2017-03-09

Waspada, 5 Hal Buruk Ini Mungkin Terjadi Jika Anda Sering Duduk dengan Menyilangkan Kaki

Bahaya Duduk dengan Posisi Menyilangkan Kaki_Jika selama ini Anda suka dan sering duduk dengan menyilangkan kaki, maka mulai saat ini rubahlah kebiasaan duduk yang seperti itu. Kenapa? Memang duduk dengan posisi kaki kanan ditumpukan pada kaki kiri dan/atau sebaliknya bisa memberikan kenyamanan tersendiri bagi sebagian orang. Namun, dibalik kenyamanannya itu, duduk dengan menyilangkan kaki ternyata menyimpan berbagai dampak buruk, yang bukan hanya mengenai kesehatan kaki saja namun bisa juga menjalar hingga ke leher dan tulang belakang.
bahaya dari duduk dengan menyilangkan kaki
Nah, penasaran kan bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Untuk lebih jelasnya mengenai bahaya dari kebiasaan duduk dengan menyilangkan kaki, silakan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Tekanan darah naik.
Dari sebuah survei didapat lebih dari 60 persen populasi manusia yang hidup di dunia sering melakukan kebiasaan duduk menyilangkan kaki terutama dari kaum hawa.

Dari hasil penelitian tersebut juga diketahui bahwa kebiasaan buruk ini ternyata bisa membuat tekanan darah seseorang meningkat.

Karena itu, kebiasaan duduk dengan menyilangkan kaki ini sudah semestinya dihindari oleh mereka yang memiliki riwayat menderita hipertensi.

Dari penelitian lain yang dilakukan oleh seorang ahli jantung dr. Hooman Medyoon dikatakan bahwa menyilangkan kaki saat duduk bisa menaikkan tekanan dari pembuluh darah yang bertugas untuk mengembalikan darah ke jantung.

Hal ini terjadi karena saat menyilangkan kaki, aliran darah akan terhambat sehingga bisa membuat lemah bahkan merusak pembuluh darah yang ada di kaki.

2. Mengganggu peredaran darah
Selain membuat tekanan darah meningkat, duduk dengan menyilangkan kaki ternyata juga bisa menyebabkan ketidaklancaran peredaran darah di dalam tubuh.

Sebab dengan posisi yang demikian, pembuluh darah pada salah satu kaki yang tertindih akan terhambat dan membuat aliran darah ke jantung tidak lancar karena melawan gravitasi.

3. Nyeri punggung dan leher
Ketika duduk dengan menyilangkan kaki, posisi panggul akan tidak seimbang sehingga tak jarang orang yang memiliki kebiasaan duduk seperti ini mengalami nyeri pada punggung dan leher.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh ahli fisioterapi dari National Health Service, Amerika Serikat, kebiasaan duduk melipat kaki akan cenderung membuat posisi tubuh membungkuk sehingga bisa menyebabkan ketidakstabilan tulang belakang.

4. Mati rasa
Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa kebiasaan duduk menyilangkan kaki bisa menimbulkan mati rasa sementara pada bagian punggung dan kaki.

Pada beberapa kasus, mati rasa ini bisa muncul setelah duduk selama 15 menit. Lebih parah lagi, jika kebiasan ini dilakukan seseorang secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama maka kemungkinan besar orang tersebut bisa menderita stroke.

5. Infeksi jamur
Ini dia hal mengerikan yang sering ditakuti oleh kaum wanita. Ya, kaum wanita memang berisiko tinggi terinfeksi jamur pada bagian vaginanya.

Mengapa demikian? Hal tersebut sangat mungkin terjadi sebab saat duduk dengan posisi menyilangkan kaki, sirkulasi udara di wilayah vagina akan tertutup dan membuatnya lembab.

Alhasil, lambat-laun di area vagina akan tumbuh jamur yang bisa membahayakan organ reproduksi wanita. Untuk itu, jika memang terpaksa ingin duduk menyilangkan kaki, usahakan jangan terlalu lama, dan hanya lakukan saat-saat tertentu saja.

Baca juga: Bahaya Mandi pada Malam Hari bagi Kesehatan

Demikian tentang 5 hal berbahaya yang bisa terjadi jika Anda sering melakukan kebiasaan duduk dengan menyilangkan kaki. Untuk itu, mulai dari sekarang, jauhi kebiasaan buruk tersebut agar tidak terjadi hal buruk pada kesehatan Anda. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top