tetapi biji labu juga ampuh untuk menjaga supaya infeksi cacing kremi ini tidak kambuh lagi. Adapun caranya adalah seperti di bawah ini:
a. Siapkan biji labu yang tentunya masih segar secukupnya saja lalu bersihkan
b. Setelah bersih, hancurkan biji labu tadi lalu rebus dengan air bersih sampai mendidih
c. Setelah itu, saring dan ambil airnya lalu biarkan supaya dingin
d. Setelah dingin, minumkan air rebusan biji labu tadi pada penderita

Itulah gejala serta 8 cara untuk mengobati cacing kremi, tinggal Anda pilih Anda lebih suka menggunakan cara yang mana. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top