2016-12-07

5+ Cara Ampuh Mencegah Kepikunan Sejak Dini

5+ Tips Efektif yang Ampuh untuk Mencegah Kepikunan Sejak Dini_Mempunyai daya ingatan yang kuat adalah anugerah karena semuanya akan terasa lebih mudah. Coba Anda bayangkan bagaimana jika Anda sering lupa, pasti segala sesuatu yang sedang Anda kerjakan akan menjadi berantakan. Apalagi kalau sedang dalam kondisi yang genting dan Anda lupa akan sesuatu yang seharusnya Anda kerjakan pastilah sangat mengganggu dan menjadi beban pikiran untuk Anda.
5+ Cara Ampuh Mencegah Kepikunan Sejak Dini

Penyakit lupa atau pikun tidak hanya terjadi pada orang-orang yang sudah berumur tua. Tetapi, juga bisa terjadi pada mereka yang masih berusia produktif atau muda. Salah satu faktor penyebab penyakit lupa atau pikun di usia muda adalah gaya hidup yang tidak sehat. Penyakit lupa memang cenderung susah untuk disembuhkan. Namun, tidak ada salahnya untuk berusaha mengatasinya agar tidak semakin parah.

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi kepikunan di usia muda yaitu sebagai berikut:

1. Miliki waktu tidur yang cukup
Sering begadang adalah gaya hidup yang tidak sehat. Kurang tidur juga termasuk faktor utama yang membuat seseorang mudah lupa. Biasanya, anak-anak muda menyukai begadang dengan alasan lembur mengerjakan tugas kuliah ataupun tugas kerja. Apalagi untuk mereka yang suka bekerja di malam hari, pasti tidak mempunyai waktu tidur yang cukup.

Sesibuk apapun Anda, jangan melupakan waktu tidur Anda. ingat, kalau tubuh dan pikiran Anda juga memerlukan istirahat yang cukup. Jangan  terlalu dipaksakan untuk terjaga dalam tidur meskipun Anda kuat begadang.

2. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan
Makanan yang mengandung antioksidan ampuh untuk mempertajam ingatan Anda. Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh termasuk juga otak. Beberapa makanan yang mengandung antioksidan tinggi adalah bawang putih, bayam, blueberry, blackberry, strawberry, raspberry, kismis dan sebagainya.

3. Konsumsi buah dan sayur
Sayur dan buah adalah makanan yang ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu juga, buah dan sayur dapat meningkatkan kerja otak sehingga membantu Anda untuk mengatasi kepikunan sejak dini. Konsumsilah sayur-sayuran dan buah-buahan yang segar setiap hari untuk mencegah kepikunan di usia yang masih muda.

4. Latih otak dengan permainan
Game dapat meningkatkan kerja otak Anda dam membantu Anda untuk meningkatkan daya ingat. Beberapa permainan yang dapat membantu melatih otak Anda adalah permainan-permainan klasik seperti permainan rubik, sudoku, teka-teki silang, catur dans sebagainya. Bermain alat musik juga dapat membantu mempertajam ingatan Anda.

5. Olahraga di pagi hari
Menghirup udara di pagi hari sangarlah menyegarkan. Olahraga ringan di pagi hari seperti lari juga membantu Anda untuk mencegah kepikunan di usia muda. Tariklah napas dalam-dalam dan nikmati kesegaran udara di pagi hari. Cara seperti ini sangat berpengaruh untuk membuat pikiran Anda kembali segar.

6. Jangan malas dan berhenti untuk belajar
Malas berpikir membuat kerja otak Anda menurun. Hilangkanlah sifat malas Anda dan jangan pernah berhenti untuk belajar hal-hal baru. Diskusi bersama teman-teman komunitas, membaca buku, mengingat hal-hal yang membuat Anda bahagia adalah beberapa cara untuk membuat Anda tidak sering lupa dan juga menambah wawasan serta meningkatkan kemampuan otak.

Itulah tips yang efektif untuk membantu mengatasi kepikunan sejak dini. Hindarilah stress yang berlebihan. Karena stress dapat membuat otak Anda sulit menyimpan informasi yang Anda dapatkan dan membuat Anda susah berkonsentrasi.

Jika Anda mulai merasa stress akibat rutinitas yang Anda kerjakan setiap hari atau Anda sedang mempunyai masalah dengan orang-orang terdekat dan mengalami tekanan batin, segeralah atasi stress Anda dengan melakukan hal-ha yang Anda suka dan menceritakannya dengan orang yang telah Anda percaya.

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top