2017-03-15

Cara Mengatasi Kelilipan Serangga Sambar Mata

Cara Mengatasi Mata Kemasukan Lalat Sambar Mata_Pernahkah Anda terkena hewan sambar mata?. Hewan lalat sambar mata pada umumnya mulai ramai keluar ketika waktu matahari terbenam. Saat kita berjalan, bersepada, maupun mengendarai sepeda motor pada waktu maghrib, tak menutup kemungkinan hewan tersebut masuk ke mata. Apalagi jika jalan yang kita lalui adalah jalan yang terletak di area persawahan (bulak sawah).
Cara Mengatasi Mata Kemasukan Lalat Sambar Mata
Foto Lalat Sambar Mata via https://www.slideshare.net/ 

Jika ada seseorang terkena hewan sambar mata, maka pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah mengambil sambar mata sendiri, untuk memudahan pengambilan, gunakan cermin.

Lebih mudah lagi, mintalah bantuan orang lain untuk mengambilkannya.

Masuknya serangga ke dalam mata akan meninggalkan cairan racun yang mengakibatkan kornea mata mengalami peradangan. Gejala peradangan tersebut antara lain, mata merah, gatal dan juga pembekakan pada kelopak mata. Untuk menghindari iritasi yang lebih parah pada mata, Anda dapat melakukan beberapa cara dibawah ini untuk mengobati mata yang terkena iritasi akibat sengatan serangga.

1. Hindari mengucek mata
Agar iritasi mata tidak bertambah parah hindari untuk mengucek mata pada saat terkena serangga.

2. Membersihkan mata
Pada saat tersengat hewan sambar mata, tentunya racun akan menempel pada mata. Bersihkan mata dengan cara mengaliri mata dengan air bersih.

3. Mengurangi peradangan pada mata
Untuk mengurangi peradangan Anda dapat mengompres mata. Adapun bahan-bahan yang dapat digunakan antara lain.

a. Daun sirih
Zat aktif yang terdapat dalm dau sirih dipercaya dapat menjadi antibiotic untuk menghilangkan racun akibat gigitan serangga. Cukup dengan merendan daun sirih didalam air, lalu rendam daerah yang terinfeksi.

b. Es batu
Es batu dapat berfungsi untuk menghambat pembengkakan pada mata. Cara penggunaanya yaitu dengan menaruh es batuh didalam handuk bersih. Lalu kompreskan pada bagian mata yang terkena serangga. Lakukan hingga kondisi mata sedikit membaik.

c. Aspirin
Fungsi dari aspirin adalah untuk menetralkan racun akibat sengatan pada mata. Caranya adalah denganmenghaluskan aspirin, lalu tambahkan air hingga menjadi pasta. Oleskan pada bagian yang terkena sengatan. Tunggu hingga 15 menit lalu bersihkan

d. Cuka apel
Cuka apel ternyata sangat berkhasiat untuk mengatasi bengkak akibat gigitan serangga pada mata. hal tersebut dapt dilakukan dengan cara merendam daerah yang terkena gigitan. Selain itu Anda juga dapat menggunkannya denga cara membasasi kpasa dengan cuka apel lalu menenpelkannya pada nagian mata yang terkena sengatan. Diamkan beberapa menit saja lalu bilas dengan air bersih.

e. Pepaya
Jenis bahan alami yang dapat digunakn sebagai pengobatan untuk mata iritasi salah satunya adalah pepaya. Didalam buah ini terdapat enzim yang memiliki peranan untuk menetralkan racun akibat sengatan serangga pada mata. Penggunaannya pun cukup mudah. Iris buah pepaya, lalu cuci bersih hingga tidak ada getah yang menempel pada buah. Oleskan pada mata yang mengalami iritasi. Diamkan beberapa saat. Lalu basuh menggunakan air bersih.

f. Bawang putih
Selain digunakn sebagai bahan bunbu masakan, bawang putih ternyata juga memiliki kandungan antibiotic yang sangat tinggi. Enzim yang terdapat didalam bawang putih memiliki kemampuan untuk mengatasi inflamasi pada mata yang diakibatkan oleh gigitan serangga. Mengaplikasikannya pun tidak repot. Cukup dengan mengiris bawang putih lalu dihaluskan. Oleskan pada daerah yang mengalami iritasi. Diamkan beberapa saat. Setelah itu bilas menggunakan air bersih. Cukup mudah bukan.

4. Gunakan obat tetes mata
Dalam penggunaan obat tetes mata tidak dianjurkan untuk menggunakan berlebih karena dapat merusak jaringan pada mata. Jika Anda mata memerah akibat sengatan serangga, cukup menggunakan tiga tetes, lalu diamkan sejenak. Usahakan untuk tidak banyak berkedip agar cairan obat tetes dapat meresap ke jaringan mata. Jika banyak berkedip, cairan akan banyak keluar bersama dengan kelenjar air mata.

Beberapa cara diatas dapat kita aplikasikan sendiri dengan mudah. Beberapa obat yang digunakan juga dijual bisa di cari di toko obat maupu apotik. Namun jika setelah mengaplikasikan cara diatas peradangan tak kunjung membaik, segeralah untuk memeriksakannya kerumah sakit terdekat.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top