Jumat, 11 November 2016

Macam-Macam Permainan Bola Besar dan Pengertiannya Serta Ukuran Lapangannya

Berbagai Jenis Permainan Bola Besar dan Pengertiannya Serta Ukuran Lapangannya_Dalam dunia olahraga, permainan menggunakan bola terbagi menjadi dua yakni permainan bola kecil dan permainan bola besar. Permainan bola kecil umumnya bersifat hanya untuk kesenangan semata, sedangkan permainan bola besar biasanya paling dikenal di masyarakat dan sering dipertandingkan di kompetisi olahraga yang besar seperti olimpiade.

Olahraga yang termasuk permainan bola kecil di antaranya seperti tenis, tenis meja, softball, kasti, golf dan kriket. Sedangkan olahraga yang termasuk permainan bola besar di antaranya seperti bola basket, bola voli, bola tangan dan sepak bola.

Berikut ini ulasan beberapa permainan bola besar yang sering dimainkan di masyarakat.

1. Permainan Bola Basket
Permainan Bola Basket

Permainan bola basket dimainkan antara dua regu yang masing-masing beranggotakan 5 pemain. Pemain memainkan permainan dengan cara menggiring bola atau  memantulkan bola ke lantai (dribble) lalu mengoper kepada rekannya, ataus melakukan lemparan ke dalam ring untuk mencetak angka.

Permainan ini menggunakan lapangan yang berukuran 26 m x 14 m. Lapangan permainan bola basket memiliki area tembakan hukuman yang berukuran 3,60 meter, dan area daerah serang dengan panjang 6 meter. Sedangkan garis tengah pada lapangan bola basket berdiameter 1,80 meter.

Selain 5 pemain utama, setiap tim juga memiliki 5 orang pemain cadangan. Permainan dipimpin oleh 2 orang wasit, Referee dan Umpire.

Waktu pertandingan untuk permainan ini biasanya 4 x 10 menit terdiri dari 4 babak dan di antara setiap babak disediakan waktu istirahat selama 10 menit. Jika terjadi skor akhir yang sama maka dilakukan babak perpanjangan waktu hingga terjadi selisih skor. Berikut ini gambaran lapangan permainan bola basket.

2. Permainan Bola Voli
Lapangan Bola Voli

Salah satu permainan yang populer di masyarakat selain sepak bola adalah bola voli. Permainan bola voli dimainkan oleh dua tim masing-masing beranggotakan 6 orang.

Setiap tim memiliki pemain yang berperan penting yakni pemain bertahan (defender) yang bertugas untuk menghalau serangan tim lawan. Ada juga setter (tosser) yang bertugas mengumpan bola dan smash (spiker) yang bertugas memukul bola serta libero sebagai pemain yang berperan bebas.

Secara umum, lapangan bola voli memiliki ukuran panjang 18 meter dan lebar 9 meter.  Lapangan tersebut terbagi menjadi dua area berukuran 9 meter dengan net sebagai pemisahnya. Ukuran tinggi net bagi voli putra berbeda dengan voli putri. Untuk voli putra memakai net dengann tinggi 2,44 meter sedangkan voli putri memakai net yang tingginya 2,24 meter.

3. Permainan Bola Tangan 
Permainan Bola Tangan

Olahraga yang satu ini mungkin tidak sepopuler bola voli maupun sepak bola. Maklum olahraga bola tangan lebih populer di daerah asalnya benua Eropa. Permaina bola tangan modern mulai diperkenalkan pertama kali di Denmark sekitar abad ke-19 kemudian merambah ke negara Eropa lainnya seperti Jerman dan Swedia.

Permainan yang merupakan gabungan dari permainan sepak bola dan bola basket ini mengutamakan keterampilan dan kekuatan tangan untuk mencetak angka. Bola tangan dimainkan menggunakan seluruh anggota tubuh terkecuali kaki. Setiap tim terdiri dari 7 orang pemain dengan satu penjaga gawang.

Bola tangan dimainkan dengan cara pemain membawa bola sejauh tiga langkah untuk kemudian diumpankan ke rekannya atau dilemparkan ke gawang lawan untuk mencetak angka. Saat memegang bola, pemain hanya diberi waktu maksimal lima menit setelah itu harus dioper ke rekannya.

Lapangan bola tangan berbentuk persegi panjang berukuran lebar 20 meter serta panjang 40 meter dengan garis pembatas lapangan selebar 5 cm. Gawang pada permainan bola tangan berukuran tinggi 2 meter dan lebar 3 meter. Permainan dimainkan dalam waktu 2 x 20 menit untuk putri dan 2 x 30 menit untuk putra.

4. Permainan Sepak bola
Lapangan Sepak bola

Siapa yang tidak kenal sepak bola, permainan ini sangat populer di kalangan tua dan muda di tanah air. Sepak bola dimainkan oleh dua tim, masing-masing tim sepak bola beranggotakan sebelas orang dengan 7 orang pemain cadangan. Permainan ini dilakukan selama dua kali 45 menit dengan lama waktu istirahat 15 menit.

Sepak bola dimainkan di lapangan berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang antara 90 meter hingga 120 meter dan lebar antara 45 meter hingga 90 meter. Selain itu lapangan ini memiliki area yang disebut sebagai area kotak penalti. Di area ini, penjaga gawang bisa dengan bebas menyentuh bola dengan tangan. Kotak penalti ini berukuran lebar antara 16-19 meter dan panjang 40-45 meter.

Demikian 4 contoh jenis permainan bola besar. Semoga bermanfaat.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top