2017-04-01

Penting!!! Ini Dia Efek Samping Pil KB buat Wanita yang Harus Anda Ketahui

Efek Samping Pil KB bagi Wanita_Pastinya semua orang sudah tak asing lagi dengan Pil KB. Pil ini sudah sering dikenalkan melalui iklan layanan masyarakat bersama dengan alat kontrasepsi lainnya, dan sudah diketahui juga bahwa pil ini cukup efektif untuk mencegah kehamilan.
Namun, seberapapun efektifnya pil KB, tetap saja ada efek sampingnya, mulai dari efek samping yang sifatnya paling ringan hingga efek samping yang sifatnya cukup mengganggu kenyamanan.
Efek Samping Pil KB bagi Wanita
Apakah Anda sudah tahu apa saja efek samping pil KB buat wanita?
Nah, jika belum tahu, mungkin ulasan yang akan kami share beriikut bisa menambah pengetahuan Anda, khususnya buat Anda para wanita yang menggunakan alat kontrasepsi jenis ini.

1. Terjadinya Perubahan Suasana Hati Secara Mendadak
Untuk membuktikan efek samping yang pertama ini, di tahun 2015 sudah pernah dilakukan penelitian terhadap 90 orang wanita dan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pil KB memiliki hubungan dengan semakin menipisnya otak di bagian cingulate cortex dan orbitofrontal cortex, dimana kedua bagian otak tersebut adalah bagian yang berhubungan dengan fungsi kognitif wanita, pemberi respon dan penerima rangsangan.

Dengan melihat hasil tersebut, sang peneliti kemudian menyatakan bahwa suasana hati wanita yang menggunakan pil KB bisa berubah-ubah karena adanya penipisan di kedua bagian otak tersebut.

2. Mual dan Pusing
Mual biasanya banyak dirasakan oleh wanita yang baru mengkonsumsi pil KB, dan akan hilang setelah tubuh si wanita mulai terbiasa dengan pil KB yang dikonsumsinya. Begitu juga halnya dengan pusing, pusing ini akan hilang dengan sendirinya tanpa adanya perlakuan secara khusus, kecuali jika si wanita memang memiliki masalah dengan kesehatannya.

3. Terjadi Peningkatan Berat Badan
Sebenarnya untuk efek samping yang ketiga ini belum ada bukti ilmiah yang menguatkannya. Namun, pada beberapa wanita, pil KB yang dikonsumsinya memang mengakibatkan berat badan menjadi naik. Selain itu, kandungan estrogen di dalam pil KB juga akan berpengaruh pada ukuran sel lemak yang menjadi lebih besar dibanding sebelumnya, namun estrogen ini tidak berpengaruh terhadap penambahan jumlah sel lemak.

4. Menurunkan Gairah 5e*k5
Kandungan yang ada di dalam pil KB akan mengakibatkan produksi testosteron menjadi menurun sehingga ovarium akan menjadi lebih tenang. Sedangkan seperti yang kita tahu bahwasanya testosteron ini berperan sangat penting dalam hal pengaturan nafsu seksual sehingga jika produksinya menurun otomatis gairah juga akan menurun.

5. Pendarahan di Luar Masa Haid
Efek samping yang kelima ini biasanya terjadi selama kurang lebih 3 bulan awal pemakaian. Ini adalah proses penyesuaian dinding rahim yang meluruh sehingga rahim berada dalam kondisi yang tidak siap untuk pembuahan yang akan berujung pada tidak terjadinya kehamilan. Ini sebenarnya adalah hal yang wajar, namun jika pendarahan tersebut terjadi bahkan lebih dari 1 minggu, tidak ada salahnya untuk melakukan konsultasi dengan dokter.

6. Terasa Nyeri di Payudara
Sama seperti beberapa efek samping sebelumnya, efek samping berupa rasa nyeri di payudara inipun hanya terjadi di awal-awal pemakaian pil KB, karena pil KB akan mempengaruhi payudara menjadi lebih kencang bahkan terasa agak membesar. Rasa nyeri ini akan hilang dengan sendirinya jika tubuh juga mulai terbiasa mengkonsumsi pil KB.

Itulah sederet efek samping pil KB buat wanita. Sebaiknya lakukan diskusi dengan pasangan terlebih dahulu sebelum Anda mengambil keputusan untuk mengkonsumsi pil KB, mengingat efek samping dari pil KB ini berpotensi untuk membuat hubungan suami istri menjadi lebih renggang. Semoga info ini bermanfaat.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top