2017-03-24

Hati-Hati!!! Makanan dan Kebiasaan Ini Bisa Membuat Wanita Berisiko Terkena Kanker Payudara

Kanker payudara adalah salah satu penyakit berbahaya yang ditakuti oleh hampir semua wanita di seluruh dunia. Jumlah penderita kanker payudara terutama wanita di Indonesia sendiri terus meningkat jumlahnya yaitu 100.000 orang pertahun dan bahkan lebih. Dan menurut data dari dinas kesehatan, sekitar 21,5% diantaranya tidak tertolong atau meninggal dunia.  Sedangkan di dunia, lima tahun yang lalu atau di tahun 2012, sekitar 1,7 juta wanita menderita kanker payudara. Dan mirisnya, hampir semua penderita kanker payudara yang berobat ke rumah sakit, sudah dalam stadium lanjut. Sehingga hal inilah yang membuat penderita sulit disembuhkan. Padahal jika di deteksi sejak dini dan dilakukan pengobatan dengan segera, besar kemungkinan kanker payudara tersebut bisa disembuhkan.
Makanan dan Kebiasaan Ini Bisa Membuat Wanita Berisiko Terkena Kanker Payudara

Nah, berbicara mengenai kanker payudara, berikut adalah kebiasaan serta jenis makanan yang sebaiknya dihindari atau setidaknya harus dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan, agar kanker payudara dapat dihindari.

1. Mengkonsumsi Karbohidrat 
Setiap harinya manusia memang membutuhkan asupan karbohidrat untuk di bakar menjadi energi. Di Indonesia sendiri, konsumsi karbohidrat terbanyak adalah dari nasi. Seperti yang kita tahu, jika tidak makan nasi memang tidak kenyang tapi jika dikonsumsi dengan porsi yang berlebihan akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan.

Di samping memperbesar risiko kanker Payudara pada wanita, mengkonsumsi nasi terlalu banyak akan menyebabkan Anda menderita diabetes. Karena di samping karbohidrat yang tinggi, nasi juga mengandung gula yang apabila di makan secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan.

2. Mengkonsumsi Lemak
Lemak adalah musuh terbesar kita para wanita terutama pada saat diet. Namun, tahukah Anda alasan kenapa diet melarang kita untuk mengkonsumsi lemak jenuh? Hal ini tidak lain di karenakan lemak juga termasuk salah satu sumber penyebab dari kanker payudara.

Awalnya, mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh akan membuat Anda gemuk, lalu obesitas dan apabila dibiarkan maka kemungkinan menderita kanker payudara tidak bisa di hindari. Di samping itu, jika sudah diatas 30 tahun apabila Anda menyantap makanan dengan kadar lemak tinggi juga bisa menyebabkan kolesterol jahat.

3. Mengkonsumsi junk food dan gorengan
Hal ini paling sering terjadi pada mahasiswa yang jauh dari rumah. Karena terbiasa makan masakan di rumah, ketika Anda lepas dari jangkauan orang tua secara tidak langsung Anda akan mulai menjadi pemilih pada saat akan menyantap makanan.

Anda lebih sering makan cemilan tidak sehat, banyak mengkonsumsi gorengan, dan junk food. Walau jenis makanan tersebut bisa menambah selera makan, namun faktanya makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan.

Untuk itu, mulailah perbaiki gizi Anda, karena dengan mengkonsumsi makanan yang di goreng, kurang asupan sayur, buah, serta serat akan membahayakan kesehatan. Terutama mengkonsumsi junk food secara berlebihan akan memperbesar risiko kanker payudara.

4. Kerja Berat Berlebihan
Tidak dipungkiri, aktifitas sehari-hari memang sering terasa melelahkan. Bagi wanita, seperti ibu rumah tangga yang harus mengurus rumah, suami, dan anak setiap hari nya juga akan merasa lelah walaupun kegiatannya hanya di dalam lingkup rumah saja.

Apalagi, jika kita membicarakan wanita dalam konteks ibu rumah tangga plus wanita karier. Tidak terbayang bukan bagaimana lelahnya? Kita tidak bisa membayangkan stress yang di dapatkan lantaran tekanan kerja, ditambah sibuk mengurus keluarga di saat yang sama.

Nah, itulah ulasan mengenai pola makan dan gaya hidup yang bisa berpotensi memunculkan penyakit kanker payudara.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top