2017-03-20

Sebelum Terlambat, Deteksi Dini Kanker Otak Melalui 7 Tanda Ini

Gejala Kanker Otak_Dikenal sebagai penyakit yang mematikan, kanker menjadi penyakit yang menakutkan dan perlu diwaspadai. Apalagi ditambah dengan fakta yang menunjukkan bahwa semua sel di dalam tubuh kita bisa berubah menjadi sel kanker. Pun demikian, bukan berarti kita tidak bisa melakukan tindakan pencegahan supaya tidak terkena kanker. Salah satu caranya adalah dengan mengenali tanda-tanda kanker sebagai langkah awal supaya kanker tidak terus berkembang.
Gejala Kanker Otak
Kanker apapun itu pasti berbahaya tidak terkecuali kanker otak. Namun, kita masih bisa meminimalisir kemungkinan kanker otak untuk berkembang dengan melakukan pendeteksian dini, dan melakukan tindakan dengan segera. Nah, berbicara mengenai tanda-tanda kanker otak, berikut beberapa diantaranya.

1. Memiliki Masalah dengan Ingatan
Adanya sel kanker di dalam otak akan membuat si penderita kesulitan mengingat sesuatu yang otomatis juga akan mengurangi respon tubuh penderita.

2. Terasa Nyeri di Bagian Wajah
Rasa nyeri pada wajah yang terjadi secara tiba-tiba juga bisa mengindikasikan kanker otak, dan pada kondisi tertentu, ada kemungkinan wajah penderita akan mengalami kelumpuhan.

3. Gangguan Penglihatan
Jika sebelumnya organ penglihatan Anda termasuk dalam kategori normal lalu tiba-tiba mengalami gangguan seperti penglihatan menjadi kabur, kehilangan teks saat tengah membaca, melihat lampu yang seolah berkedip, hanya bisa melihat lurus ke depan serta gangguan mata lain yang sebenarnya tidak lazim untuk Anda alami, maka Anda patut curiga bahwa itu adalah kanker otak.
Namun, untuk memastikannya, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

4. Sulit Mengkoordinasikan Anggota Tubuh
Tanda yang keempat ini bisa diartikan dengan kondisi dimana Anda serasa tidak memiliki kontrol secara penuh pada anggota tubuh Anda dan pergerakannya, karena melemahnya simpul saraf. Misalnya, Anda mudah menjatuhkan barang, sulit membuka pintu, sering linglung, sering tersandung dan lain-lain.

5. Muntah-Muntah dan Mudah Lemas
Karakteristik muntah-muntah yang cenderung diakibatkan oleh kanker otak adalah muntah saat pagi hari tanpa disertai rasa mual, namun diikuti oleh gejala lainnya seperti sakit kepala. Rasanya muntah-muntah ini juga biasa terjadi jika seseorang masuk angin ataupun terkena penyakit yang lumayan ringan lainnya.

Namun, untuk kanker otak, ada beberapa ciri muntah yakni terjadi bersamaan dengan sakit kepala seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, terjadi secara tiba-tiba dan warna muntahan adalah tidak normal, biasanya berwarna kehijauan.
Penderita juga biasanya akan merasa lemas dengan mudah sekalipun tidak melakukan pekerjaan yang berat.

6. Mati Rasa atau Kelumpuhan
Mati rasa pada tangan dan kaki dan juga kesemutan pada anggota badan juga bisa menjadi gejala kanker otak. Hal ini diakibatkan oleh rendahnya tekanan darah, dan dalam kondisi tertentu juga , penderita bisa mengalami kelumpuhan tidak hanya di bagian wajah seperti pada poin 2 di atas, tetapi di bagian tubuh lainnya juga.

7. Sulit untuk Bicara dan Adanya Gangguan Kesadaran
Beberapa orang yang mengidap kanker otak juga mengalami kesulitan saat berbicara ataupun mengartikulasikan kata-kata yang didengarnya, sebagai tAnda bahwa kemampuan kognitifnya telah berkurang.

Sedangkan untuk adanya gangguan kesadaran diindikasikan oleh penderita sering terlihat bengong, sering lupa dengan apa yang dikerjakannya dan sering terkejut.

Nah, itulah 7 tanda dari kanker otak. Ketujuh tanda tersebut memang tidak mutlak menunjukkan bahwa Anda positif terkena kanker otak, sehingga jalan terbaik yang bisa Anda ambil jika Anda merasakan tanda-tanda di atas adalah segera periksakan diri ke dokter, supaya Anda bisa lekas mengetahui kepastiannya.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top