2016-12-16

Manfaat dan Bahaya Sinar Matahari Siang bagi Tubuh

Manfaat dan Bahaya Sinar Matahari Siang bagi Tubuh_Sebagian orang lebih memilih untuk menghindari terkena sengatan sinar matahari karena takut kulit mereka menjadi gelap. Bahkan untuk menanggulangi kondisi tersebut, ketika hendak bepergian keluar,  mereka menyiapkan sunblock supaya tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Namun tahukah Anda, bahwa paparan sinar matahari pada siang hari juga menyimpan beberapa manfaat bagi tubuh kita.
Manfaat dan Bahaya Sinar Matahari Siang bagi Tubuh
Manfaat dan Bahaya Sinar Matahari Siang bagi Tubuh

A. Manfaat Sinar Matahari Siang bagi Tubuh

1. Sumber Vitamin D bagi Tubuh
Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa tubuh kita membutuhkan setidaknya 400 IU (International Unit) Vitamin D dalam kurun waktu sehari. Nah salah satu cara memenuhi kebutuhan tersebut cukup mudah. Anda hanya perlu menghadap sinar matahari selama 5 menit saja dalam sehari.

2. Mengurangi Kolesterol di dalam darah
Sinar UV matahari mampu mengubah kolesterol menjadi vitamin D yang baik bagi tubuh. Kolesterol tersebut akan keluar dari kulit dan nantinya diubah jadi vitamin D. Jadi jika ini dilakukan secara rutin bukan tidak mungkin jika kadar  kolesterol Anda akan normal kembali.

3. Menurunkan kadar gula darah
Sinar matahari mampu merangsang tubuh untuk mengbah glukosa menjadi glikogen yang nantinya disimpan dalam hati dan otot. Nah aktivitas inilah yang bisa menurunkan kadar gula yang ada dalam tubuh Anda.

4. Tubuh menjadi Bugar
Manfaat lain yang dapat ditemukan dari sinar matahari bahwasanya ia dapat meningkatkan kapasitas darah sehingga memungkinkan untuk membawa oksigen masuk ke seluruh sel dalam tubuh Anda. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh
Sinar matahari ternyata juga memiliki kemampuan menambah sel darah putih, di antaranya yaitu limfosit. Limfosit inilah yang berguna untuk menyerang penyakit. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan manfaat ini, Anda dapat mulai berjemur selama 10 menit di bawah sinar matahari. Jika Anda melakukan hal tersebut, maka Anda telah mampu menurunkan prosentase resiko terkena flu sebanyak 30 hingga 40%

B. Bahaya Sinar Matahari Siang Bagi Tubuh

1. Penyakit Kulit
Sinar Matahari mengandung tiga jenis sinar ultra violet (UV) yaitu UVA, UVB, dan UVC. Masing-masing sinar ini memiliki efek yang berbeda jika terkena tubuh kita dalam kurun waktu yang cukup lama.

Radiasi UVA dapat menyebabkan kulit berkerut, penuaan dini serta kulit memerahkaren gatal-gatal. Radiasi UVB dapat menyebabkan kulit terbakar dan bisa memicu penyakit kanker kulit. Pengaruh Radiasi UVC lebih berbahaya dibandingkan dengan dua jenis sinar sebelumnya. Radiasi UVC ini dapat menyebabkan mutasi DNA yang nantinya memicu penyakit kelainan genetik.

2. Penyakit Katarak
Seorang Dokter mata yang berasal dari Royal Collage yakni Simon Kelly memberi peringatan tentang bahayanya menatap sinar ultra violet secara langsung dalam kurun waktu yang lama. Melakukan hal tersebut dapat melukai retina mata dan akan menyebabkan penyakit katarak. Oleh karena itu untuk menanggulangi agar tidak sampai hal itu terjadi, gunakanlah kacamata hitam untuk melindungi mata Anda.

3. Rambut Menjadi Rusak
Berjemur di bawah sinar matahari tanpa menggunakan pelindung kepala ternyata juga bisa merusak rambut Anda dan menyebabkan rambut menjadi rusak serta berwarna merah.

4. Dehidrasi
Ketika Anda melakukan aktivitas di bawah terik matahari dalam kurun waktu yang lama, tubuh Anda tentunya banyak mengeluarkan cairan keringat. Nah jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka lama kelamaan cairan tubuh Anda akan kekurangan cairan dan menyebabkan Anda terkena dehidrasi.

Nah, melalui penjelasan di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa sinar matahari pada siang hari memiliki manfaat yang cukup besar bagi tubuh asal tubuh kita tidak terlalu lama terkena sinar matahari siang tersebut.

Namun jika Anda berjemur di bawah terik matahari dalam kurun waktu yang lama, justru yang Anda dapatkan adalah penyakit yang dapat merusak tubuh Anda. Oleh karena itu sikapilah hal ini dengan bijak dengan memanfaatkan sumber daya alam yakni sinar matahari dalam kurun waktu yang tepat. Semoga bermanfaat.

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top