2016-12-12

8 Tips Menurunkan Risiko Kanker Akibat Radiasi Smartphone

8 Tips Menurunkan Risiko Kanker Akibat Radiasi dari Smartphone_Hampir setiap hari bahkan setiap saat semua orang pasti menggunakan handphone. Kini, fungsi handphone bukan hanya untuk komunikasi saja apalagi hampir semua orang sekarang  sudah beralih menggunakan smartphone atau ponsel pintar.
8 Tips Menurunkan Risiko Kanker Akibat Radiasi Smartphone

Selain banyak dampak positif yang bisa kita rasakan dari penggunaan smartphone, tahukah Anda bahwa salah satu dampak negative dari perkembangan teknologi khususnya penggunaan alat komunikasi seperti handphone atau smartphone dapat memicu penyakit kanker?

Resiko penyakit kanker dapat disebabkan dari radiasi. Radiasi merupakan pancaran energi dalam bentuk partikel, panas atau gelombang elektromagnetik. Smarthphone termasuk salah satu sumber radiasi yang dapat menyebabkan kanker. Selain penyakit kanker, radiasi juga bisa memicu penyakit berbahya lainnya seperti Alzheimer, Parkinson, Tumor otak dan sebagainya.

Radiasi yang sumbernya dari handphone atau smartphone bersifat karsinogenik. Jadi, Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi bahaya radiasi yang berasal dari smarthphone Anda.

Berikut ini adalah tips-tips untuk menurunkan resiko penyakit kanker akibat dari penggunaan ponsel atau smartphone yang terlalu berlebihan.

1. Gunakan headset saat menelpon
Saat Anda sedang mengobrol lewat telepon sebaiknya gunakan headset daripada menempelkan ponsel atau smartphone Anda di telinga. Headset dapat membantu menjauhkan radiasi dari smarthphone ke kepala.

2. Aktifkan speaker telepon
Headset memang dapat membantu menjauhkan sumber radiasi ketika Anda sedang menelpon. Tetapi, headset bisa menjadi antena yang mengirimkan sejumlah radiasi saat Anda menggunakannya. Anda harus hati-hati dan bijaksanalah dalam menggunakan headset. Yang lebih aman saat Anda mengobrol via telepon adalah dengan mengaktifkan speaker teleponnya. Karena dapat mengurangi dan menjauhkan Anda dari radiasi.

3. Maksimalkan SMS (Short Message Service) dan chat room
Daripada menelpon orang-orang terdekat Anda secara terus menerus, lebih baik Anda maksimalkan penggunaan SMS. Gunakan panggilan telepon untuk hal-hal yang penting. Selebihnya, Anda bisa SMS atau mengobrol lewat chat room untuk pengguna smartphone.

4. Aktifkan flight mode
Jika ponsel ataupun smartphone Anda sedang tidak dipakai, ubahlah menjadi mode offline atau flight mode yang masih memungkinkan Anda menggunakan smartphone untuk mendengarkan musik, bermain game atau membuka aplikasi lainnya kecuali browsing dan menelpon.

5. Lihat penerimaan jaringan seluler 
Jika Anda berada di tempat yang jaringannya lemah atau sinyalnya lemah seperti ketika di kereta api, pesawat, atau daerah-daerah yang pedalaman, sebaiknya matikan saja ponsel Anda atau hidupkan mode flight. Jika Anda biarkan dalam mode on, handphone atau smartphone akan terus berusaha mencari sinyal sehingga meningkatkan radiasi.

6. Jangan simpan smartphone di kantong celana atau baju
Jika Anda berpergian, sebaiknya simpan handphone atau smartphone Anda di tas atau di dompet, jangan menyimpannya di dalam saku celana atau baju Anda. Laki-laki yang sering menyimpan smartphone di kantong dapat memengaruhi kualitas sperma sedangkan untuk perempuan yang sering menyimpan smartphone di saku baju dapat meningkatkan resiko kanker payudara.

7. Jangan letakkan smartphone di bawah bantal ketika tidur
Saat tidur pun terkadang masih banyak orang yang tidak bisa lepas dari smartphone yang dimilikinya. Bahkan ada orang yang sampai ketiduran saat sedang memaikan smarthphone.

Walau Anda tidak menggunakan smartphone Anda dan menyimpannya di bawah bantal akan menyebabkan kepala dan otak Anda terpapar radiasi sepanjang malam. Sebaiknya, jauhkanlah smartphone Anda ketika tidur, jangan meletakkannya di bawah bantal dengan beranggapan akan mudah meraihnya jika sewaktu-waktu ada panggilan penting yang masuk.

Jika memang Anda tidak bisa jauh dari smarphone Anda, sebaiknya letakkanlah smartphone Anda di tempat terdekat seperti di atas meja sebelah tempat tidur Anda. yang penting jangan disimpan di bawah bantal.

8. Gunakan casing antiradiasi
Salah satu solusi untuk meminimalisir bahayanya radiasi smartphone adalah dengan menggunakan casing smartphone yang  antiradiasi. Karena tak bisa dimungkiri kalau banyak orang susah untuk meminimalisir penggunaan smartphone. Jadi, gunakanlah casing yang antiradiasi untuk melindungi Anda dari radiasi yang dapat menyebabkan resiko penyakit kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Nah, selamat mencoba tips di atas, dan semoga Anda bisa memanfaatkan ponsel secara maksimal dan aman serta di jauhkan dari bahaya kanker yang mengerikan. Semoga bermanfaat

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top