2017-11-11

5+ Manfaat Hebat Makanan Pedas bagi Kesehatan

5+ Manfaat Hebat Makanan Pedas bagi Kesehatan_Indonesia memiliki beragam makanan dengan cita rasa pedas yang menjadi favorit banyak orang. Selain sedap, ternyata makanan pedas juga memiliki manfaat untuk kesehatan Anda. Mau tahu apa saja?
5+ Manfaat Hebat Makanan Pedas bagi Kesehatan
Tumis Kangkung Pedas via https://subroto1950.wordpress.com/ 

Berikut ini beberapa manfaat makanan pedas bagi kesehatan

1. Memproduksi Hormon Endorphin
Hormon endorphin merupakan hormon yang memberikan perasaan bahagia dan mood yang baik untuk Anda. Kandungan capsaicin dalam makanan pedas dari cabai akan menstimulasi otak Anda untuk senantiasa memproduksi hormon ini, sehingga Anda pun akan cenderung merasa senang dan memiliki mood yang baik.

Selain itu, hormon endorphin juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan rasa sakit.  Saat Anda mengkonsumsi makanan pedas, maka sakit kepala, perasaan stress dan depresi pun berkurang. Menyenangkan, bukan?

2. Membantu Menurunkan Berat Badan
Kabar baik untuk Anda para wanita yang sedang dalam program penurunan berat badan. Mengkonsumsi makanan pedas ternyata terbukti dapat membantu tubuh dalam membakar lebih banyak kalori. Penelitian menunjukkan bahwa pengeluaran energi bahkan meningkat beberapa jam setelah mengkonsumsi makanan pedas.

Makanan pedas pun memberikan rasa kenyang yang lebih untuk Anda, sehingga secara teknis akan mengurangi konsumsi kalori dan membantu program penurunan berat badan yang sedang Anda jalankan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Saat Anda mengkonsumsi makanan pedas, tentu ada sensasi pedas yang Anda rasakan di lidah Anda, bukan? Nah, sensasi pedas inilah yang terbukti mampu menurunkan kandungan kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

Bahkan, American Chemical Society juga mengadakan penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan capsaicin dalam cabai di makanan pedas yang Anda konsumsi mampu mengurangi penumpukan kolesterol  dan meningkatkan kelancaran aliran darah.

4. Membantu Melancarkan Pencernaan
Makanan pedas seringkali dikatakan dapat menyebabkan perut menjadi mulas dan bahkan menyebabkan diare. Namun tahukah Anda, bahwa ada banyak penelitian yang sudah dilakukan dan membuktikan bahwa kandungan cabai sesungguhnya dapat mencegah berbagai macam gangguan pencernaan kronis?

Kandungan capsaicin dalam makanan pedas yang Anda konsumsi akan merangsang pembentukan mikro organisme baik yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi sebagai sumber metabolism. Selain itu, capsaicin pun akan membunuh bakteri yang menyebabkan tukak lambung dan memicu fungsi peristaltik usus Anda.

5. Mencegah Terjadinya Penyakit Kanker
Penyakit kanker menjadi momok bagi banyak orang karena sangat mematikan dan proses penyembuhannya pun memakan biaya yang sangat mahal, sehingga tentu jauh lebih baik mencegah daripada mengobati. Ternyata, makanan pedas sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan Anda dan menghindarkan Anda dari serangan penyakit kanker ini.

Kandungan senyawa pada cabai terbukti mampu melawan dan membunuh sel kanker. Bahkan, merujuk pada data yang dirilis oleh American Cancer Society, senyawa ini mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker prostat. Selain itu, jika makanan pedas yang Anda konsumsi mengandung kunyit, lada hitam, dan rempah-rempah lainnya, itu pun sangat berguna dalam memproduksi anti oksidan aktif yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

6. Membantu Menurunkan Tekanan Darah
Jika Anda memiliki tekanan darah yang cenderung tinggi, maka Anda patut mempertimbangkan untuk lebih sering mengkonsumsi makanan pedas. Ini dikarenakan kandungan capsaicin dalam cabai yang ada di makanan pedas terbukti mampu meningkatkan senyawa nitric oxide yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi terjadinya peradangan.

Di antara berbagai jenis cabai yang ada, cabai rawit dikatakan sebagai sumber makanan pedas yang memiliki kemampuan paling cepat untuk menurunkan tekanan darah.

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top