2017-07-09

Ini Dia 4 Jenis Olahraga Sederhana yang Dapat Menyehatkan Badan dan Otak Kita

Empat Jenis Olahraga Ringan dan Sederhana yang Dapat Menyehatkan Badan dan Otak_Kita ketahui bersama bahwa olahraga merupakan salah satu kegiatan positif yang bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan jasmani. Di setiap harinya,  perlu diimbangi dengan olahraga agar tubuh kembali fresh untuk bekerja. Berbagai olahraga yang menyehatkan badan diyakini juga dapat membantu melenturkan otot-otot dalam tubuh kita.
Jenis Olahraga Sederhana yang Dapat Menyehatkan Badan dan Otak
Namun tahukah Anda, jika selain menyehatkan badan, ada beberapa olahraga yang juga sekaligus menyehatkan otak. Sehingga jika jenis olahraga tersebut dilakukan makan badan dan otak akan menjadi sehat berimbang. Nah, penasaran olahraga apa saja yang dimaksud?

Jenis Olahraga yang Menyehatkan Badan Sekaligus Otak
1. Jalan Kaki
Jalan kaki merupakan olahraga sederhana yang dapat Anda lakukan sehari-hari. Luangkan waktu Anda sesekali untuk berpergian jarak dekat dengan berjalan kaki, khususnya di pagi hari. Jalan kaki selain menyehatkan badan, juga termasuk olahraga yang menyehatkan otak.

Berjalan kaki dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga jantung dengan mudah memompa darah yang mengandung oksigen. Hal tersebut membuat aliran darah ke otak menjadi lebih lancar. Sehingga meningkatkan kekuatan otak dan mencegah penyakit Alzheimer. Bahkan, menurut Para Ilmuwan, mengatakan bahwa dengan berjalan kaki akan meningkatkan pusat memori (hippocampus) yang ada di otak.

2. Lari
Kita ketahui bersama bahwa lari merupakan olahraga yang menyehatkan badan. Lari salah satu olahraga yang dapat meningkatkan masa otot dan juga membakar kalori dalam tubuh. Namun, selain menyehatkan badan, lari termasuk olahraga yang menyehatkan otak.

Berdasarkan penelitian para ahli, olahraga lari dapat mempengaruhi fungsi prefrontal dan kognitif seseorang, apabila dilakukan secara konsisten. Berlari juga dapat dapat mempertahankan aliran darah maupun oksigen dalam otak. Ketika asupan oksigen cukup dan peredaran darah lancar, maka akan membuat otak bekerja dengan baik.

Bahkan berdasarkan penelitian University of South Carolina mengungkapkan bahwa latihan jogging atau lari dapat meningkatkan kekuatan otak maupun otot, sehingga tahan terhadap kekelahan. Berlari juga dapat mencegah penyakit Alzheimer serta memperlambat penuaan.

3. Senam
Senam menjadi salah satu olahraga yang sering dilakukan oleh orang-orang. Selain meningkatkan kebugaran, senam merupakan olahraga yang menyenangkan. Apalagi jika diiringi musik-musik favorit Anda. Olahraga ini dapat dilakukan oleh siapa saja, dan bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan badan.

Selain olahraga yang menyehatkan badan, senam sangat cocok bagi Anda yang setiap harinya melakukan aktivitas yang menggunakan otak. Jika otak dibiarkan bekerja setiap saat, tentu akan mengalami kelelahan dan akibatnya kemampuan berpikir menurun. Untuk itu, Anda dapat melakukan senam agar tubuh dan otak kembali fresh.

Senam juga bermanfaat bagi otak, karena dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan berpikir lebih cepat.

4. Bersepeda
Bersepeda merupakan olahraga sederhana yang mudah untuk dilakukan. Bersepeda bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Bersepeda memungkinkan Anda untuk menggerakkan otot, khususnya otot kaki untuk mengayuh sepeda.

Namun, selain bermanfaat bagi kesehatan badan, bersepeda juga termasuk olahraga yang menyehatkan otak. Penelitian para ahli, mengungkapkan bahwa dengan bersepeda maka otak akan memproduksi protein lebih banyak, yang berfungsi mengganti sel-sel otak yang lama menjadi baru, dan bagi para lansia dapat terlihat awet muda.

Bahkan mereka yang rutin melakukan bersepeda dapat meningkatkan mood, menangani strees, dan meredakan kegelisahan. Dengan bersepeda akan meningkatkan hormon dopamine maupun serotonin dalam tubuh yang dapat membuat Anda lebih positif menjalani hidup dan merasa bahagia.

Anda dapat meluangkan waktu sejenak melakukan salah satu dari jenis olahraga di atas, setelah seharian full melakukan aktivitas yang melelahkan.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top