2017-03-06

Apa Itu Diet Otak atau Diet MIND, serta Aturan dan Menu Makanan Apa yang Dikonsumsi?

Pengertian Diet Otak/Diet Mind dan Aturan, Menu Makanan yang Dikonsumsi_Diet biasanya dilakukan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Namun, tahukah Anda bahwa ada diet yang fokusnya tidak hanya tentang bentuk tubuh saja. Ya, diet yang dimaksud adalah diet otak, di mana diet ini dilakukan dengan tujuan untuk menurunkan risiko terkena penyakit alzheimer. Diet otak terkenal dengan sebutan diet MIND yakni singkatan dari Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay. Diet otak dikembangkan oleh seorang ahli nutrisi dari Rush University Medical Center,  Martha Clare Morris.
Pengertian Diet Otak/Diet Mind dan Aturan, Menu Makanan yang Dikonsumsi

Fakta  Diet Otak 
Diet otak atau MIND adalah gabungan dari diet Mediterranean dan diet DASH. Diet Mediterania merupakan diet yang membatasi jenis makanan yang berlemak dan daging merah, makanan yang dianjurkan dalam diet ini adalah yang sealami mungkin seperi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Sedangkan diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) adalah diet yang bertujuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, oleh karena itu jenis makanan yang harus dikonsumsi dalam diet DASH adalah makanan-makanan yang dapat menurunkan level sodium dan juga tekanan darah di dalam tubuh.

Jadi, jika Anda ingin menjalankan program diet otak atau MIND, ada beberapa jenis makanan yang direkomendasikan sebagai menu makanan diet yang akan membantu mencukupi kebutuhan nutrisi pada otak. Beberapa jenis makanan tersebut diantaranya ialah:

1. Pisang
Mengkonsumsi satu atau dua buah pisang setiap hari dapat meningkatkan kerja otak. Dalam 100 gram buah pisang dapat memasok 1,7 mg serotin, serotin biasa dikenal sebagai homon yang dapat memicu rasa bahagia dan meningkatkan kemampuan otak untuk lebih berkonsentrasi.

2. Ikan dan jenis makanan laut
Sudah menjadi rahasia umum kalau ikan adalah jenis makanan yang mampu mencerdaskan otak. Ikan dan makanan laut seperti lobster, kepiting, udang, cumi-cumi atau jenis makanan laut lainnya mengandung asam amino yang tinggi. Asam amino ini bermanfaat untuk merangsang sekresi noradrenalin dan dopamin, sehingga kemampuan kerja otak dapat meningkat.

3. Cokelat
Mengkonsumsi coklat batang atau minum tiga cangkir cokelat setiap hari mampu mengkatkan aktivitas, kesehatan mental dan membuat suasana hati lebih tenang serta mampu menyeimbangkan metabolisme otak.

4. Kedelai
Minumlah dua gelas susu kedelai atau mengkonsumsi kedelai debanyak 100 gram setiap hari saat Anda menjalankan program diet otak atau diet MIND. Kedelai mengandung vitamin B1 dan lesitin yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan komunikasi antar sel-sel otak sehingga informasi yang didapat akan lebih cepat diproses.

5. Cabe
Cabe mengandung vitamin C dan unsur-unsur yang bermanfaat untuk memperbesar pembuluh darah pada otak, seperti capsaicin. Yaitu komponen aktif yang dapat merangsang pelepasan endorfin atau hormon yang membantu seseorang untuk tetap memiliki rasa percaya diri, optimis dan bergairah.

6. Bawang Putih
Konsumsilah setengah siung bawang putih setiap hari. Bawang putih mampu meningkatkan persentasi oksigen dalam sel otak sehingga mampu merangsang sirkulasi darah pada otak. Jadi, masukkanlah bawang putih ke dalam sayuran yang Anda masak setiap hari selama menjalankan program diet otak.

Aturan diet otak atau MIND
Berikut ini adalah beberapa aturan yang harus Anda taati saat menjalankan program diet otak.
  • Hindari jenis makanan yang digoreng, makanan siap saji atau fast food, keju, mentega, daging merah, permen, aneka jenis kue dan roti
  • Konsumsilah sayur-sayuran yang berwarna hijau, buah beri-berian terutama buah blueberry, makanan jenis kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, ikan, makanan laut, ayam dan unggas.
  • Konsumsilah salad setiap hari, baik salad buah maupun salad sayur.
  • Anda masih diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, nmun dengan catatan hanya satu kali dalam seminggu.
Nah, demikian beberapa jenis makanan yang baik untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi pada otak selama menjalankan program diet otak atau MIND. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, Anda juga harus berolahraga rutin, melakukan meditasi, memperbanyak minum air putih dan tidur yang cukup supaya diet otak yang Anda jalankan berhasil. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top