2017-04-03

Manfaat Penting Sarapan Pagi Buat Para Wanita

Manfaat Sarapan Pagi bagi Kesehatan Wanita_Betapapun pentingnya sarapan pagi, ternyata masih ada saja diantara kita yang mengabaikan ‘ritual’ ini dengan berbagai alasan, entah itu karena sibuk, dikejar-kejar deadline, takut kehabisan waktu, tidak sempat myang dilakikan busllenyiapkan, diet dan berbagai alasan lainnya. Padahal sarapan pagi termasuk dalam pola hidup yang sehat, yang sangat menguntungkan jika dilakukan.
Manfaat Sarapan Pagi bagi Kesehatan Wanita

Biasanya yang paling sering mengabaikan sarapan adalah wanita, khususnya para remaja. Mengapa begitu? Karena banyak wanita yang berkata ‘tidak’ pada sarapan, sebab khawatir jika mereka sarapan program diet akan rusak. Padahal, banyak pakar kesehatan ataupun pakar diet, yang justru menganjurkan untuk tetap sarapan di pagi hari.
So, jika Anda adalah termasuk wanita yang anti sarapan, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut manfaat sarapan pagi buat wanita, yang sebaiknya Anda tahu.

1.Membantu Menjaga Berat Badan
Wanita yang melewatkan sarapan pagi biasanya cenderung merasa lapar dengan cepat sehingga begitu mereka melihat makanan, mereka juga cenderung makan dalam porsi yang banyak. Akibatnya, kadar gula darah akan naik dan otomatis berat badan pun akan naik.
Sebaliknya, jika seorang wanita tidak melewatkan sarapan paginya, sistem metabolismenya cenderung lebih stabil, sehingga proses pembakaran kalori bisa berlangsung dengan efektif sepanjang hari.
Selain itu, jangan khawatir perut akan menjadi gendut karena sebenarnya sarapan juga akan mencegah seorang wanita dari mengkonsumsi junk food yang kita ketahui jenis makanan seperti itulah yang justru berpotensi meningkatkan berat badan.

2.Membantu Meredakan Gejala Premenstruasi
Wanita juga identik dengan tamu bulanan, dan setiap tamu bulanan itu datang tentu wanita akan merasakan gejala premenstruasi atau PMS. Nah, sarapan pagi bisa membantu merdakan gejala PMS yang berpotensi membuat si wanita tidak nyaman.
Selain itu, jika wanita selektif dalam memilih menu sarapan paginya, sarapan pagi ini bisa membantu mencegah penyakit anemia dan membantu pembentukan hemoglobin.

3.Sangat Membantu bagi Wanita yang Sedang Memprogram Kehamilan
Nah, untuk manfaat yang ketiga ini bahkan sudah didukung oleh sebuah penelitian yang beberapa waktu lalu dimuat di Clinical Science. Penelitian ini menghasilkan fakta baru bahwa seorang wanita yang mengkonsumsi setengah dari total kalori yang dibutuhkan tubuh saat sarapan pagi bisa memicu peningkatan kesuburan pada perempuan.
Jadi, jika ada seorang wanita yang tengah memprogram kehamilan, ada baiknya untuk memperhatikan sarapan pagi dan menjadikan sarapan pagi sebagai ‘ritual’ yang wajib dilakukan setiap paginya. Meskipun rasanya sedikit tidak masuk akal, toh tidak ada salahnya untuk dipertimbangkan bukan?

4.Membantu Menjaga Mood dan Konsentrasi
Wanita yang tampil dalam kondisi mood yang baik, tampak enerjik dan wajahnya selalu dihiasi senyum akan terlihat lebih cantik bukan? Nah, manfaat sarapan pagi dalam menjaga mood juga sudah dibuktikan oleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang tidak melewatkan sarapan paginya memiliki mood yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan pagi.
Bukan hanya mood saja yang bisa ‘dijaga’ oleh sarapan pagi, tapi konsentrasi otak juga, karena bagaimanapun otak membutuhkan asupan energi supaya bisa berpikir dan berkonsentrasi dengan baik. Sarapan pagi ini bisa diistilahkan sebagai ‘bahan bakar’ otak supaya otak tetap bekerja dengan baik.

Nah, itulah ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai 4 manfaat sarapan pagi buat wanita. Jadi, setelah membaca ulasan diatas apakah Anda masih tetap mengabaikan sarapan pagi ?

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top