2017-05-04

Berbagai Manfaat Jengkol bagi Kesehatan

Berbagai Manfaat Jengkol bagi Kesehatan_Hal pertama yang ada di benak seseorang ketika mendengar kata jengkol pastinya adalah baunya yang sangat tidak nyaman. Oleh karenanya tak heran jika sebagian besar orang secara spontan akan berkata tidak menyukai makanan ini, meskipun mereka belum pernah mencobanya. Nah terlepas dari bau, dan cita rasanya, tenyata jenis makanan ini, memiliki sejumlah khasiat yang kami yakin banyak dari Anda belum mengetahuinya. Nah, apa saja manfaaatnya?
Manfaat Jengkol bagi Kesehatan
Tujuh (7) Manfaat Penting Jengkol yang Belum Banyak Diketahui

1. Mengobati Penyakit Diabetes
Jengkol memiliki zat asam jingkolat dan mineral yang tinggi yang dipAndang mampu digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Namun, hal yang perlu diingat bahwa jika jengkol ini dikonsumsi decara berlebihan akan berbahaya bagi tubuh. Kandungan zat asam jengkolat yang tinggi tidak dapat larut dan membentuk kristal sehingga mempersulit ginjal untuk melakukan penyaringan, akibatnya Anda aan sulit buang air.

2. Membantu Merawat Kesehatan Tulang
Mengkonsumsi jengkol sangat baik untuk kesehatan tulang Anda. Kandungan kalsium yang terdapat pada jengkol di percaya dapat merawat kesehatan tuang Anda. Anda pun akan terhindar dari penyakit osteoporosis yang pada umunya menyerang mereka yang sudah berusia lanjut.

3. Mencegah Penyakit Anemia
Orang yang anemia biasanya kondisi tubuhnya sering drop karena mudah merasa lemah, ketih dan lesu. Nah jika Anda pernah mengalami situasi tersebut Anda bisa mulai mengkonsumsi jenkol sementara waktu supaya kondisi tubuh tetap vit. Nah, sudah tahu dan pernah dengarkah manfaat jengkol tersebut?

4. Memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil
Jengkol juga memiliki cukup banyak manfaat bagi ibu yang sedang hamil. Apa sajakah manfaatnya:

a.Kandungan serat yang dimiliki buah jengkol dapat digunakan untuk mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar.

b. Jengkel meiliki kandungan kalsium dan fosfor yangyang dapat digunakan untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada janin yang masih berada di dalam kandungan ibunya.

c. Jengkol ternyata juga memiliki manfaat dapat menjaga organ-organ penting dalam tubuh dan bagi ibu hamil maka konsumsi makanan jengkol secukupnya dapat mengurangi resiko kecacatan bawaan pada bayi.

5. Membasmi radikal bebas
Seseorang yang terlanjur terkena radikal bebas dan tidak segera ditangani dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit kronis, seperti alzeimer, serangan jantung, stroke atau pun kanker. Nah, zat antioksidan yang terdapat pada jengkol sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas sehingga Anda terhindar dari berbagai penyakit tersebut..

6. Melancarkan sistem pencernaan
Biasanya perut yang buncit terjadi karena pencernaan yang tidak teratur. Nah, Jengkol memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk membentuk perut yang ramping dan tidak buncit.

7. Mampu mengontrol kadar gula darah
Jengkol termasuk salah satu makanan yang memiliki kandungan zat gula yang aman dan mudah terurai. Zat gula tersebut nantinya akan diubah menjadi energi ubuh. Maka stamina Anda pun akan meningkat dan Anda akan semakin merasa semangat untuk melakukan berbagai aktivitas.

Baca juga Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Jengkol dan Pete

Demikian  beberapa manfaat jengkol yang belum banyak diketahui orang. Jika Anda ingin membuktikan khasiatnya maka cobalah untuk mengkonsumsi jengkol secukupnya dan tidak berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, sebagaimana halnya dengan jengkol ini juga. Jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi jengkol, maka Anda bukannya mendapat manfaat, justru efek samping yang berbahayalah yang Anda dapatkan. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top