2017-02-27

Cara Menghilangkan Keputihan Berwarna Coklat secara Alami

Bagaimana cara mengatasi/menghilangkan keputihan berwarna coklat?_Keputihan atau dalam istilah medis disebut sebagai leukorrhea atau fluor albus memang menjadi masalah yang seringkali dialami oleh wanita. Beberapa hari sebelum menstruasi atau setelah menstruasi, biasanya wanita mengalami keputihan, dan hal tersebut adalah wajar. Lendir yang keluar pada keputihan jenis ini berwarna bening dan encer seperti bagian putih telur. Kadang, semakin mendekati tanggal menstruasi, keputihan juga berubah warna menjadi putih susu dengan warna dan kekentalan menyeruai susu kental manis.

Namun bagaimana jika yang keluar berwarna coklat? Apakah kondisi tersebut normal atau malah berbahaya? Umumnya keputihan normal ditandai dengan keluarnya lendir berwarna bening atau putih susu, tidak berbau tajam (amis), tidak menimbulkan gatal, tidak ada rasa terbakar dan perih, serta tidak menimbulkan nyeri di pinggul ataupun saat buang air kecil.

Bagi Anda yang mengalami keputihan dengan lendir berwarna coklat, maka Anda harus waspada. Lendir keputihan yang berwarna coklat merupakan suatu pertAnda bahwa ada masalah yang serius dengan organ kewanitaan Anda. Nah untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan di bawah ini.

a. Lendir Coklat Tanpa Nyeri
Jika keputihan dengan lendir berwarna coklat ini tidak disertai dengan rasa nyeri dan pendarahan maka kemungkinan keputihan ini terjadi karena adanya flek darah yang keluar. Keputihan jenis ini biasanya terjadi pada wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur. Keputihan dengan lendir coklat yang merupakan flek darah ini biasanya terjadi di antara dua periode menstruasi. Keputihan ini masih aman jika tidak terjadi terus-menerus.

Selain karena siklus menstruasi yang tidak teratur, penggunaan pil KB juga menjadi penyebab munculnya keputihan dengan flek coklat. Penggunaan IUD juga memiliki efek samping munculnya flek coklat di luar masa menstruasi. Bagi wanita yang memakai pil KB ataupun IUD dan mengalami keputihan dengan flek coklat ini disarankan untuk berkonsultasi dengan bidan/dokter kandungan. Mungkin metode kontrasepsi yang Anda gunakan tidak cocok.

Walaupun keputihan ini disebabkan oleh siklus menstruasi yang tidak teratur dan jarang dialami, namun Anda tetap perlu waspada. Karena keputihan ini juga dapat menjadi indikasi dari adanya kanker serviks (leher rahim) ataupun kanker rahim. Deteksi dini dapat mencegah kita dari penyakit mematikan yang banyak merenggut nyawa wanita ini.

b. Lendir Coklat dengan Nyeri dan Pendarahan
Jika lendir yang keluar bukan lagi berupa flek coklat (darah kering) dalam jumlah sedikit, maka Anda perlu waspada. Keputihan dengan gejala pendarahan di luar periode menstruasi yang biasanya juga disertai dengan rasa nyeri di bagian panggul atau pada saat buang air kecil merupakan jenis keputihan yang tidak normal dan berbahaya.

Keputihan jenis ini biasanya mengindikasikan bahwa tubuh diserang oleh penyakir gonore (gonorhea) atau klamidia (chlamydia). Kedua penyakir tersebut adalah penyaakit menular seksual yang tentunya dapat ditularkan ke orang lain melalui hubungan seksual. Jika tidak segera ditangani, maka dua penyakit menular seksual (PMS) ini dapat berakibat fatal pada organ reproduksi wanita. Bagi wanita yang mengalami keputihan jenis ini harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dengan antibiotik yang tepat.

Keputihan yang tidak berbahaya dapat dicegah dengan selalu memperhatikan dan menjaga kebersihan organ intim wanita. Biasakan untuk selalu menjaga organ kewanitaan tetap bersih dan kering. Celana dalam yang terlalu ketat juga akan menyebabkan organ intim wanita sulit bernafas dan panas. Membiarkan celana dalam yang lembab atau basah tetap dipakai dan tidak segera menggantinya juga dapat memicu keputihan.

Selain menjaga agar organ kewanitaan tetap bersih agar terhindar dari keputihan, kita juga perlu tahu bagaimana cara mengobati keputihan dengan cara alami. Artikel ini juga akan membahas bagaimana cara mengobati keputihan yang berwarna coklat dengan menggunakan bahan alami. Tentunya cara ini cukup aman bagi kita dan tidak menimbulkan efek samping.


Obat alami keputihan berwarna coklat

Berikut ini bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengobati keputihan berwarna coklat:
Cara Menghilangkan Keputihan Berwarna Coklat secara Alami

a. Daun Sirih
Daun sirih sudah dikenal luas untuk pengobatan. Daun sirih memiliki berbagai manfaat untuk membunuh bakteri dan mencegah peradangan. Banyak produk pembersih organ kewanitaan yang dijual di pasaran yang mengandung ekstrak daun sirih.

