2017-08-05

Bahaya Mencabut Bulu Ketiak dan Cara Aman Merawat Bulu Ketiak

Bahaya Mencabut Bulu Ketiak dan Cara Aman Merawat Bulu Ketiak_Memiliki bulu ketiak yang panjang dan lebat tentunya bukanlah suatu kebanggan. Terlebih buat para wanita. Kondisi tersebut justru akan membuatnya sangat tidak percaya diri. Oleh karenanya tak sedikit orang yang dengan sengaja mencabuti bulu ketiaknya guna menghilangkan bulu ketiak panjang tersebut.
Bahaya Mencabut Bulu Ketiak dan Cara Aman Merawat Bulu Ketiak

Akan tetapi sayangnya hal tersebut justru bisa berbahaya dan berdampak buruk pada kesehatan. Oleh karena itu, untuk menambah wawasan Anda, berikut ini kami akan ulas mengenai bahaya mancabut bulu ketiak yang sebaiknya Anda tahu, agar Anda menghentikan kebiasaan buruk tersebut..

Bahaya Mencabut Bulu Ketiak, Terutama Untuk Wanita

1. Menimbulkan Luka yang Tak Kasat Mata
Salah satu bahaya mencabut bulu ketiak Anda adalah potensi timbulnya luka yang tak kasat mata. Luka ini dapat muncul sebagai luka yang kecil, dan mungkin jika luka ini tidak muncul pada bagian ketiak maka tidak akan menimbulkan masalah yang besar. Akan tetapi yang perlu diingat bahwa bagian ketiak adalah bagian dari tubuh yang sering sekali mengeluarkan keringat. Keringat yang keluar tersebut juga mengandung kuman dan bakteri yang pada akhirnya berpotensi untuk menimbulkan infeksi pada luka.

Infeksi pada luka yang kecil dapat menjadi lebih parah apabila tidak segera dibersihkan. Belum lagi jika ditambah rasa perih yang ditimbulkan dari luka yang masih belum kering ketika terkena keringat saat beraktifitas. Pastinya akan sangat mengganggu kegiatan Anda sehari-hari.

2. Memberikan Jalan Pada Racun Untuk Masuk Ke Dalam Tubuh
Ketika Anda mecabut bulu ketiak hingga ke akarnya, selain mengakibatkan luka kecil yang tak kasat mata, ternyata juga membuat pori-pori ketiak Anda membesar atau terbuka. Sehingga celah tersebut dapat menjadi jalan masuk bagi racun dan virus untuk masuk ke dalam tubuh kita. Beberapa akibat yang dapat ditimbulkan antara lain:

  • Infeksi pada bagian ketiak Anda
  • Iritasi pada sel-sel yang terdapat di bagian ketiak
  • Pembengkakan pada daerah sekitar ketiak yang disebabkan oleh infeksi
  • Potensi terjadinya pendarahan besar

3. Resiko Terkena Kanker Payudara
Bahaya mencabut bulu ketiak berikutnya ialah resiko terkena kanker payudara. Bagaimana hal ini dapat terjadi? Ternyata racun-racun yang masuk melalui celah luka pada bagian ketiak dapat mengendap pada bagian payudara Anda yang terletak di dekat ketiak. Hal ini dapat dipicu dari penggunaan deodorant juga, yang membuat racun-racun tersebut tertimbun dan mengendap, hingga pada akhirnya dapat memicu sel kanker untuk berkembang biak.

Berdasarkan sebuah penelitian yang diadakan oleh lembaga peduli kanker, American Cancer Society, yang meneliti para wanita Eropa dan Amerika selama sepuluh tahun, menemukan sebanyak 175 ribukasus kanker payudara, dan sebanyak 43 ribu penderita yang meninggal dunia. Dari penelitian tersebut ditemukan hasil bahwa wanita yang sering mencukur bulu ketiaknya memiliki resiko sepuluh kali lipat lebih besar untuk terkena kanker payudara daripada wanita yang tidak mencukur bulu ketiak.

4. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening 
Pada daerah sekitar ketiak terdapat banyak sekali kelenjar getah bening. Selain dapat menjadi alat transportasi racun untuk menyebar ke dalam tubuh, kelenjar getah bening juga dapat mengalami pembengkakan yang pada akhirnya dapat memicu terbentuknya sel-sel kanker. Ketika kelenjar getah bening telah terinfeksi oleh sel kanker, maka sel-sel kanker tersebut akan dengan mudah untuk berpindah tempat dan menyebar sehingga dapat menginfeksi organ-organ tubuh penting yang lain, seperti jantung, paru-paru dan otak.

B. Tips Merawat Bulu Ketiak yang Aman

1. Jangan Melakukan Waxing
Berbagai macam bahaya mencabut bulu ketiak di atas dapat Anda hindari dengan tidak melakukan waxing pada bagian ketiak Anda. Waxing sama saja dengan mencabut bulu ketiak Anda secara paksa, walaupun hasilnya bersih dengan sempurna akan tetapi dapat menimbulkan resiko-resiko seperti yang telah diutarakan diatas.

2. Gunakan Gunting
Jika bulu ketiak Anda sudah mulai terasa mengganggu, Anda dapat menggunakan gunting sebagai alternatif memotong bulu ketiak Anda. Anda dapat menggunakan gunting kecil maupun gunting yang khusus untuk memotong bulu ketiak. Namun perlu diingat bahwa Anda hanya perlu memotong pendek saja, tidak perlu memotong habis hingga ke permukaan kulit.

3. Hindari Penggunaan Deodorant
Jika Anda terlanjur mencabut bulu ketiak hingga ke akarnya, atau melakukan waxing pada ketiak Anda, sebaiknya hindari penggunaan deodorant untuk beberapa waktu. Karena deodorant tersebut dapat menutupi pori-pori kulit Anda dan menjadi racun yang dapat masuk ke tubuh Anda.

4. Perhatikan Kebersihan Ketiak Anda
Ketika Anda mandi atau membersihkan diri, baiknya selalu perhatikan kebersihan pada bagian ketiak Anda. Selalu bersihkan bagian tersebut dengan sabun agar tidak ada kuman maupun bakteri yang menempel dan mengendap.

Itulah bahaya mencabut bulu ketiak yang perlu Anda ketahui, dan pastikan  Anda menghentikan kebiasaan tersebut. Jika bulu ketiak Anda telah tumbuh dan mulai menimbulkan ketidaknyamanan, maka tips merawat bulu ketiak diatas dapat Anda terapkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top