2017-08-12

Bahaya Mandi Malam Hari bagi Kesehatan

Bahaya Mandi Malam Hari bagi Kesehatan_Mandi memang merupakan salah satu aktivitas yang baik bagi kesehatan karena tujuannya adalah membersihkan kuman yang menempel pada tubuh kita dan menjadikan tubuh kita menjadi terlihat segar dan bugar. Namun mandi air dingin dalam waktu yang tidak tepat yakni di malam hari justru berbahaya bagi tubuh kita. Nah, pada kesempatan ini, kami akan mengulas beberapa alasan tentang bahayanya mandi di malam hari bagi kesehatan tubuh Anda.
Bahaya Mandi Malam Hari bagi Kesehatan

Bahaya Mandi Malam Hari bagi Kesehatan
1. Beresiko terserang penyakit Rematik
Rematik adalah penyakit yang menyerang sendi sehingga terjadi peradangan. Seseorang yang sudah terjangkit penyakit ini akan merasakan nyeri pada persendian, sendi berwarna merah, daerah persendian hangat ketika diraba, dan fungsi bagian persendian akan semakin menurun. Seorang penderita rematik yang mandi malam hari pada kondisi suhu udara yang dingin dan air yang juga dingin, bukan malah segar, namun justru dapat memperparah penyakit rematiknya karena ia tidak tahan terhadap kondisi dingin tersebut.

2. Memicu Penuaan Dini
Ketika tubuh Anda tidak kuat menerima rangsangan air dingin akibat cuaca di malam hari, maka metabolisme tubuh Anda meningkat . Nah, pada kondisi ini, tubuh Anda memerlukan supply kalori dan oksigen utuk menstabilkannya. Hal inilah yang dapat menyebabkan kulit Anda tidak sehat dan memicu terjadinya penuaan dini seperti kulit wajah yang keriput ataupun pori-pori yang membesar sehingga tampilan Anda menjadi terlihat lebih tua dibandingkan usia sebenarnya.

3. BeresikoTerserang penyakit Paru- Paru Basah
Ada yang menyebutkan bahwa mandi air dingin sehingga terkena paru-paru basah hanyalah mitos belaka. Namun jika ditilik lebih lanjut penderita yang mengalami gejala paru-paru basah di tAndai dengan batuk berdahak, sulit bernafas, dan badannya menjadi menggigil. Nah, jika seseorang sebelumnya sudah punya penyakit ini, mandi di malam hari dengan kondisi cuaca yang dingin tentunya dapat memicu terjadinya penyakit ini.

4. Berisiko terserang penyakit Asam Urat
Penyakit asam urat terjadi karena pengkonsumsian zat purin yang terlalu banyak sehingga kadar asam urat meningkat dan ginjal tidak mampu untuk menampung zat tersebut. Penyakit ini frekuensinya sering terjadi di malam dan pagi hari. Mereka akan mengalami ngilu dan nyeri pada daerah persendiannya. Nah, jika seseorang sudah terjangkit penyakit ini, mandi di malam hari tentunya justru memperparah penyakit yang dideritanya.

5. Menyebabkan Penyakit Demam dan Masuk Angin
Seseorang yang sensitif terhadap udara dingin, apalagi dengan di picu oleh kondisi tubuh yang tidak vit sangat di anjurkan untuk tidak mandi di malam hari. Kondisi tubuh yang panas di siram dengan air dingin di tengah cuaca dingin pada malam hari dapat menyebabkan pori-pori terbuka dan membuat badan menjadi menggigil seperti demam, dan sangat mungkin tubuh menjadi masuk angin dan meriang

Nah itu tadi adalah beberapa bahaya mandi di malam hari. Yang perlu di garis bawahi disini adalah bahwa mandi di malam hari tidak langsung menyebabkan penyakit-penyakit di atas, namun kondisi tubuh yang sebelumnya sudah tidak kuat terhadap hawa dinginlah yang dapat memicu atau memperburuk kondisi tubuh Anda.

Oleh karena itu, jika Anda sudah merasa Anda dalam kondisi yang tidak vit dan tidak sehat, jangan memperburuk kondisi Anda dengan mandi air dingin di malam hari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top