Cara mengobati keputihan berwarna coklat dengan daun sirih cukup mudah. Anda cukup merebus daun sirih dengan air hingga mendidih dan berubah warna menjadi kecoklatan. Setelah itu, gunakan air rebusan daun sirih tadi untuk membasuh organ kewanitaan Anda. Lakukan rutin 3 kali sehari untuk membunuh kuman yang berada di organ kewanitaan Anda.

b. Krim Buah Jeruk
Keputihan berwarna coklat juga bisa Anda obati dengan menggunakan buah jeruk. Buah yang tentunya tidak asing lagi di kehidupan sehari-hari kita ini ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi keputihan berwarna coklat. Kandungan vitamin C yang tinggi di buah jeruk dapat menjadi bahan yang baik untuk membunuh bakteri penyebab keputihan.

Produk olahan berupa krim dengan bahan dasar buah jeruk dapat menjadi Andalan bagi Anda yang tengah mengalami keputihan. Gunakan produk krim berbahan dasar buah jeruk untuk mendapatkan manfaat dari vitamin C sebagai antioksidan bagi tubuh Anda. Untuk mengobati keputihan berwarna coklat, Anda juga dapat mengkonsumsi buah jeruk segar setiap hari.

c. Krim Buah Alpukat 
Buah alpukat terkenal karena kandungan vitamin E yang tinggi. Kandungan antioksidan dan lemak baik dalam buah alpukat terbukti dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Siapa sangka buah alpukat ini ternyata juga mampu menjadi bahan alami yang baik untuk mencegah keputihan berwarna coklat.

Untuk mengatasi keputihan berwarna coklat, gunakan produk krim olahan yang mengandung ekstrak buah alpukat. Khasiat dan nutrisi produk berbahan ekstrak buah alpukat mampu menjaga keremajaan dan kelembaban kulit. Selain itu, dengan memakai produk ini juga mampu menjadi solusi untuk mencegah keputihan berwarna coklat.

Selain menggunakan produk olahan dari ekstrak buah alpukat, Anda juga dapat mengkonsumsi buah ini setiap hari. Konsumsi buah alpukat setiap hari mampu membantu menjaga kesehatan tubuh dan kulit serta organ kewanitaan.

d. Krim Bengkoang Alami
Bengkoang merupakan buah yang telah terkenal akan manfaatnya untuk memutihkan kulit. Telah banyak produk kosmetik pemutih dan pencerah kulit yang diolah dari ekstrak bengkoang. Selain manfaatnya yang baik untuk memutikan kulit, ternyata bengkoang juga menyimpan manfaat lain. Bengkoang dapat digunakan untuk mencegah keputihan berwarna coklat.

Anda dapat membuat krim bengkoang alami dengan cara memblender bengkoang. Tidak perlu ditambahkan air, karena tekstur dari bengkoang ini sudah cukup banyak mengandung air. Vitamin dan mineral penting dapat diperoleh dari bengkoang, termasuk dari olahan krim bengkoang alami.

Konsumsi bengkoang setiap hari juga bagus untuk kesehatan tubuh. Selain bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang mampu merusak kulit kita, ternyata bengkoang juga mampu mencegah keputihan berwarna coklat. Kandungan kalium yang terdapat dalam bengkoang dapat mencegah keputihan dan bahkan mampu mencegah penyakit kanker pada organ kewanitaan.

e. Krim Semangka
Buah semangka memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat mencegah kanker. Kandungan air yang cukup tinggi pada buah semangka juga mampu mencegah tubuh kita dari dehidrasi. Buah semangka juga dipercaya mampu memulihkan tenaga setelah berolahraga.

Dengan berbagai macam manfaat tersebut, maka semangka dan produk krim berbahan dasar ekstrak semangka menjadi pilihan yang bagus untuk mencegah keputihan. Selain bagus bagi tubuh dan kulit, mengkonsumsi semangka juga akan menghindarkan Anda dari keputihan berwarna coklat.

f. Krim Nanas
Selain bahan-bahan alami di atas, Anda juga bisa menggunakan buah nanas untuk mengatasi masalah keputihan berwarna coklat. Krim berbahan dasar buah nanas ini sangat populer di China untuk mengatasi keputihan berwarna coklat. Selain untuk keputihan, ternyata krim buah nanas juga mampu mengatasi berbagai macam masalah lain pada organ kewanitaan.

Kandungan vitamin dan mineral dari buah nanas sudah lama dikenal baik untuk kulit maupun tubuh. Buah nanas dikenal mampu menghaluskan dan mencerahkan kulit. Selain itu, buah nanas juga dikenal akan kandungan antioksidan dan vitamin C yang mampu menjaga tubuh dari radikal bebas. Mengkonsumsi buah nanas menjadi pilihan yang baik untuk mengobati keputihan berwarna coklat.

Produk-produk berbahan dasar kimia justru berbahaya bagi organ kewanitaan Anda. Untuk itu, sudah saatnya sayangi kesehatan organ vital Anda, dengan beralih memanggunakan produk-produk yang berbahan dasar alami saja, khususnya saat mengatasi keputihan berwarna coklat. Selain harganya yang murah, berbagai manfaat lain juga dapat Anda peroleh jika Anda mengobati keputihan berwarna coklat dengan bahan-bahan alami.

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top