2016-12-11

5+ Makanan Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil

Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil_Menjaga pola makan yang teratur bagi para ibu hamil merupakan hal yang sangat penting. Tidak hanya teratur saja namun juga harus diperhatikan kandungan gizi makanan tersebut. Maka dari itu, ibu hamil sangat diharuskan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Namun bagaimana dengan bagaimana dengan para ibu hamil yang mengalami morning sickness?  Apakah tidak boleh mengkonsumsi makanan seperti cemilan?
Ibu Hamil Ngemil

Tenang, ibu hamil tidak harus terus-terusan mengkonsumsi makanan berat saja. Ibu hamil tetap bisa kok mengkonsumsi makanan ringan seperti camilan dan lain-lain. Meskipun ibu hamil boleh makan camilan, tetap saja camilan yang boleh dimakan hanyalah camilan yang menyehatkan dan kaya akan nutrisi buat si cabang bayi. Lalu, apa saja sih camilan sehat yang boleh dimakan untuk ibu hamil?

Cemilan sehat yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil
1. Kacang mete
Kacang yang banyak ditemui sebagai toping pada roti atau kue-kue ini ternyata sangat baik untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil. Kacang mete dikenal memiliki kandungan protein yang sangat tinggi yang akan sangat berguna untuk membangun sel-sel janin yang ada dalam kandungan.

Protein juga berfungsi dalam pembentukan sel darah dan sel otot. Sayangnya, harga kacang mete ini cukup mahal. Namun tidak masalah, selama itu baik untuk janin yang dikandung maka tentu uang bukan menjadi masalah bukan?

2. Sereal gandum
Sereal yang terbuat dari gandum merupakan salah satu alternatif camilan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Nah, bagi para ibu hamil yang sangat tidak nafsu untuk makan nasi, mungkin bisa dicoba makan sereal gandum waktu pagi atau saat sedang bersantai.

Perlu diketahui bahwa gandum merupakan makanan yang kaya akan protein dan vitamin yang sangat baik untuk membantu dalam perkembangan otak janin yang ada dalam kandungan. Jadi, tidak perlu khawatir jika ingin mengkonsumsi gandum untuk para ibu hamil.

3. Keripik bayam
Tidak hanya bisa dimasak menjadi sayur saja, bayam ternyata juga bisa dibuat menjadi keripik loh. Bagusnya lagi, keripik bayam ini merupakan salah satu camilan yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Bayam yang banyak mengandung vitamin, mineral dan zat besi yang tinggi sangat baik untuk membantu pertumbuhan janin dalam kandungan. Namun ingat, jangan banyak-banyak memakan keripik. Sewajarnya saja ya?.

4. Salad buah dan sayur
Ini nih salah satu camilan yang bagus banget buat dikonsumsi para ibu hamil. Sudah tidak perlu diragukan lagi kalau buah dan sayur merupakan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh.

Jadi, kalau ibu hamil mengkonsumsi salad buah dan sayur, tentu akan sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada dalam kandungannya. Namun sangat dianjurkan memilih buah dan sayur yang masih fresh dan aman untuk dikonsumsi untuk Anda ya para ibu hamil!

5. Telur rebus
Makanan alternatif lainnya yang bisa dijadikan sebagai camilan adalah telur rebus. Kandungan vitamin D yang ada di dalam telur akan sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sang ibu dan melancarkan penyerapan kalsium. Selain itu, kandungan vitamin lainnya dan fosfor yang terdapat di dalam telur akan berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan ibu dan juga janin dalam kandungannya.

6. Wortel
Wortel memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Sehingga akan sangat baik untuk dikonsumsi sebagai camilan para ibu hamil. Sebab, kandungan vitamin A dalam wortel berfungsi dalam meningkatkan perkembangan bayi, sistem syaraf bayi dan sistem pernapasan bayi. Jadi, jangan lupa mengkonsumsi wortel ya, ibu hamil!

Itu tadi beberapa camilan yang boleh dikonsumsi oleh para ibu hamil. Namun lebih baik dikonsumsi sewajarnya saja. Tetap usahakan makan makanan berat dan menjaga pola makan yang teratur. Kesehatan janin Anda bergantung pada apa yang Anda konsumsi.

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top