2016-12-19

Cara Mengatasi Mata Terkena Minyak Kayu Putih

Cara Mengatasi Mata Terkena Minyak Kayu Putih_Kayu putih merupakan salah satu minyak yang memiliki khasiat yang bagus untuk menangani beberapa penyakit. Seperti sakit kepala, demam ataupun sakit gigi. Di dalam minyak kayu putih terdapat bahan kimia yang dinamakan sineol. Zat kimia inilah yang memberikan sensasi hangat apabila dioleskan pada bagian tubuh.  Untuk penggunaannya pun juga perlu diperhatikan. Terutama apabila kita mengoleskannya pada dibagian kepala. Apabila percikan dari minyak kayu putih mengenai mata, maka akan mengakibatkan konjungtiva atau alergi pada mata. Hal tersebut ditandai dengan rasa panas pada mata sehingga mengakibatkan mata memerah, gatal pada mata serta pembengkakan pada bagian kelopak mata. Baca Akibat yang Terjadi Jika Mata Terkena Minyak Kayu Putih. Apabila hal tersebut terjadi pada Anda, sebaiknya segera lakukan langkah untuk mengatasinya agar tidak bertambah parah.
Cara Mengatasi Mata Terkena Minyak Kayu Putih

Cara Mengatasi Mata Terkena Minyak Kayu Putih:

1. Penggunaan obat tetes mata
Untuk mengatasi alergi pada mata akibat paparan minyak kayu putih, Anda dapat menggunakan obat mata yang mengandung anthistamin yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit, gatal serta mata berair.

Pengunaan obat tetes mata maksimal hanya 4 sampai 6 kali perhari dengan kurun waktu hanya 3 hari. Apabila dalam 3 hari mata tak kunjung membaik, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan obat tetes mata yang sesuai dengan tingkat keparahan alergi yang terjadi pada mata.

2. Mengkonsumsi obat alergi khusus untuk mata
Mengkonsumsi obat alergi pada mata dapat menjadialternatif untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan akibat alergi. Obat alergi tersebut juga mengandung athistamin. Jenis obat pil anthistamin antara lain loratadin dan cetirizine.

3. Menghindari pemicu alergi 
Ketika mata terkena alergi ada baiknya Anda mengurangi kontak dengan hal-hal yang dapat memicu bertambah parahnya kondisi mata. seperti debu, serangga dan lainnya. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan kacamata sehingga benda-benda kecil yang dapat mengganggu mata tidak dapat masuk kemata.

4. Menghindari mengucek mata
Rasa gatal memang umum terjadi apabila kita terkena alergi yang diakibatkan percikan minyak kayu putih. Agar kondisi mata tidak bertambah parah, usahakan untuk menahan diri mengucek mata jika terasa gatal.

5. Mengompres mata
Konjungtiva atau alergi pada mata akibat dari minyak kayu putih yang masuk kemata akan menimbulkan bengkak pada kelopak mata. untuk mengurangi bengkak pada mata kompres menggunakan air es. Hindari untuk mengkompres dengan air hangat karena dapat mengakibatkan mata semakin panas.

6. Menjaga kebersihan
Mata yang terkena alergi umumnya akan lebih sensitif terhadap benda-benda asing. Untuk itu perhatikan kondisi lingkungan Anda. Khususnya bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan di rumah, ada baiknya untuk tidak melalukan kontak langsung. Karena bulu pada hewan juga dapat memicu alergi lebih parah.

7. Periksalah ke dokter
Jika dalam kurun waktu 3 hingga 5 hari kondisi mata Anda tidak kunjung membaik perisakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Meskipun konjungtiva tergolong penyakit yang tidak berbahaya, akan tetapi jika dibiarkan saja tentunya dapat berakibat fatal untuk kesehatan mata Anda.

Mata merupakan bagian tubuh yang paling sensitive terhadap paparan debu, serangga ataupun beberapa senyawa kimia lainnya. Jadi jika Anda merasa kesehatan mata Anda mengalami gangguan, Anda dapat mengaplikasikan langkah-langkah diatas untuk mengurangi rasa sakit pada mata. Dan apabila pertolongan atau cara di atas telah di lakukan, tetapi mata tetap tidak membaik, maka segera bawa ke dokter terdekat. Semoga bermanfaat.

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top