2017-02-24

Cara Membedakan Serangan Jantung dengan Nyeri Dada Biasa

Bagaimana Cara Membedakan Serangan Jantung dengan Nyeri Dada Biasa?_Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan mematikan, penyakit ini merupakan momok yang sangat menakutkan bagi banyak orang. Secara tidak terduga karena terjadinya seringnya mendadak, penyakit jantung dapat merenggut nyawa seseorang. Orang yang tidak memiliki keluhan gejala penyakit apapun bisa meninggal secara mendadak akibat penyakit ini.
Cara Membedakan Serangan Jantung dengan Nyeri Dada Biasa
Oleh sebab itu, selalu waspada terhadap penyakit yang dapat menyerang secara tiba-tiba ini adalah langkah tepat yang dapat diambil. Kenalilah bagaimana gejalamula-mula penyakit ini dapat menyerang seseorang.

Sering ditandai dengan keluhan nyeri di bagian dada, penyakit ini ternyata tidak selalu ditAndai dengan gejala tersebut. Keluhan nyeri dada juga bisa disebabkan karena menderita penyakit yang lain seperti pneumothorax dan asma.

Bagaimana cara membedakan nyeri dada akibat penyakit jantung atau jenis penyakit lainnya?_dr. Rob Lamberts mengungkapkan perbedaaan keduanya, berikut ini penjelasannya:

A. Ciri-Ciri Nyeri Dada yang Disebabkan Serangan Jantung  
Disebabkan oleh timbunan kolesterol yang menghambat aliran darah ke jantung, penyakit jantung memiliki gejala nyeri dada dengan ciri-ciri berikut ini:
  1. Sesak dada disertai rasa nyeri yang hebat sering dirasakan di awal gejala penyakit ini.
  2. Penderita  merasakan hambatan dalam pernafasan karena mengalami sesak di bagian dada seperti ada beban berat yang menghantam di bagian dada. 
  3. Muncul keringat dingin di telapak tangan dan kaki penderita juga rasa mual dari dalam perut menyertai gejala penyakit ini. 
  4. Tingkat emosional juga rasa yang cemas yang berlebihan menyertai gejala awal penyakit ini. 
  5. Rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh seperti rahang, leher, lengan kiri, bahu dan bagian belakang perut dialami penderita bersamaan dengan sesak di bagian dada. 
  6. Detak jantung menjadi tidak teratur dan lebih cepat dari biasanya.
  7. Tubuh menjadi mudah lemas
B. Nyeri Dada yang Bukan Disebabkan oleh Serangan Jantung 
Rasa nyeri pada bagian dada tidak selalu disebabkan oleh penyakit jantung. Bisa saja rasa nyeri tersebut disebabkan oleh penyakit yang lain. Berikut ini adalah beberapa gejala nyeri dada yang bukan disebabkan oleh penyakit jantung:
  1. Rasa nyeri pada tulang dada atau otot dikarenakan meningkatnya aktivitas fisik.
  2. Batuk yang berkepanjangan disertai dengan rasa nyeri di bagian dada mengakibatkan infeksi pada saluran pernapasan.
  3. Rasa nyeri pada tulang rusuk sebagai gejala awal munculnya penyakit herpes zoster. Selain ciri-ciri jantung lemah dan cara mengobatinyaciri-ciri jantung lemah dan cara mengobatinyitu rasa nyeri pada tulang rusuk juga bisa disebabkan karena patahnya tulang rusuk.
  4. Penyakit paru-paru pneumathoraxdapat menimbulkan rasa nyeri yang hebat pada bagian dada. Rasa nyeri juga disertai sesak nafas. 
  5. Penyakit saraf tercepit juga menimbulkan rasa nyeri pada bagian dada penderita. 
Demikianlah beberapa gejala untuk membedakan antara nyeri dada akibat penyakit jantung dan bukan penyakit jantung.

Gejala-gejala di atas sebaiknya menjadi perhatian kita bersama untuk mencegah terkena serangan jantung. Hal yang juga sangat penting ialah bagaimana meningkatkan tingkat responsibilitas dan kepekaan yang tinggi untuk mendeteksi gejala awal nyeri dada pada serangan jantung.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk selalu rutin memeriksakan kesehatan pada dokter atau tim medis Anda.

Memastikan bahwa nyeri dada yang dialami merupakan gejala penyakit jantung atau bukan, adalah langkah tepat untuk mengantisipasi/meminimalisir dampak buruk yang diakibatkan penyakit tersebut. Bagaimanapun juga, tentunya mencegah selalu lebih baik daripada mengobati bukan?

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top