2017-04-21

Gara-Gara Salah Mengolah, 6 Makanan Sehat Ini Justru Bisa Bikin Penyakit

Gara-Gara Salah Mengolah, 6 Makanan Sehat Ini Justru Bisa Menyebabkan Penyakit_Mengonsumsi makanan sehat tidak hanya cukup dengan pemilihan bahan makanan yang segar dan alami saja. Cara memasak pun bisa mempengaruhi gizi dan nutrisi yang ada dalam makanan. Sayangnya, masalah yang satu ini jarang disadari oleh sebagian besar orang.
Gara-Gara Salah Mengolah, 6 Makanan Sehat Ini Justru Bisa Bikin Penyakit
Banyak yang belum tahu jika selama ini cara mereka mengolah makanan sehat ternyata tidak benar sehingga manfaat dari  makanan tersebut pun tidak didapat. Nah, siapa tahu Anda pun salah satunya.

Lantas jenis makanan sehat apa saja yang selama ini disinyalir salah dalam proses pengolahannya tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut.

1. Kentang
Kentang goreng memang memiliki cita rasa yang renyah dan lezat saat dikonsumsi. Namun tahukah Anda ternyata dibalik rasanya yang nikmat, pengolahan kentang dengan cara digoreng ternyata memiliki efek yang tidak baik untuk tubuh karena dapat membuat berat badan meningkatkan dengan cepat.

Para ahli kesehatan lebih menyarankan pengolahan kentang dengan cara di rebus karena selain bisa menurunkan resiko obesitas, kentang rebus juga bisa menurunkan tekanan darah serta mencegah kanker.

2. Brokoli 
Sudah sejak lama brokoli dikenal sebagai jenis sayuran yang menyehatkan dan tinggi akan nilai gizi. Sayangnya, banyak orang merasa kurang nikmat menyantap brokoli  jika tidak digoreng. Padahal sudah jelas, dengan digoreng sebagian besar kandungan nutrisi di dalam sayur mirip pohon ini akan hilang. Para pakar gizi saja menyarankan untuk mengolah sayuran ini dengan cara dikukus karena nutrisi yang didapat akan lebih maksimal.

3. Apel
Jika ingin mengonsumsi apel sebaiknya pilihlah apel yang sudah benar-benar matang. Hal ini sudah pasti karena kandungan asam amino di dalam buah apel yang matang akan lebih tinggi dibanding apel yang belum matang. Kandungan asam amino inilah yang akan membantu tubuh mengeluarkan racun yang dapat menyebabkan penyakit.

4. Bawang Putih
Ketika membubuhkan bawang putih sebagai bumbu masakan, kebanyakan orang akan menghancurkan dan mencincangnya hingga halus. Padahal proses yang seperti ini bisa menghilangkan enzim allicin di dalam bawang putih itu. enzim allicin ini sendiri memiliki manfaat yang sangat baik dalam melindungi sistem kardiovaskular tubuh.

Sebaiknya bentuk bawang putih tetap dipertahankan seperti itu ketika akan dipakai utuk mengolah makanan. Atau Anda bisa memotongnya tapi usahakan jangan sampai terlalu halus agar nutrisi di dalamnya pun tidak hilang.

5. Terung
Jika Anda beranggapan bahwa cara mencuci terong itu sama dengan cara mencuci sayuran pada umumnya, maka Anda sudah salah besar. Terung memiliki senyawa yang mana jika tidak dihilangkan akan membuat tektur dari sayuran ini akan keras dan sedikit kenyal. Karena itu sebelum memasaknya, Anda perlu merendamnya sejenak dengan air garam agar tekstur dari terung tersebut bisa lebih lembut dan menghasilkan cita rasa yang lezat.

6. Yogurt Rasa Buah
Anda tentu sudah tahu jika yogurt memiliki kandungan protein yang tinggi. Namun Anda juga perlu paham, tidak semua jenis yogurt bisa mendatangkan manfaat yang baik untuk tubuh. Sebagai contoh yogurt yang diberi perisa buah.

Jenis yogurt perisa buah ini tidak disarankan karena mengandung pemanis buatan yang tidak baik untuk kesehatan. Sebaiknya jika ingin mengonsumsi yogurt, pilihlah jenis yogurt yang tidak dicampur dengan rasa buah-buahan.

Setelah mengetahui 6 makanan sehat yang seringkali diolah dengan cara salah diatas, tentunya mulai saat ini jangan sampai melakukan kesalahan lagi dalam mengolah makanan. Supaya makanan yang Anda konsumsi tidak hanya memilki rasa yang lezat saja, namun juga tinggi akan kandungan gizi dan nutrisi.

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top