2017-03-08

Cara Praktis dan Mudah Melakukan Detox Tubuh Selama 24 Jam

Menurut Wikipedia, detoksifikasi (bahasa Inggris: detoxification, detox) adalah lintasan metabolisme yang mengurangi kadar racun di dalam tubuh, dengan penyerapan, distribusi, biotransformasi dan ekskresi molekul toksin_Seringkali kita tidak menyadari berapa banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat setiap hari. Inilah yang menyebabkan tubuh merasa lelah, tekanan darah menjadi naik, berat badan menjadi mudah bertambah, metabolisme tubuh menjadi lambat dan hal-hal lainnya yang dapat mengganggu kesehatan.
Cara Detox Tubuh
Oleh karena itu, detoks sangat diperlukan untuk mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh supaya tubuh tidak mudah terserang penyakit dan membantu memperbaiki proses metabolisme pada tubuh.

Nah berbicara mengenai detoks, berikut ini adalah beberapa cara praktis dan mudah untuk mendetoks tubuh dalam waktu 24 jam. Apa sajakah itu?

1. Perbanyak minum air putih
Air putih memang sangat baik untuk mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Minumlah air putih setelah bangun tidur ketika perut dalam keadaan masih kosong sebanyak satu sampai dua gelas.

Selain membantu proses detox, minum air putih lebih dari 8 gelas setiap hari dan minum ketika bangun tidur di pagi hari juga dapat membuat Anda menjadi awet muda. Dan juga, tubuh Anda akan terasa lebih segar dan berenergi.

2. Tidur yang cukup
Mempunyai kebiasaan begadang sangat tidak baik untuk kesehatan karena dapat memperlambat proses metabolisme dalam tubuh. Tubuh kita juga perlu istirahat, oleh karena itu hindarilah kebiasaan begadang setiap malam.

Apabila Anda mempunyai masalah tidur seperti insomnia, Anda dapat mengatasinya dengan beberapa cara seperti membaca buku sebelum tidur, mendengarkan musik-musik yang iramanya lembut sebagai penghantar tidur Anda dan tidak memainkan gadget.

Tidurlah selama 8 jam setiap hari untuk membantu proses detox lebih cepat. Tidur yang cukup juga dapat mengurangi kelebihan berat badan, memperbaiki kesehatan secara menyeluruh dan membantu menghilangkan stres.

3. Lakukan peregangan
Lakukanlah gerakan peregangan setiap satu jam sekali meskipun Anda melakukannya hanya selama 5 menit. Gerakan peregangan dapat membantu melancarkan proses detox, mengurangi rasa lelah, membakar kalori, melancarkan peredaran darah dan memicu detak jantung.

Gerakan peregangan ini sangat dianjurkan bagi Anda yang bekerja kantoran dan mengharuskan Anda duduk terlalu lama.

4. Konsumsi cairan yang membantu detox
Beberapa cairan atau minuman yang dapat membantu proses detox selama 24 jam adalah minuman yang terbuat dari jahe, lemon, kelapa dan peppermint.

Buatlah infuse water dari bahan-bahan tersebut untuk mengeluatkan racun-racun yang menumpuk di dalam tubuh.

Selain itu juga, makanan pedas juga membantu melancarkan detox alami pada tubuh. Namun, jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas karena dapat menyebabkan diare.

5. Konsumsi pisang
Pisang adalah buah yang sangat bermanfaat untuk tubuh dan baik untuk pencernaan. Buah ini mengandung vitamin B6, kalium dan magnesium yang tinggi dan bermanfaat untuk mengurangi rasa kembung, mengurangi retensi air, dan melancarkan pencernaan sehingga akan lebih mudah untuk mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh Anda.

6. Gerakan yoga
Lakukanlah beberapa gerakan yoga setiap hari karena yoga dapat membantu meningkatkan aliran darah ke saluran pencernaan sehingga mampu menyingkirkan racun yang menyebbabkan pencernaan terganggu seperti sembelit.

Gerakan yoga sangat baik untuk proses detoksifikasi. Selain yoga, Anda juga dapat melakukan meditasi, berendam dengan air herbal, pijat, akupuntur, hidrterapi dan homeoterapi untuk membantu melancarkan proses detoks.

Enam cara yang mudah dalam melakukan detoks di atas, tentunya sangat dianjurkan untuk dilakukan. Karena selain bisa mengeluarkan racun-racun yang berada di dalam tubuh Anda, detoksifikasi juga membuat bentuk tubuh menjadi ideal dan kesehatan kulit selalu terjaga.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top