2017-03-03

Pertolongan Pertama pada Orang yang Tenggelam

Pertolongan Pertama Pada Orang yang Tenggelam_Bagaimana cara menolong orang dewasa yang tenggelam?_Pernahkan Anda terpikir, apabila suatu ketika Anda melihat orang yang tenggelam, entah itu di sungai, danau, kolam renang, atau di tempat lainnya, apa yang Anda lakukan?. Jika korban tersebut belum sampai tenggelam, dan Anda segera menolongnya, mungkin hal tersebut tidak menjadi masalah, namun jika korban sudah hampir tenggelam, dan sudah beberapa menit dalam posisi tidak mendapatkan oksigen apa yang harus dilakukan?
Cara Menolong Orang Tenggelam
Tentunya ada ilmu atau panduan khusus yang harus Anda kuasai agar bisa menolongnya. Nah, untuk itu, pada pembahasan artikel kali ini kami akan bagikan ulasan singkat, bagaimana melakukan pertolongan pertama pada orang tua yang tenggelam secara benar dan aman. Tentunya aman untuk korban maupun aman untuk diri Anda sendiri.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menolong seseorang yang tenggelam
1. Segera dapatkan bantuan
Jika Anda mengetahui ada orang yang tenggelam, berteriaklah untuk memberitahu petugas penyelamat, atau orang-orang terdekat dan seseorang untuk menelpon polisi atau ambulan.

Jika Anda sendirian saat kejadian, dan jika keadaan aman dan memungkinkan cobalah untuk meraih korban. Gunakanlah tongkat panjang, tali, ban renang, atau benda terdekat yang bisa digunakan untuk menarik korban.

Jika keadaan mengharuskan Anda untuk berenang, pastikan Anda mempunyai kemampuan berenang yang mumpuni dan cukup kuat untuk membopong korban kembali ke darat. Bawalah pelampung, dekati korban dari sisi belakang dengan tenang. Genggamlah baju korban, atau sangga bagian bawah leher korban agar tetap berada di atas permukaan air selama Anda menariknya ke daratan.

2. Cek tanda vital
Setelah di daratan, segera baringkan korban dalam posisi telentang. Lepas pakaian basah dan tutupi korban dengan baju atau selimut hangat. Angkat sedikit kepalanya ke atas, namun jika ada cedera di leher, cukup buka rahangnya dan jangan angkat kepalanya.

Perhatikan dada korban apakah bergerak naik turun untuk menandakan korban masih bernafas. Jika korban tidak bernapas, cek denyut nadinya.
Berikan napas buatan, caranya:
  • Jepit hidung korban dan tempatkan bibir Anda dalam posisi terkatup di atas mulutnya.
  • Ambil napas seperti biasa dan tiupkan udara ke dalam mulut korban secara perlahan.
Jika korban muntah, miringkan kepalanya dan buang isi mulutnya untuk menccegah terdesak.

3. Lakukan tindakan CPR (Cardiopulmonary resuscitation)
Menurut Wikipedia, Cardiopulmonary resuscitation/Resusitasi jantung paru-paru atau CPR adalah tindakan pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti napas karena sebab-sebab tertentu. CPR bertujuan untuk membuka kembali jalan napas yang menyempit atau tertutup sama sekali. CPR sangat dibutuhkan bagi orang tenggelam, terkena serangan jantung, sesak napas karena syok akibat kecelakaan, terjatuh, dan sebagainya.

Namun yang perlu diperhatikan khusus untuk korban pingsan karena kecelakaan, tidak boleh langsung dipindahkan karena dikhawatirkan ada tulang yang patah. Biarkan di tempatnya sampai petugas medis datang. Berbeda dengan korban orang tenggelam dan serangan jantung yang harus segera dilakukan CPR.

Jika saat diangkat kedaratan korban tidak bernapas, segera lakukan tindakan CPR dengan langkah sebagai berikut:
  • Tempatkan bagian bawah pergelangan salah satu tangan Anda di tengah dada korban.
  • Tekan ke bawah sekitar 5 centimeter. Pastikan untuk tidak menekan tulang rusuk.
  • Lakukan 30 kompresi dada dengan laju 100 kali kompresi per menit. Biarkan dada untuk naik seutuhnya di antara tekanan.
  • Periksa apakah orang tersebut sudah mulai bernapas.
Jika korban masih tidak bernapas, lakukan dua kali napas buatan pendek dilanjutkan dengan 30 kali kompresi dada. Ulangi siklus sampai korban bernapas atau sampai bantuan medis datang.

4. Temani korban hingga sadar/bantuan datang
Saat korban mulai sadar dan kondisinya membaik, bopong ke tempat yang lebih hangat. Berikan minuman dan makanan untuk mengembalikan energi. Jangan rendam korban dengan air hangat ataupun memijitnya jika korban menggigil. Cukup jaga suhu tubuhnya dengan memberikan selimut atau baju hangat.
Baca juga:


Nah demikianlah tips sederhana yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini mengenai pertolongan pertama pada orang tua yang tenggelam. Semoga bermanfaat dan bisa menjad referensi yang berguna.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top