2016-12-08

Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan

Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan_Teh hijau sudah biasa disajikan oleh orang Jepang dalam acara minum teh. Teh hijau adalah minuman yang mengandung antioksidan alami yang sangat tinggi atau biasa disebut dengan polifenol. Teh hijau berasal dari tanaman Camellia sinensis yang dikukus. Karena kandungannya tersebut, teh hijau mengandung banyak manfaat bagi tubuh kita. Apa saja? Berikut ulasan mengenai manfaat-manfaat teh hijau bagi kesehatan.
Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

1. Menurunkan Berat Badan
Bagi Anda yang sedang mengalami masalah berat badan yang berlebihan dan bingung untuk memutuskan metode diet, mungkin Anda bisa mencoba metode diet dengan teh hijau ini. Karena menurut penelitian, zat polifenol katekin yang ada di dalam teh hijau mampu memaksimalkn proses pembakaran kalori pada tubuh kita. Dengan begitu lemak-lemak yang menumpuk pada tubuh kita dapat berkurang.

Selain membakar lemak, ternyata teh hijau juga mampu menekan nafsu makan kita. Jadi, tunggu apa lagi untuk diet alami ala teh hijau ini.

2. Merawat Kulit
Kandungan anti oksidan yang ada pada teh hijau juga sangat bermanfaat untuk kulit. Dengan meminum teh hijau secara teratur, kulit Anda akan tampak lebih cerah. Terbukti dari beberapa produk kecantikan kulit yang menggunakan bahan dasar teh hijau. Karena memang khasiat teh hijau bagi kulit sangat baik seperti mampu menghambat kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari serta dapat menghambat penuaan kulit.

Itulah mengapa teh hijau juga bermanfaat sebagai tabir surya yang alami untuk kulit Anda. Sebab dengan teh hijau akan mencegah radikal bebas yang menyerang kulit dan menyebabkan kerutan pada kulit.

3. Mencegah Berbagai Penyakit
Teh hijau ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh kita. Selain untuk kecantikan, khasiat teh hijau sangat besar untuk mencegah berbagai penyakit yang saat ini banyak diderita orang kebanyakan. Beberapa diantaranya adalah dapat mencegah penyakit diabetes, mengurangi resiko kanker, mencegah penyakit jantung, mengurangi resiko penyakit arthritis, mencegah obesitas, alzheimer, dan hipertensi.

Selain mencegah, teh hijau ternyata bisa dijadikan salah satu alternatif untuk penyembuhan beberapa penyakit. Seperti flu, asma, alergi, dan keracunan makanan.

Zat anti oksidan yang terkandung di dalam teh hijau memang dipercaya memiliki khasiat yang dahsyat. Jadi, bagi Anda yang sedang mengalami gangguan-gangguan kesehatan atau ingin melakukan pencegahan, alangkah baiknya untuk mengkonsumsi teh hijau.

4. Memperkuat Tulang
Selain anti oksidan yang tinggi, ternyata teh hijau juga mengandung fluoride yang tinggi. Sehingga, akan menjaga kekuatan dan kepadatan tulang bahkan memperlambat terjadinya kerusakan. Yang tentu saja resiko terkena penyakit osteoporosis menjadi semakin kecil.

5. Meningkatkan Sistem Imun
Kandungan antioksidan yang ditemukan pada teh hijau, jika bercampur dengan polifenol, maka akan menjadikan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih meningkat. Apabila imun kita kuat, bakteri atau virus akan sulit menyerang tubuh kita. Sehingga tubuh kita akan tidak mudah sakit.

6. Mengurangi Stress
Selain anti oksidan dan fluoride yang sudah dijelaskan diatas, ternyata teh hijau juga mengandung theanine. Yaitu zat asam amino yang berkhasiat untuk mengurangi tingkat kecemasan atau stress pada diri kita. Sehingga, dengan meminum teh hijau, Anda bisa merelaksasikan pikiran Anda dan mampu mengembalikan mood Anda.

Demikian manfaat dari teh hijau bagi kesehatan tubuh Anda. Namun, bukan berarti Anda boleh meminumnya setiap hari, apalagi bagi para ibu hamil. Sebab meskipun kadarnya sedikit, namun teh hijau tetap mengandung kafein. Yaitu apabila dikonsumsi terus-menerus tidak baik bagi kesehatan. Seduhlah teh hijau dengan teratur dan terjadwal. Selamat mencoba pola hodup sehat bersama teh hijau.

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top