2017-03-14

Daripada Menyesal, Pikir Dua Kali Sebelum Menggunakan Tusuk Gigi

Bahaya Sering Menggunakan Tusuk Gigi_Tidak sedikit kita jumpai warung makan yang selain menyediakan menu makanan juga menyediakan tusuk gigi. Tusuk gigi ini rupanya masih menjadi benda favorit sebagian orang untuk menyingkirkan sisa-sisa makanan yang terjebak di sela-sela gigi, apakah Anda salah satunya? Jika iya, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apakah tusuk gigi ini benar-benar aman?
Bahaya Penggunaan Tusuk Gigi
Faktanya banyak ahli yang menyatakan bahwa menggunakan tusuk gigi itu adalah cara yang kurang sehat sekalipun tusuk gigi adalah barang sekali pakai. Jika Anda menggunakannya sesekali sih mungkin masih bisa dimaklumi, tetapi jika Anda menggunakannya terlalu sering, malah akan menimbulkan bahaya yang bahkan bisa berdampak fatal. Lalu, apa saja sih bahaya menggunakan tusuk gigi yang dimaksud? Simak ulasannya di bawah ini ya:

1. Menimbulkan Penyakit Gusi
Penggunaan tusuk gigi sangat beresiko untuk melukai gusi. Mungkin jika Anda menggunakannya sesekali dan berhati-hati belum menjadi masalah, tetapi sebaliknya, jika Anda menggunakannya terlalu sering ini bisa menimbulkan iritasi dan trauma pada gusi loh. Ujung-ujungnya gusi Anda akan bisa terkena penyakit yang lumayan parah.

Hal yang paling sederhana dari kerusakan gusi adalah Anda akan mengalami pendarahan, dan jika ternyata tusuk gigi yang Anda gunakan tidak steril juga bisa mengakibatkan infeksi pada rongga mulut Anda.

2. Bisa Merubah Posisi Gusi
Tak hanya menimbulkan penyakit pada gusi, tusuk gigi juga bisa merubah posisi gusi menjadi lebih turun dari posisi yang sebenarnya. Kondisi gusi yang berubah ini bisa berdampak buruk pada akar gigi yang sekaligus juga bisa membuat Anda mengalami yang namanya sakit gigi.

3. Bisa Menyebabkan Gigi Mengalami Abrasi
Saat Anda menggunakan tusuk gigi, tanpa disadari Anda juga sebenarnya sedang meningkatkan potensi gigi untuk ter-abrasi. Nah, jika hal ini dilakukan dalam waktu yang lama, bisa mengakibatkan kerusakan pada semua gigi yang kita punya, bahkan juga berpotensi untuk membuat gigi Anda menjadi mudah lepas.

4. Menyebabkan Bau Mulut
Bau mulut bisa diakibatkan oleh sisa-sisa makanan yang melekat di sela-sela gigi dalam jangka waktu yang lumayan lama. Ketika Anda menggunakan tusuk gigi dan berhasil mengeluarkan sisa makanan di sela-sela gigi pun masih berpotensi untuk membuat bau mulut Anda tidak sedap.
Mengapa? Karena sela-sela gigi yang tadinya ditempeli oleh sisa makanan tadi bisa memicu bau yang tidak sedap.

5. Berkurangnya Kerapatan Gigi
Jika Anda menggunakan tusuk gigi dalam intensitas yang sering serta di tempat yang sama, ini bisa membuat kerapatan gigi menjadi berkurang karena ukuran tusuk gigi lumayan besar. Ini justru menjadi kondisi yang buruk mengingat semakin lebarnya jarak antar gigi sangat memungkinkan untuk makanan yang lebih besar sering nyangkut di sela-sela gigi.

6. Merusak Enamel Gigi
Enamel gigi adalah lapisan gigi yang paling luar dengan komposisinya adalah ai sebanyak 5% dan zat inorganik hidroksi apalit sebanyak 95%. Enamel gigi juga merupakan bagian tubuh manusia yang paling kuat. Tetapi bagian tubuh yang paling kuat ini bisa rusak hanya karena tusuk gigi loh. Hal ini tidak terlepas dari kebiasaan mengunyah atau menggigit ujung tusuk gigi setelah menggunakannya.

Nah, itulah bahaya dari tusuk gigi yang perlu Anda tahu. Jadi sudah jelas kan mengapa Anda sebaiknya hati-hati dalam menggunakan tusuk gigi ini?.Semoga infomasi yang kami sampaikan di atas bisa menambah pengetahuan Anda, khususnya seputar kesehatan gigi. Semoga bermanfaat.

Baca juga Kumpulan Obat Sakit Gigi Paling Ampuh

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top