2017-01-03

7 Cara Jitu Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur

Cara Mudah Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur/Mengorok Saat Tidur_Mendengkur adalah hal yang umum dilakukan setiap orang ketika tertidur. Mendengkur sangat mengganggu kenyamanan tidurnya orang yang di sekitar kita. Mendengkur pada dasarnya terjadi akibat adanya getaran pada struktur pernapasan sehingga menimbulkan suara. Beberapa penyebab mengapa seseorang biasa mendengkur antara lain, posisi tidur yang salah, obesitas, mengkonsumsi obat dan minuman k3ra*s, m*er0k0k serta kelainan pada hidung ataupun tenggorokan dan lain sebagainya. Sedangkan mendengkur yang di alami anak kecil biasanya disebabkan karena adanya amandel pada tenggorokan.
7 Cara Jitu Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur
Bayangkan jika teman yang tidur di sebelah Anda mendengkur!

Tidak banyak yang mengetahui bahwa ternyata mendengkur merupakan suatu pertanda adanya penyakit apnea tidur. Dimana apnea tidur merupakan suatu gangguan tidur yang membuat seseorang akan berhenti bernapas selama beberapa detik hingga dua menit ketika terlelap, yang menyebabkan penurunan kadar oksigen di dalam darah sehingga membuat penderitanya merasa kelelahan dan sakit kepala keesokan harinya pada saat bangun.

Untuk itu sebaiknya atasi kebiasaan mendengkur dengan beberapa cara sebagai berikut:

1. Menurunkan berat badan untuk penderita obesitas
Obesitas dapat mengakibatkan sesorang memiliki kebiasaan mendengkur saat tidur. Orang yang memiliki berat badan berlebih cenderung bernapas melalui mulut ketika tertidur.

Hal itulah yang memicu getaran suara pada tenggorokan saat bernapas, terlebih lagi banyaknya penumpukan lemak pada leher yang dapat mengakibatkan suara mendengkur lebih keras.

Maka dari itu menurunkan berat badan menjadi satu-satunya pilihan yang harus dilakukan agar terhindar dari mengorok dan juga untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Mengkonsumsi air putih. 
Dehidrasi menyebabkan proses pelepasan lendir pada hidung terganggu dan juga menyebabkan langit-langit lunak menjadi lengket. Hal tersebut dapat memicu seseorang mendengkur pada saat tertidur.

Bagi wanita mengkonsumsi ai putih idealnya sebanyak 11 gelas per hari, dan untuk pria 16 gelas perhari. Dengan begitu masalah kebiasaan mendengkur Anda dapat teratasi.

3. Mengubah posisi tidur
Menurut beberapa penelitian para ahli menyebutkan bahwa posisi tidur terlentang dapat mengakibatkan seseorang mendengkur.

Hal tersebut disebabkan karena tidur dengan menggunakan punggung sebagai tumpuan dapat menjadikan pangkal lidah serta langit-langit lunak pada mulut menutupi tenggorokan.

Akibatnya akan timbul getaran suara saat tidur. Untuk mencegah mendengkut terjadi ubahlah posisi tidur Anda menyamping denga posisi bantal sedikit lebih tinggi.

4. Jangan konsumsi a*lk*0h0l
Berdasarkan sebuah penelitian, mengkonsumsi al*k0h0l empat hingga lima jam sebelum tidur dapat menyebabkan seseorang mendengkur sangat keras. Maka dari itu jika Anda ingin menghilangkan kebiasan mendengkur hindari untuk melakukan hal tersebut.

5. Mengurangi atau berhenti m*er*0k0k
Asap r0k*o0k dapat menyebabkan gangguan pada pernapsan terutama hidung dan juga paru-paru. Kondisi tersebut akan memicu seseorang untuk mendengkur saat tertidur.

6. Memiliki waktu tidur yang cukup
Aktu tidur yang tidak seimbang dan cenderung buruk dapat memicu seseorang mendengkur saat terlelap.

Hal tersebut terjadi ketika seseorang mencapai titik kelelahan yang sangat tinggi, maka kondisi otot akan menjadi tegang dan hal tersebutlah yang menjadikanseseorang mendengkur.

Untuk itu sepadat apapun aktifitas Anda, biasakan untuk mengontrol waktu istarahat Anda agar vitalita tubuh dapat terjaga dan Anda terhindar dari mendengkur saat tidur.

7. Menjaga kebersihan kamar tidur
Bagi Anda yang memiliki alergi seperti sinus, akan sangat rentan terhadap debu. Sedangkan kebiasaan mendengkur akan sering terjadi pada orang yang memiliki alergi. Untuk itu jagalah selalu kebersihan kamar Anda.

Itulah di atas tips yang bisa kami bagikan tentang cara menghilangkan mendengkur saat tidur, selamat mencoba dan semoga Anda bisa tidur terlelap tanpa mengeluarkan suara yang mengganggu teman tidur Anda.

Jika teman tidur Anda ada yang sering mendengkur/ngorok saat tidur. Bagikan tips ini kepadanya.

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top