2017-08-05

Ini Bahaya Terlalu Banyak Makan Garam

Pentingya Mengurangi Konsumsi Garam_Garam mengandung zat yodium yang berguna untuk mencegah penyakit gondok. Namun, tahukah Anda jika penggunaan garam secara berlebihan dapat meyebabkan dampak yang buruk untuk kesehatan tubuh? Anda pasti tahu kalau masakan yang tidak menggunakan garam tentunya akan terasa hambar dan tidak enak, tetapi ada baiknya jika penggunaan garam mulai saat ini harus dibatasi.
Ini Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam

Banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh ketika Anda mulai membatasi konsumsi garam pada masakan Anda. Sekarang banyak masyarakat yang mulai menyadari untuk menggunakan garam dalam batas yang wajar, bahkan sebagian orang sudah tidak mengkonsumsi garam demi menjaga kesehatan tubuh mereka.

Inilah 8 Alasan Mengapa Peggunaan Garam Harus Dibatasi

1. Menyeimbangkan cairan tubuh
Makanan yang kebanyakan garam dapat mengganggu keseimbangan cairan di dalam tubuh. Cairan dalam tubuh yang berupa asam dan basa haruslah seimbang supaya tubuh Anda terasa sehat dan nyaman ketika melakukan  aktivitas sehari-hari.

2. Garam dapat menaikkan berat badan
Makanan yang mengandung banyak garam dapat mengikat lemak di dalam tubuh sehingga membuat berat badan Anda  bertambah. Jadi, bagi Anda yang sedang diet sebaiknya tidak menambahkan garam ke dalam masakan Anda. Ketika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam, Anda akan cepat haus sehingga Anda akan banyak minum air. Tetapi, air yang Anda minum akan tertahan di dalam tubuh, inilah yang dapat meningkatkan berat badan Anda.

3. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi
Awalnya ini hanyalah mitos tetapi teah terbukti kebenarannya bahwa makanan yang banyak mengandung garam dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan penyakit hipertensi. Mulai saat ini, kurangilah garam dalam masakan Anda agar tekanan darah Anda tidak naik dan bagi Anda yang mempunyai tekanan darah tinggi, dengan membatasi mengkonsumsi garam dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Badan akan terasa lebih berenergi
Dengan membatasi garam atau tidak mengkonsumsinya sama sekali, badan Anda akan terasa lebih berenergi. Jika perut Anda serring terasa kembung, keadaan ini dapat terjadi karena Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam. Perut yang terasa tidak enak juga dapat disebabkan dari garam. Jadi, konsumsilah garam dalam batas yang wajar.

5. Menjadikan tulang lebih kuat
Ternyata garam dapat menghancurkan kalsium sehingga tulang Anda dapat mudah rapuh jika mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam. Jika Anda ingin mempunyai tulang yang kuat sampai usia tua, mulai sekarang batasilah dalam mengkonsumsi garam.

6. Menghindari penyakit stroke
Selain dapat menyebabkan hipertensi, garam juga menjadi penyebab utama seseorang terserang penyakit stroke.

7. Mencegah dehidrasi
Garam dapat mengikat cairan di dalam tubuh Anda sehingga mudah bagi Anda mengalami dehidrasi jika terlalu banyak makan makanan yang mengandung banyak garam. Membatasi penggunaan garam dapat membuat tubuh terhidrasi dengan baik.

8. Dapat menyebabkan gangguan ginjal
Jika ginjal Anda bermasalah, maka akan sangat berbahaya apalagi kalau ginjal sudah  tidak berfungsi sama sekali. Penyakit batu ginjal adalah penyakit yang berbahaya, dan tahukah Anda apa yang bisa menyebabkan penyakit ini? Garam adalah penyebabnya. Menambahkan garam yang berlebihan ke dalam masakan Anda akan mengganggu kerja ginjal Anda sehingga akan menyebabkan kerusakan ginjal.

Itulah 8 alasan penting mengapa Anda harus membatasi penggunaan garam untuk masakan Anda sehari-hari. Penggunaan garam untuk orang dewasa yaitu tidak lebih dari 6 gram per hari. Perlu untuk Anda ingat, meskipun Anda sudah mengurangi garam ke dalam masakan Anda tetapi apabila Anda membeli makanan lain seperti camilan atau jajanan lainnya, Anda harus berhati-hati karena garam juga bisa datang dari makanan-makanan yang dijual di pasaran.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top