2017-02-24

5 Nutrisi yang Diperlukan Wanita Seiring dengan Berkurangnya Usia

5 Nutrisi yang Dibutuhkan Wanita di Usia Tua_Setiap orang tentu mengalami yang namanya penuaan. Datangnya penuaan juga berarti risiko peningkatan terkena beragam jenis penyakit seperti stroke serta jantung yang meningkat. Terlebih bagi seorang wanita, kondisi setelah menopause dan kekurangan nutrisi dapat menyebabkan resiko penyakit makin bertambah.
5 Nutrisi yang Diperlukan Wanita Seiring dengan Berkurangnya Usia

Inilah kenapa seorang wanita memerlukan 5 nutrisi penting terkait dengan berkurangnya usia/umur. Dan berikut adalah 5 nutrisi yang bermanfaat dan menyehatkan.

1. Kalsium
Nutrisi merupakan salah satu jenis at penting yang sebaiknya dicukupi dengan baik. Nutrisi berperan dalam pembentukan sel tulang baru dimana saat wanita mengalami menopause, pembentukan sel tulang justru menurun. Dalam hal ini ada baiknya seorang wanita mengonsumsi ragam produk olahan susu dengan kandungan kalsium yang tinggi di dalamnya.

Selain produk olahan susu, kalisum juga dapat ditemukan dalam kedelai, sereal, tofu, sayuran seperti kol, brokoli, kale. Selain itu, kalisum dapat pula ditemukan dalam ikan dengan jenis tulang lunak seperti sarden dan salmon.

2. Asam lemak omega-3
Menurut studi yang telah dipublikasikan pada Journal of The American Medical Assosiation, asam lemak omega-3 dapat meningkatkan kandungan kolesterol yang baik serta menurunkan jenis kolesterol yang jahat. Dalam minyak zaitun ditemukan jenis asam lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

3. Vitamin B12
Seorang wanita yang telah memasuki masa menopause dapat mengalami kekurangan vitamin B12. Hal ini beresiko pada peningkatan terjadinya anemia. Mereka yang terkena anemia cenderung kekurangan asupan sehat berupa zat besi, vitamin C, vitamin B12, proten serta folat.

Semakin bertambahnya usia seorang wanita, maka kadar vitamin B12 di dalam tubuh juga semakin menurun. Akibatnya seorang wanita mudah merasa kelelahan, turunnya berat badan, demensia, depresi hingga daya ingat yang menurun.

Keberadaan vitamin B12 sangat dibutuhkan oleh tubuh terkait dengan kemampuan daya ingat, konsentrasi, energi hingga mood. Dalam meningkatkan kandungan vitamin B12 dalam tubuh, anda bisa mengonsumsi ragam makanan sehat seperti daging unggas, telur, sereal, susu serta ikan.

4. Vitamin D
Bukan hanya vitamin B12 saja yang penting namun asupan vitamin D juga harus diperhatikan. Kurangnya vitamin D dapat berakibat pada kerapuhan tulang atau bahkan terjadinya osteoporosis.

Seiring dengan pertambahan usia kemampuan dalam memproduksi vitamin D yang berasal dari matahari akan menurun. Meski demikian, anda tetap bisa mengonsumsi beragam poduk olahan susu untuk mendapatkan asupan vitamin yang satu ini.

Bagi mereka yang kurang suka dengan susu, ada baiknya mengonsumsi multivitamin atau bisa pula jus jeruk, kacang-kacangan, keju serta yogurt yang rendah lemak. Dengan konsumsi vitamin D yang baik, maka tulang juga bisa menjadi lebih kuat.

5. Asam folat
Asam folat merupakan salah satu zat sehat yang dikenal sebagai zat penting di saat kehamilan. Asam folat juga dibutuhkan terlebih bagi mereka dengan usia yang matang. Asupan yang satu ini mampu membantu tubuh dalam membentuk jaringan baru dalam tubuh.

Bukan hanya pembentukan jaringan baru, asam folat juga berperan dalam membentuk sel darah merah. Tanda ketika seseorang kekurangan asam folat adalah datangnya anemia, sakit kepala, lemah hingga turunnya berat badan.

Asam folat dapat ditemukan pada banyak jenis makanan seperti sayuran hijau, buah-buahan mulai dari alpukat, keruk, pisang, mangga, serta buah berri. Selain itu anda juga bisa menemukan asam folat dari minyak zaitun.

Dengan mencukupi ragam kebutuhan di atas, diharapkan tubuh tetap sehat serta terhindar dari ragam jenis penyakit di masa tua. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat.

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top