Jumat, 11 November 2016

Macam-Macam Permainan Bola Kecil dalam Olahraga

Macam-Macam Permainan Bola Kecil dalam Olahraga_Sebagaimana yang telah kita ketahui, bola banyak digunakan dalam berbagai bidang olahraga, baik olahraga yang menggunakan bola dengan ukuran besar maupun bola berukuran kecil. Olahraga bola kecil atau yang sering disebut permainan bola kecil, jarang dikenal luas oleh masyarakat. Padahal permainan ini juga tak kalah menyenangkan jika dimainkan seperti halnya permainan olahraga bola besar. Berikut ini beberapa olahraga yang dikategorikan sebagai permainan bola kecil.

1. Baseball dan Softball
Macam-Macam Permainan Bola Kecil dalam Olahraga

Softball merupakan pengembangan dari baseball. Yang membedakan antara keduanya adalah ukuran diameter bola softball yang lebih besar daripada bola baseball. Tidak seperti baseball yang menggunakan bola keras, softball menggunakan bola yang lebih empuk dan lebih ringan.

Softball dimainkan oleh dua regu dalam 9 babak (inning). Setiap tim memiliki catcher (penangkap bola), pitcher (pelempar bola), pemukul bola dan penjaga bola. Setiap tim memiliki tiga kali out saat mendapat giliran memukul. Kemudian digantikan oleh tim lawan.

2. Kasti
Kasti

Siapa yang tidak mengenal permainan yang satu ini? Permainan kasti sangat populer dan sering dimainkan saat kita masih bersekolah. Seperti halnya baseball dan softball, kasti dimainkan oleh dua kelompok dimana setiap kelompok memiliki pelempar dan pemukul bola.

3. Tenis Lapangan
Tenis Lapangan

Tenis lapangan dimainkan menggunakan raket dan bola yang terbuat dari karet. Biasanya dimainkan oleh dua orang (single) atau dua pasang pemain (double). Pada awalnya tenis dilakukan dengan memukul bola menggunakan tangan. Kemudian pada abad ke-16, barulah tenis dimainkan menggunakan raket.

Olahraga yang berasal dari Perancis ini kini menjadi olahraga yang populer dan menjadi salah satu cabang yang dipertandingkan di Olimpiade.

4. Tenis Meja
Tenis Meja

Tenis meja atau yang dikenal juga dengan sebutan ping pong, pertama kali dimainkan di Inggris pada abad ke-19. Permainan ini bisa dimainkan oleh dua orang atau secara berpasangan.
Bola yang digunakan dalam permainan ini cukup ringan dengan ukuran diameter 40 milimeter. Tidak seperti permainan tenis, tenis meja memakai raket yang dibuat dari kayu atau disebut juga bet.
Cara mainnya hampir sama dengan permainan voli, bola tidak boleh keluar dari garis dan harus dipukul hingga melewati net. Hanya saja pada tenis meja saat memukul bola, bola harus dipantulkan sekali.

5. Kriket 
Kriket

Kriket bisa dibilang tidak begitu populer di Indonesia. Olahraga yang berasal dari Inggris ini lebih populer di dataran Eropa dan negara persemakmuran. Permainan ini dimainkan seperti bermain kasti, menggunakan pemukul dan bola kecil. Hanya saja bola yang digunakan berbeda. Bola pada kriket dibungkus kemasan laon sehingga bentuknya tidak membulat.

Kriket dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan sebelas orang. Lama pertandingannya bisa mencapai 6 jam lebih tiap harinya dan bisa berlangsung sampai 5 hari berturut-turut.

6. Golf
Golf

Golf bisa jadi salah satu permainan bola kecil yang paling mahal. Hal ini disebabkan karena permainan ini membutuhkan tempat yang luas dan biasanya biaya sewa tempat golf tidaklah murah.

Permainan yang berasal dari Belanda ini dimainkan di lapangan terbuka dan dapat dimainkan oleh perseorangan maupun tim. Tiap lapangan memiliki jumlah lubang yang berbeda-beda antara 9 sampai 18 lubang. Golf dimainkan dengan cara memukul bola menggunakan stik golf (klab) agar masuk ke lubang tersebut. Pemain akan memenangkan pertandingan jika dia bisa memasukkan bola ke dalam lubang dengan jumlah pukulan yang paling sedikit.

Itulah beberapa contoh permainan bola kecil dalam olahraga. Semoga bermanfaat.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top