2017-03-05

Jangan Terlalu Lama Memakai Sandal Jepit, Ini Bahayanya...

Bahaya Memakai Sandal Jepit Terlalu Lama_Siapa yang tidak mengenal sandal jepit? Hampir semua orang pernah memakai alas kaki ringan dan simple tersebut pada saat-saat santai, terlebih saat beraktifitas di rumah. Sandal jepit bisa dibilang merupakan salah satu koleksi fashion yang paling nyaman dan praktis. Bahkan, tak sedikit label ritel yang merilis produk sandal jepit dengan ragam rupa dan bentuk yang menarik serta menggemaskan.
Bahaya Memakai Sandal Jepit Terlalu Lama

Sandal jepit adalah item yang pas untuk dikenakan pada musim panas ataupun musim hujan. Tapi, apakah Anda tahu bila faktanya, sandal jepit ternyata berbahaya bagi kesehatan kaki? Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa sandal jepit lebih berbahaya dari high heels. Hm… terdengar cukup mengejutkan ya?

Bahaya Penggunaan Sandal Jepit Terlalu Lama
Bahaya sandal jepit yang pertama adalah dapat menyebabkan jari, telapak, dan tumit kaki terasa sakit jika dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Sandal jepit memiliki alas yang cenderung lebih tipis. Bentuk dari sandal jepit yang mengharuskan Anda menjepitnya dengan jari, dapat menyebabkan banyak tekanan untuk jari kaki dan tumit Anda.

Tekanan itulah yang akan juga menyebabkan rasa sakit di jari kaki Anda. Selain itu, alas sandal jepit yang tipis dan keras membuat telapak kaki Anda cepat merasa lelah jika Anda menggunakan sandal jepit untuk berjalan jauh. Umumnya, Anda harus menggunakan alas kaki yang memiliki ketebalan minimal 4 cm. Dengan alas kaki setebal itu, telapak kaki Anda akan terlindungi dan tidak mudah terasa sakit.

Bahaya sandal jepit yang kedua adalah, sandal jepit memungkinkan kaki Anda jadi lebih sering terkilir. Sandal jepit dirancang tidak untuk menutup semua sisi kaki, maka dari itu kesempatan sol sandal jepit Anda untuk terbalik pun menjadi lebih besar, apalagi jika memakainya di area yang licin.

Menurut Justin Shroyer, Asisten Profesor Kinesiology, Universty of Lousiana-Lafayette, Amerika Serikat, sandal jepit yang aman untuk kaki haruslah memiliki alas yang mampu menahan kaki. Maka dari itu, Justin menyarankan untuk memilih sandal jepit dengan penutup tumit dan lengkungan pada telapak kaki yang mengikuti kontur telapak kaki.

Ketiga, sandal jepit dapat menyebabkan tumit kaki Anda pecah-pecah. Cuaca yang tidak menentu akan membuat kulit Anda yang tidak terlindungi langsung dari sinar matahari menjadi kering dan tidak sehat, termasuk tumit kaki Anda. Tekanan berat badan di tumit, ditambah dengan cuaca yang tidak bisa diprediksi akan dengan cepat membuat area tumit kaki Anda menjadi kering. Tak ayal, tumit kaki Anda pun dengan segera akan menjadi pecah-pecah.
Kaki pecah-pecah akibat penggunaan sandal jepit terlalu lama
Terakhir dan yang paling membahayakan, jika dibandingkan dengan high heels, sandal jepit ternyata lebih berbahaya jika digunakan saat mengemudikan kendaraan. Sesuai yang dikutip dari Daily Mail, Senin (19/8/2013) pada survei yang digelar oleh perusahaan asuransi Sheila's Wheel, mengemudi mobil dengan mengenakan sandal jepit lebih berbahaya ketimbang memakai high heels.

Survei tersebut diperoleh dari sepuluh orang dari sekitar sepertiga atau 33% pengemudi mobil yang mengaku memakai sandal jepit di saat mengemudi, mengatakan bahwa sandal jepit mereka terjebak di bawah pedal saat mengemudi.

Tidak hanya bagi pengemudi mobil, sandal jepit juga cukup berbahaya bagi para pengemudi motor. Permukaan sandal jepit yang datar bisa menyebabkan slip dan tergelincir saat menaikan gigi ataupun mengerem motor. Apalagi sandal jepit yang telah longgar dan tipis, benar-benar sangat membahayakan keselamatan Anda.

Itulah bahaya-bahaya yang bisa disebabkan oleh sandal jepit. Walaupun bagi beberapa orang informasi ini terkesan sederhana, namun tentunya sangat penting bagi kesehatan kita.

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top