2017-03-02

Ingin Berat Badan Anda Turun 5-7 kg Sebulan? Coba Menu Sarapan Ini...

Jenis Makanan Untuk Diet Sehat_Anda pasti sudah tahu jika sarapan merupakan waktu makan terpenting bagi tubuh. Hal ini tak lain karena sarapan memiliki tanggung jawab penuh untuk memberikan masukan energi yang akan digunakan beraktivitas selama seharian. Tak hanya itu saja, sarapan juga ternyata memiliki manfaat dasyat dalam membersihkan racun di dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan infeksi hingga menurunkan berat badan.
Menu untuk Diet Sehat
Dengan rutin sarapan pagi, Anda yang ingin menurunkan berat badan tak perlu menunggu berabad-abad untuk melihat hasilnya. Pasalnya, makan pagi memiliki pengaruh besar terhadap penurunan berat badan dan menghasilkan tubuh yang sehat ideal. Namun, menu sarapan yang dimaksud di sini bukan sembarang menu. Anda perlu memilih jenis makanan sehat yang cukup protein, rendah karbohidrat serta kaya asupan vitamin dan mineral, seperti beberapa menu sarapan berikut ini.

Menu sarapan untuk diet sehat
1. Teh hijau
Teh hijau mengandung properti yang dapat meluruhkan lemak. Di samping itu, teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan polifenol yang dapat membantu tubuh dalam melindungi dan mencegah kerusakan sel akibat efek radikal bebas. Sebagai saran, minumlah teh hijau yang tidak ada tambahan gula dan krim karena bisa memaksimalkan hasil yang didapat.

2. Susu
Minum susu di pagi hari bisa sangat membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan. Hal ini karena susu memiliki kandungan karbohidrat rendah dan bisa memberikan efek mengenyangkan sehingga keinginan untuk ngemil di antara waktu sarapan dan jam makan siang pun sedikit terkurangi.

Untuk jenis susunya Anda bisa memilih sesuai selera, bisa susu low fat atau bisa juga susu yang full cream. Dengan catatan Anda tidak memiliki intoleransi laktosa (kurangnya enzim yang dapat mengolah laktosa dalam susu). Jika memiliki gangguan yang seperti itu Anda bisa menggantikannya dengan alternatif lain seperti susu almond ataupun susu kedelai.

3. Telur 
Sama halnya dengan susu, telurpun memiliki kandungan karbohidrat yang rendah dan protein tinggi sehingga sangat baik untuk menurunkan berat badan. Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh university of missouri department of exercise physiology and nutrition terungkap bahwa sarapan dengan menu makanan yang memiliki protein tinggi bisa menunda perut merasakan lapar lebih lama.

Penundaan rasa lapar yang dirasakan ini terjadi karena kandungan protein di dalam telur akan membutuhkan waktu lama untuk dicerna tubuh sehingga membuat Anda tidak banyak mengasup kalori. Selain telur, daging ayam juga memiliki kandungan proten yang tinggi, namun karena terlalu berat untuk dikonsumsi saat pagi hari maka yang lebih disarankan adalah telur. Anda bisa mengonsumsi telur dengan cara direbus, digoreng maupun dibuat omlet.

4. Blueberry 
Buah berwarna ungu kebiruan ini ternyata kaya akan antioksidan dan nutrisi. Tidak hanya itu, blueberry juga memiliki kandungan kalori dan gula yang baik dan aman untuk menjaga tubuh tetap sehat serta menurunkan berat badan. Untuk mengonsumsinya Anda bisa mencampurkan buah mungil ini dengan outmeal atau yoghurt tawar.

5. Kopi
Minum kopi hitam saat pagi hari juga bisa membantu menurunkan berat badan. Hasil study yang diterbitkan oleh international journal of sport nutrition di katakan bahwa mengonsumsi minuman yang mengandung kafein sebelum beraktivitas fisik, baik itu teh maupun kopi bisa meningkatkan pembakaran kalori sampai 15 persen.

6. Roti gandum
Kandungan serat yang tinggi bisanya terdapat di dalam roti yang mengandung gandum. Sebagaimana yang telah diketahui, selain dapat melancarkan pencernaan, serat juga sangat bermanfaat untuk mengenyangkan perut  dalam waktu lama. Anda bisa mengonsumsi roti gandum ini dikombinasikan dengan selai kacang dan telur namun jangan  menambahkan mentega karena kandungan lemak dan kalorinya cukup tinggi.

Selain mengatur menu makanan yang dikonsumsi,  untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan ideal Anda juga perlu berolahraga rutin serta mengatur pola makan yang baik. Pola makan baik yang dimaksud disini adalah makan dalam porsi sedikit tapi sering.

Baca juga:
Demikian tentang menu sarapan yang baik untuk diet sehat. Semoga bermanfaat.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top