2016-12-19

Efek Mata Terkena Minyak Kayu Putih

Efek Mata Terkena Minyak Kayu Putih_Sebuah tes klinis menyebutkan bahwa penggunaan ekstrak minyak kayu putih secara berlebih dapat memiliki efek negatif bagi pernapasan, alergi kulit, serta alergi pada mata. Hal tersebut disebabkan oleh serbuk sari yang terdapat pada tanaman kayu putih. Dan tentunya jika sampai mata terkena minyak kayu putih, maka akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman, perih, gatal dan reaksi tidak nyaman lainnya.

Biasanya saat mata terkena minyak kayu putih, maka akan timbul reaksi konjungtivitis. Pengertian dari konjungtivitis di sini yaitu peradangan yang terjadi pada bagian depan mata yang ditAndai munculnya kemerahan pada mata. Konjungtivis bisa terjadi karena berbagai hal, yang salah satunya akibat terkena minyak kayu putih.
Efek Mata Terkena Minyak Kayu Putih
Efek yang Terjadi pada Mata Akibat Terkena Minyak Kayu Putih 

1. Munculnya lapisan lengket pada bulu mata.
Jika hal tersebut terjadi bersihkan lapisan tersebut menggunakan kapas dan juga air pada lapisan yang berkerak. Perhatikan juga kebersihan tangan serta alat yang digunakan untuk membersihkan lapisan tersebut. Karena tentunya, mata sangat sensitif dan rentan terjadi iritasi

2. Mata panas dan berair
Mata berair diaikibatkan oleh rasa panas yang dialami oleh mata. Terlebih lagi jika mata terkena minyak kayu putih. Persiapkan sapu tangan yang bersih untuk membersihkan mata. Dan jangan biasakan untuk menggunakan sembarang kain untuk membersihkannya.

3. Mata terasa perih dan gatal
Iritasi yang terjadi pada mata menimbulkan rasa gatal, dan pastinya kita ingin sekali menguceknya. Namun hindari untuk melakukan hal tersebut karena akan mengakibatkan iritasi akibat minyak kayu putih tak kunjung reda.

4. Pembengkakan pada kelopak mata
Pada tahapan ini iritasi bisa dikatakan sedikit parah. Untuk itu idealnya lakukan pengompresan menggunakan air es. Selain dapat mengurangi rasa panas, hal tersebut juga dapat mengurangi pembengkakan pada kelopak mata.

5. Ketidaknyamanan pada mata
Mata terasa sakit memang umum terjadi apabila mata mengalami iritasi, termasuk iritasi akibat terkena minyak kayu putih. Terkadang rasa sakit muncul apabila terkena sinar atau cahaya.

Efek tingkat lanjutan untuk mata yang terkena minyak kayu putih
Pada tahapan ini penderita dianjurkan untuk memeriksakan kondisi mata. Adapun efek ltingkat lanjut yang mengharuskan untuk segera pergi ke dokter mata antara lain:

6. Keratitis 
Keratitis adalah suatu kondisi dimana kornea mata membengkak dan muncul luka terbuka.

7. Iritis
Iritis adalah suatu kondisi dimana ada terjadinya pembengkakan pada lapisan tengah mata yang menyebabkan rasa sakit kepala, mata berair tabk kunjyng senvuh, rasa sakit berlebih pada mata.
Baca Cara Mudah Mengatasi Mata Terkena Minyak Kayu Putih
Demikian penjelasan mengenai efek mata terkena minyak kayu putih. Jika terjadi indikasi-indikasi seperti yang telah dijelaskan diatas berikan pengobatan yang tepat untuk mata agar terhindar dari penyakit kronis mata lainnya.

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top