2017-01-20

Pertolongan Pertama pada Orang yang Digigit Ular Berbisa

Pertolongan Pertama pada Orang yang Digigit Ular Berbisa_Bagaimana cara mengatasi/menolong orang yang digigit ular welang, weling, kobra, jali, gadung, dan ular berbisa lainnya?, ya ya jika orang di sekitar Anda ada yang tergigit ular berbisa, maka sebaiknya Anda dapat mengatasinya dengan cara menolongnya secara benar, karena pertolongan pertama pada orang yang terkena gigitan ular sangat dibutuhkan demi tidak menyebarnya racun ular, sehingga orang yang tergigit ular dapat selamat dari ganasnya racun/upas ular.
Pertolongan Pertama pada Orang yang Digigit Ular Berbisa
Foto Ular Berbisa via http://www.wartainfo.com/ 

Seseorang yang digigit ular berbisa biasanya menunjukkan gejala seperti nyeri dan pembengkakan pada bagian yang tergigit. Selain itu warna kulit akan berubah menjadi ungu dan bekas gigitan akan terlihat.

Untuk menangani gigitan ular berbisa harus dilakukan secara cepat agar nyawa bisa tertolong.

Pertolongan pertama pada orang yang tergigit ular berbisa antara lain :

1. Bersikap tenang dan jangan panik agar dapat membantu memberikan pertolongan dengan tepat.

2. Baringkan korban terlebih dahulu. Posisikan bagian tubuh korban yang tergigit lebih rendah dari bagian tubuh lainnya.

3. Anjurkan kepada sesorang yang terkena gigitan ular tersebut untuk tidak banyak bergerak agar racun tidak menyebar ke jaringan tubuh lainnya.

4. Lepaskan semua perhiasan yang menempel pada tubuh sebelum terjadi pembengkakan. Jika pembengkakan terjadi hal tersebut akan sulit dilakukan, sehingga sedikit banyak akan mempengaruhi sirkulasi darah.

5. Membersihkan luka yang terkena gigitan dengan cara menutupnya dengan kain bersih dan kering. Namun hindari untuk menyiram luka dengan air. Apabila dilakukan dapat membuat luka membusuk.

6. Gunakan spalk atau bidal untuk mengurangi pergerakan bisa pada daerah yang terkena gigitan sehingga tidak membatasi aliran darah.

7. Hindari untuk membuat ikatan pada bagian tubuh yang tidak tergigit oleh ular. Jika hal tersebutan dilakukan akan malah mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh vena.

8. Kompres area gigitan agar tidak terjadi peradangan. Namun ada hal perlu diperhatikan yaitu  menghindari penggunaan es batu untuk mengompres.

9. Jika ingin membuang racun ada baiknya untuk tidak dilakukan sendiri karena selain dapat menyebabkan infeksi akibat penggunaan alat yang tidak steril, pembedahan yang salah juga dapat menyebabkan racun mengalir lebih cepat ke dalam darah. Tentunya akan sangat membahayakan penderita.

10. Apabila bagian tubuh yang terkena gigitan ular dirasa lebih parah, segera bawa ke rumah sakit agar mendapat penanganan secara tepat.

Ular berbisa memang dikenal memiliki racun yang mematikan. Apabila orang disekitar Anda terkena gigitan ular usahakan memberikan pertolongan pertama secara tepat dan cepat seperti ulasan di atas. Semoga bermanfaat.

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top