2016-12-18

Efek Samping Mencuci Muka dengan Air Hangat

Efek Samping Mencuci Muka dengan Air Hangat_Mencuci muka dengan menggunakan air hangat memang membuat otot-otot wajah menjadi rileks. Namun tahukah Anda air hangat juga dapat memberikan efek samping yang bisa berdampak tidak baik bagi kulit, terlebih jika hal tersebut di lakukan berulang-ulang hampir setiap hari.
Efek Samping Mencuci Muka dengan Air Hangat
Efek Samping Cuci Muka dengan Air Hangat

1. Membuat kulit menjadi lebih kasar
Air hangat dapat menyebabkan terjadinya pengikisan minyak alami yang memang dihasilkan oleh kulit. Akibat dari pengikisan minyak alami tersebut, kemudian kulit akan menjadi mudah kering. Apabila kulit sudah menjadi sangat kering, maka kulit tersebut perlahan-lahan dapat mengupas secara halus. Hingga akhirnya pada saat Anda raba, kulit akan terasa lebih kasar dari sebelumnya.

2. Jerawat timbul lebih banyak
Apabila Anda tidak memerhatikan suhu air hangat yang Anda gunakan untuk mencuci muka, maka tidak menutup kemungkinan jerawat di wajah Anda timbul menjadi lebih banyak. Penyebab timbulnya jerawat adalah hilangnya minyak alami dari kulit wajah Anda. Dampak dari pengikisan minyak alami pada kulit tidak hanya membuat kulit wajah menjadi lebih kasar, akan tetapi juga menyebabkan timbulnya jerawat secara berlebihan.

Manfaat dari minyak alami yang ada pada kulit wajah yaitu sebagai pelindung bagi kulit wajah. Jadi, ketika minyak alami itu perlahan-lahan mulai terkikis, secara otomatis kulit wajah Anda akan lebih mudah mengalami masalah kulit seperti timbulnya jerawat dalam jumlah yang banyak dan lain sebagainya.

3. Menyebabkan iritasi pada kulit
Pengaturan suhu air yang tidak sesuai dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Tidak hanya menyebabkan kulit wajah mengalami iritasi, tetapi juga menyebabkan kemungkinan pecahnya pembuluh darah pada wajah. Maka dari itu, menggunakan air hangat yang suhunya tidak sesuai dengan kulit wajah sangat tidak disarankan mengingat dampak yang ditimbulkan sangat tidak baik bagi kulit wajah Anda. Pilihlah air dengan suhu yang sedang ya untuk mencuci muka.

Jadi, sebelum Anda mencuci wajah, ada baiknya mengecek lebih dulu suhu air tersebut. Setelah Anda pastikan baik untuk kulit wajah Anda, maka selanjutnya bisa digunakan untuk membasuh wajah.

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top