2017-07-20

Walau Lezat Ternyata 6 Makanan Ini Justru Berbahaya Buat Kesehatan

Makanan Enak Lezat Tapi Berbahaya_Pada dasarnya makanan merupakan salah satu sumber energi terpenting bagi tubuh. Sudah bisa dibayangkan bagaimana jadinya tubuh jika tidak makan atau terlambat makan sebentar saja. Bukan hanya lemas dan capek saja yang dirasakan, otakpun tidak akan mampu berpikir dengan baik.  Makanan memang sangat penting bagi tubuh, namun perlu diingat, makanan yang dikonsumsi juga harus sehat.

Bukan hanya enak dan menarik dari luarnya saja tapi juga baik untuk kesehatan tubuh. Sebuah kelompok studi menemukan bahwa ada beberapa jenis makanan yang enak namun ternyata sangat membahayakan tubuh.  Dan 6 diantara makanan enak namun menyimpan bahaya tersembunyi adalah:
Walau Lezat Ternyata 6 Makanan Ini Justru Berbahaya Buat Kesehatan
1. Sereal Granola atau Oatmeal Instan
Banyak orang mengira bahwa sereal granola adalah makanan yang sehat karena bahan penyusunnya yang terbuat dari gandum dan kelompok biji-bijian. Namun nyatanya tidak demikian, makanan instan satu ini justru tidak baik untuk kesehatan karena sudah diolah menjadi sereal sehingga nilai gizinya pun banyak yang hilang.

Jadi, sebenarnya ketika Anda mengonsumsi sereal granola bukan nutrisi menyehatkan yang didapat melainkan tumpukan gula dan empty kalori (kalori kosong) yang diperoleh karena indeks glikemik dari sereal granola yang tinggi.

2. Buah-buah Segar yang Dikeringkan
Buah-buahan kering kerap kali menjadi pilihan banyak orang karena selain  rasanya yang lezat, buah kering lebih mudah dibawa kemana-mana. Namun dibalik kelezatan rasa dan kepraktisannya itu, buah-buah yang sudah dikeringkan banyak mengandung tambahan gula yang memiliki efek buruk terhadap tubuh.

Tambahan gula diperlukan untuk dijadikan sebagai pengawet dalam mempertahankan kualiatas dan keawetan buah-buah tersebut. Sebagai perbandingannya, dalam secangkir buah anggur akan terkandung 60 kalori sementara dalam secangkir kismis hanya akan mengandung 46 kalori.

3. Cokelat Manis
Siapasih yang tidak kenal dengan cokelat. Hampir semua orang pasti sudah tak asing dengan makanan satu ini. Kelezatannya tidak hanya terasa saat dimakan langsung namun juga saat dipadukan dengan bahan tambahan lain seperti susu dan gula.

Mengonsumsi cokelat memang tidak salah, namun sebaiknya jika ingin ngemil cokelat, pilihlah cokelat yang rendah gula seperti dark chocolate. Hal ini tak lain karena cokelat yang memiliki rasa manis karena tambahan gula dan susu sudah mengandung banyak kalori.

4. Yoghurt Aneka Rasa
Kesegaran yogurt saat dipadukan dengan bahan tambahahan seperti perisa buah-buahan memang sudah tidak diragukan lagi. Namun tahukah Anda, meskipun enak dan menyegarkan Yoghurt aneka rasa ternyata memiliki tambahan zat aditif dan tinggi akan kandungan gula. Karenanya tak heran, jika sering mengonsumsi yoghurt aneka rasa bisa membuat lingkar pinggang bertambah lebar.

5. Salad dengan Tambahan Makanan Instan
Meskipun salad tergolong makanan sehat namun belum tentu loh semua salad itu bisa menyehatkan. Pasalnya, akhir-akhir ini banyak orang yang mengolah bahan ini dengan tambahan makanan instant yang tinggi kalori seperti mayonnaise dan daging asap sehingga menyebabkan total kalori dalam salad tersebut melonjak naik.
6. Keripik kentang
Satu lagi makanan yang terlihat enak di luar namun ternyata bisa membahayakan tubuh yaitu keripik kentang. Kandungannya yang tinggi akan lemak dan garam ini bisa menyebabkan tekanan darah dan kadar kolesterol di dalam tubuh naik sehingga resiko seseorang terkena serangan jantung dan stroke pun akan meningkat.

Sebuah studi yang dipublish di Cancer Science magazine menyatakan bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi kadar garam juga bisa menjadi penyebab terjadinya kanker lambung.

Setiap orang berhak untuk mengonsumsi makanan yang disukainya. Namun perlu diingat, tubuh pun membutuhkan asupan makanan bergizi yang menyehatkan. Karenanya, makanlah makanan yang dibutuhan tubuh bukan makanan yang hanya sesuai keinginan diri.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top