2017-10-31

Pengertian dan Tujuan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K)

Pengertian Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) dan Tujuannya_Kita tidak dapat menghindari terjadinya kecelakaan karena kecelakaan pun tidak dapat diprediksi kapan waktunya dan menyerang siapa saja. Lokasinya pun bisa di mana saja, baik di tempat yang ramai maupun di tempat yang sepi. Jika Anda berada sebagai pihak yang mengetahui kejadian tersebut, tentu Anda sangat diharapkan uluran tangannya untuk turut membantu korban kecelakaan.
Pengertian dan Tujuan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K)

Nah, pada kondisi di atas sebaiknya Anda mengetahui apa yang harus Anda lakukan untuk melakukan bantuan terhadap korban kecelakaan. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi seputar Pertolongan Pertama pada Kecelakaan ditilik dari aspek pengertian dan tujuannya.

A. Pengertian Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (PPPK;P3K)
Pertolongan Pertama pada Kecelakaan atau biasa disebut P3K merupakan pertolongan sementara kepada korban kecelakaan sebelum korban mendapatkan pertolongan dari dokter atau tenaga medis yang lain sehingga korban merasa tenang dan bisa mengurangi bahaya yang lebih besar akibat kecelakaan yang ditimbulkan.

Dengan melihat pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pertolongan yang diberikan disini sifatnya masih pertolongan sementara. Orang yang melakukan penanganan adalah orang yang melihat kejadian tersebut yang sebaiknya adalah orang yang mengetahi penanganan medis dasar sehingga mampu mengurangi cacat, penderitaan, atau bahkan dapat menyelamatkan nyawa korban karena tindakan P3K yang tidak baik justru dapat memperburuk keadaan atau bahkan bisa membahayakan nyawa korban.

B. Tujuan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan
Beberapa tujuan dari Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) yaitu:

1. Untuk menyelamatkan nyawa korban dengan memperhatikan keadaan korban setelah mengalami kecelakaan sehingga keadaan korban menjadi lebih stabil. Salah satu tindakan yang dapat di ambil adalah dengan melakukan Resusitasi Jantung dan Paru (RJP) jika korban mengalami kesusahan bernafas atau jika korban mengalami pendarahan, maka atasilah dengan mencoba menghentikan pendarahan tersebut.

2. Untuk mencegah keadaan korban menjadi semakin buruk. Hal ini dilakukan dengan cara melakukan diagnosis untuk memperkirakan penyakit tersembunyi yang diderita korban dari gejala-gejala yang muncul kemudian menanganinya dengan prioritas alasan yang paling logis.

3. Untuk membantu penyembuhan dengan mengurangi rasa sakit dan rasa takut yang diderita korban dengan cara melakukan penanganan yang tepat agar tidak menimbulkan infeksi kemudian merencanakan sarana transportasi untuk membawa korban ke rumah sakit atau klinik medis terdekat.

Nah demikian ulasan tentang Pengertian dan Tujuan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K). Semoga informasi ini dapat memberi manfaat kepada Anda serta memacu kita semua untuk belajar penanganan medis dasar. Selain menambah wawasan kita, dengan menguasai ilmu-ilmu tersebut, kita bisa bermanfaat buat orang lain, karena seperti yang kita tahu kecelakaan bisa saja terjadi setiap saat dan bisa terjadi kepada siapa saja. Bahkan tidak menutup kemungkinan dapat menimpa orang terdekat di lingkungan kita berada.

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top