2017-08-09

Tips Memasak Nasi yang Benar agar Kandungan Nutrisinya tidak Hilang

Cara Memasak Beras menjadi Nasi yang Benar agar Kandungan Nutrisinya tidak Hilang_Beras merupakan salah satu bahan makanan pokok sebagai sumber karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Beras yang telah dimasak menjadi nasi berguna untuk memenuhi kebutuhan kalori dalam tubuh kita sehari-hari. Selain sebagai sumber karbohidrat, beras juga mengandung banyak nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi beras juga berfungsi sebagai sumber vitamin dalam tubuh.  Selama ini, beberapa orang memasak beras menjadi nasi dengan cara sembarangan, dan mengabaikan cara memasak beras yang benar. Yang penting beras dicuci, diberi air, dan dimasukkan dalam rice cooker. Padahal, ketika Anda mencuci beras dan memasak beras secara sembarangan, bisa jadi Anda kehilangan kandungan nutrisi beras yang ada di dalamnya. Akibatnya, nasi menjadi hambar karena telah kehilangan kandungan nutrisinya.
Tips Memasak Nasi yang Benar agar Kandungan Nutrisinya tidak Hilang
Sebelum memasak beras, Anda perlu memperhatikan cara memasak beras yang benar, sehingga Anda tetap mendapatkan nutrisi yang terdapat dalam nasi. Bagaimana cara memasak beras yang benar? Kali ini, kita akan membahas cara memasak beras yang benar, agar Anda tidak kehilangan kandungan nutrisi beras di dalamnya.

Tips memasak beras yang benar agar kandungan nutrisinya tidak hilang
Nasi mengandung nutisi penting, yaitu vitamin B1 (protein, thiamin, lemat, dan serat). Oleh sebab itu, agar Anda tidak kehilangan kandungan nutrisi beras, maka Anda harus hati-hati dalam memperlakukan beras, mulai dari mencuci hingga memasaknya. Bagaimana caranya? Perhatikan ulasan berikut ini:

1. Jangan mencuci berkali-kali
Ketika Anda berpikir bahwa dengan mencuci beras berkali-kali membuat beras menjadi bersih dan lezat, Anda salah. Mencuci beras sebelum dimasak memang penting dan perlu dilakukan, untuk menghilangkan kotoran yang yang terdapat dalam beras. Namun, Anda juga perlu memperhatikan cara mencuci beras yang benar.

Nasi yang memiliki kandungan nutrisi yang baik, juga tergantung bagaimana cara mencuci beras. Agar tidak kehilangan kandungan nutrisi beras, maka usahakan jangan mencuci berkali-kali, apalagi menggosok beras terlalu sering dan keras. Hal tersebut dikarenakan, kandungan nutrisi B1 dalam beras bersifat mudah larut dalam air. Ketika Anda menggosok beras dan mencucinya berulang-ulang, maka kandungan nutrisi beras akan ikut larut dalam air cucian.

Untuk itu, disarankan sebaiknya Anda cukup mencuci beras satu kali saja, hingga semua debu dan kotoran yang terdapat dalam beras dapat terangkat. Dan kandungan nutrisi beras tidak banyak yang larut dalam air cucian.

2. Memasak beras dengan air panas
Jika selama ini Anda memasak beras dengan menggunakan air dingin, maka sebaiknya Anda merubah cara tersebut. Cara memasak beras yang benar adalah dengan menggunakan air panas. Di dalam beras terdapat pati yang sulit larut dengan air dingin, oleh sebab itu masaklah air panas terlebih dahulu. Kemudian tuangkan air panas pada rice cooker yang berisi beras, dan tekan tombol “cook”.

Ketika Anda memasak nasi dengan air panas, maka kandungan pati dalam beras mudah larut dan menjadi bubur, sehingga nantinya akan mudah dicerna oleh tubuh. Kandungan nutrisi beras juga akan terjaga ketika Anda memasaknya dengan air panas.

Itulah kedua cara memasak beras yang benar, sehingga Anda tidak kehilangan kandungan nutrisi beras di dalamnya. Mungkin terkesan sepele, namun ketika Anda melakukan cara memasak beras yang salah, maka Anda akan kehilangan nutrisinya. Dan tidak mendapatkan vitamin dari nasi yang telah Anda masak yang dapat berfungsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top