2017-03-18

Inilah Gejala Awal Kanker yang Sering Diabaikan para Wanita

Gejala Kanker pada Wanita_Banyak orang yang bergidik ketika mendengar cerita tentang keganasan kanker. Ya, penyakit ganas ini sudah dikenal akan ‘kekuatannya’ dalam mempersingkat usia seseorang. Namun meski kanker ini seolah bekerja dengan cepat, bukan berarti tidak bisa dicegah loh. Tetap saja ada upaya-upaya yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir resiko terkena kanker. Salah satu dari upaya tersebut adalah dengan memahami tanda-tanda atau gejala awal kanker.
Gejala Kanker Wanita
Namun, ternyata masih banyak wanita yang mengabaikan tanda-tanda awal dari kanker ini. Bahkan ada juga penelitian yang dilakukan secara sengaja demi mencari tahu tAnda-tAnda kanker apa saja yang sering diabaikan oleh wanita, dan penelitian tersebut menghasilkan jawaban seperti berikut ini:

1. Berubahnya Warna Kuku
Kuku memang bagian kecil dari tubuh yang hanya beberapa orang saja yang memperhatikannya. Tetapi ternyata kuku juga bisa menjadi tAnda awal adanya kanker loh. Jika kuku yang sehat umumnya berwarna merah muda segar, tetapi bila kemudian kuku berubah warna secara tiba-tiba maka kondisi ini perlu diwaspadai.

Biasanya jika kuku berubah warna menjadi cokelat atau kehiataman, ini adalah pertAnda dari kanker kulit. Tetapi jika kuku berubah menjadi pucat atau keputihan, ini adalah pertAnda dari kanker hati. Sedangkan kuku yang berubah menjadi melengkung adalah pertAnda dari kanker paru-paru.

2. Nyeri yang Tak Wajar saat Haid
Banyak wanita yang mengeluh karena rasa nyeri yang diderita saat haid. Sebenarnya ini adalah hal yang biasa, namun yang tak biasa adalah jika rasa nyeri itu tidak seperti nyeri haid biasanya, bisa jadi itu adalah gejala awal kanker rahim.

3. Wajah yang Bengkak
Wajah yang bengkak bukan hanya berpengaruh pada kecantikan saja, tetapi bisa menjadi indikator kesehatan juga, termasuk menjadi gejala awal dari kanker. Lalu wajah bengkak yang seperti apa sih yang menjadi gejala awal kanker?

Jawabannya adalah, jika wajah menjadi bengkak tiba-tiba dan berwarna kemerahan. Ini bisa menjadi petunjuk adanya kanker paru-paru karena tumor yang tumbuh cenderung memblokir pembuluh darah yang ada di dada dan kemudian akan membatasi aliran darah ke wajah.

4. Sakit Pinggang
Sakit pinggang juga bisa menjadi tanda awal kanker. Banyak penderita kanker hati yang sering mengeluhkan sakit pinggang sebelumnya. Sedangkan jika rasa nyeri itu terasa di punggung, bisa jadi itu adalah tanda awal kanker payudara.

5. Munculnya Benjolan di Tubuh
Jika tiba-tiba muncul benjolan di tubuh yang terasa nyeri atau bahkan berdarah, ini bisa menjadi tanda awal dari kanker kulit. Tetapi jika benjolan yang terasa nyeri tersebut tiba-tiba muncul di area payudara dan diikuti perubahan warna puting, harap berhati-hati karena bisa jadi ini adalah tAnda awal kanker payudara.

6. Sesak Napas
Sesak napas ternyata juga menjadi tAnda awal kanker yang sering diabaikan oleh wanita. Gejala sesak napas ini atau mungkin Anda mengenalnya dengan sebutan mengi yang tiba-tiba muncul tanpa penyebab yang jelas juga mengindikasikan adanya kanker yang menyerang paru-paru.

Oke, itulah 6 tanda awal kanker yang sering diabaikan oleh wanita. Keenam tanda tersebut masih harus dipastikan melalui pemeriksaan medis, sehingga jika Anda atau anggota keluarga Anda ada yang merasakan tanda-tanda seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, sebaiknya segera periksa ke dokter supaya bisa segera diketahui itu adalah gejala kanker atau bukan, dengan demikian bisa segera diambil tindakan pengobatan supaya kanker tidak semakin berkembang. Semoga bermanfaat.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top