2017-08-10

Ini Hal Buruk yang Akan Terjadi Jika Anda Jarang Mandi

Ini Hal Buruk yang Akan Terjadi Jika Anda Jarang Mandi_Terkadang ada rasa malas untuk bangun pagi dan membersihkan badan, terlebih jika hari itu adalah hari libur.  Apakah Anda juga demikian? Ternyata, aktifitas atau bisa dibilang rutinitas mandi memiliki banyak manfaat buat kesehatan tubuh kita. Bukan sekedar membuat penampilan menjadi rapi dan bersih. Nah, oleh karenanya jika Anda malas mandi, siap-siap saja tertimpa hal buruk ini. Apa sajakah itu?
Enam Hal Buruk yang Disebabkan Oleh Jarang Mandi

Enam Hal Buruk yang Disebabkan Oleh Jarang Mandi 

1. Kesehatan Terganggu
Hal buruk yang pertama adalah gangguan kesehatan, gampang sakit dan mudah untuk tertular penyakit. Tanpa sadar sebenarnya Anda telah melewatkan hal sederhana namun penting yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda, yaitu mandi. Mungkin selama ini Anda masih menganggap mandi tidak penting, namun mandi dapat membersihkan kulit tubuh dari kuman yang menyebabkan penyakit.

2. Mempengaruhi Suasana Hati
Hidup memang akan selalu memiliki masalah baru, namun kadang semua masalah tersebut terasa berat dan membuat depresi hingga menghantui pikiran kamu berhari-hari. Malas mandi sama saja seperti menenggelamkan diri pada stress. Rasa malas-malasan dan frustasi tersebut akan semakin berlipat-lipat. Jika Anda mau segera mengambil handuk dan pergi ke kamar mandi maka tubuh kamu akan mendapatkan sensasi relaksasi yang dapat menyegarkan pikiran Anda. Aroma wangi dari sabun mandi juga dapat membuat lebih bersemangat.

3. Kesehatan Kulit Menurun
Hal buruk berikutnya, ialah kesehatan kulit yang menurun. Jika selama ini kamu menginginkan kulit yang sehat, cerah dan bersinar tapi malas untuk membersihkan tubuh, sama hal nya dengan pungguk yang merindukan bulan. Jika kamu merasa bahwa menggunakan krim dan produk perawatan kulit lain sudah cukup untuk membuat kulit Anda sehat maka kamu tidak menyadari bahwa kulit juga butuh bernafas dan nutrisi yang berupa air.

Manggosok-gosok badan selama Anda mandi cukup ampuh untuk membuat kulitmu beregenerasi kembali. Sehingga kamu mendapatkan kulit baru yang cerah, sehat dan juga bersinar. Selain itu mandi juga dapat memperbaiki jaringan kulit.

4. Tidur Menjadi Tidak Nyenyak
Menunda mandi malam seringkali dilakukan karena alasan kelelahan setelah beraktifitas seharian. Seringkali Anda akan langsung mengganti baju tanpa mandi terlebih dahulu. Secara tidak disadari inilah yang membuat tidur kamu menjadi gelisah dan tidak nyenyak. Bahkan terkadang membuat kamu mendapatkan mimpi buruk yang akibatnya adalah pegal-pegal pada tubuh saat bangun di pagi harinya. Mandi sebelum tidur selain dapat meningkatkan kualitas tidur Anda, juga dapat memperlancar peredaran darah. Apalagi jika Anda mandi dengan menggunakan air hangat, maka otak Anda akan terpicu utnuk memproduksi hormon melatonin yang berfungsi untuk menjaga siklus harian tubuh dan memciptakan sensasi relaksasi yang membuat tidur kamu menjadi lebih nyenyak.

5. Kulit Menjadi Lebih Cepat Keriput
Bukan hanya tubuh Anda yang dapat merasakan haus, tetapi kulit kamu juga bisa merasakan haus dan butuh cairan minum. Jika Anda malas mandi maka dipermukaan kulit kamu akan menumpuk kotoran yang menjadikan kulit Anda menjadi kusam dan banyak kuman. Kulit yang jarang terkena air juga menyebabkan kering dan mudah berkerut. Ini tentunya akan membuat  kamu terlihat lebih tua.

6. Membuat Tubuh Tidak Bersemangat
Malas untuk mandi itu ibaratnya seperti lingkaran setan kemalasan. Semakin malas untuk mandi, maka tubuh Anda juga otomatis menjadi semakin melemah untuk bergerak dan melakukan aktifitas apapun. Tubuh menjadi tidak bertenaga dan rasa kantuk dengan mudah menyerang sepanjang waktu, yang pada akhirnya dapat berujung pada sakit atau flu.

Itulah beberapa hal buruk yang ternyata  dapat menimpa Anda akibat tidak mandi pagi. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat.

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top