2017-11-13

Penyebab Selulit dan Cara Mengatasinya

Berbagai Penyebab Selulit_Selulit merupakan masalah yang hampir setiap wanita memilikinya. Bukan hanya terjadi pada wanita yang sudah melahirkan saja, selulit juga dapat terjadi pada wanita dewasa dan bahkan remaja. Selulit merupakan gumpalan-gumpalan kecil pada kulit akibat terhambatnya lemak yang mengalir melalui darah dalam tubuh. Selulit biasanya berbentuk seperti kulit jeruk Sunkist. Pada wanita yang telah berumur biasanya selulit keluar seperti urat halus berwarna kehijauan atau kemerahan. Lantas, apa sebenarnya penyebab selulit? Berikut penjelasannya.
Penyebab Selulit dan Cara Mengatasinya
Penyebab Selulit:

1. Faktor hormonal
Beberapa ahli menyebutkan bahwa masalah selulit pada wanita dapat disebabkan faktor hormonal dalam tubuh wanita. Beberapa jenis hormon yang mempengaruhi perkembangan selulit antara lain adalah hormon estrogen, hormon insulin, hormon tiroid, hormon prolactin dan hormone noradrenalin.

2. Genetika
Faktor genetika juga dapat menjadi penyebab munculnya selulit pada kulit Anda. Jadi jika Anda memiliki ibu ataupun anggota keluarga yang mengalami masalah selulit maka kemungkinan Anda akan mengalami hal yang sama pula.

3. Pola hidup
Penyebab lain munculnya selulit adalah akibat posisi duduk ataupun berdiiri yang dilakukan pada posisi sama dan dalam jangka waktu yang sama pula. Selain itu, merokok juga dapat menjadi penyebab munculnya selulit pada kulit Anda. Hal ini dikarenakan rokok dapat melemahkan kulit sehingga tersumbatnya kapilar yang dapat merusak kelenjar-kelenjar di dalamnya.

4. Faktor makanan
Beberapa jenis makanan dapat menjadi pemicu timbulnya selulit pada tubuh Anda. Jenis makanan tersebut antara lain :

a. Makanan manis
Makanan yang banyak mengandung campuran gula dapat memberikan dampak negatif salah satunya adalah memicu munculnya selulit. Makanan yang kaya akan gula dapat menyebabkan metabolisme dan sistem organisme dalam tubuh menjadi terhambat.

Hal ini dapat membuat kerusakan permanen pada tingkat sel yang ada di dalam jaringan tubuh. Untuk itu, lebih Anda mengkonsumsi makanan-makanan manis sesuai dengan aturan dan takaran setiap harinya.

b. Makanan Asin
Makanan yang memiliki rasa asin selain dapat meningkatkan tekanan darah didalam tubuh Anda juga dapat menjadi pemicu timbulnya selulit. Untuk membatasi konsumsi makanan-makanan asin Anda dapat menggunakan garam beryodium dalam masakan Anda, mengurangi konsumsi telur asin dan menjaga keseimbangan dengan minum air putih setiap harinya.

Jika kandungan garam didalam tubuh terlalu besar maka akan membuat resistensi cairan yang terdapat pada garam mengendap dan memperburuk munculnya selulit.

c. Junk food
Junk food menjadi penyebab kuat munculnya selulit pada tubuh Anda. Hal ini dikarenakan tubuh tidak bisa langsung mencerna makanan tersebut sehingga akan memecah makanan dan menimbunnya pada lapisan bawah kulit.

d. Alk0h0l
Dalam alk0h0l terdapat senyawa-senyawa berbahaya yang dapat memberikan dampak negatif pada tubuh Anda. Tingkat kalori  dan racun yang cukup tinggi dapat merusak jaringan sel-sel otak bahkan sel-sel kulit.

5. Stress berlebihan
Stress dapat menjadi penyebab munculnya selulit. Hal ini dikarenakan stress dapat menghambat proses detoksifikasi yang akan membuat racun-racun dari sisa metabolism didalam tubuh untuk keluar. Stress dan kurangnya istirahat bisa menyebabkan otot menjadi tertekan dan menghalangi kelenjar-kelenjar tersebut dan mencegah pembuangan sisa metabolisme.

6. Bentuk tubuh
Pada wanita, jaringan yang berada di perut bagian bawah dan panggul sangat longgar sehingga membuat lemak dapat mudah menyusup didalam jairngan tersebut. Inilah mengapa selulit dapat mudah timbul didaerah bagian paha, pinggang, bokong, perut, dan lengan bagian atas.

Selulit juga lebih banyak terjadi pada wanita karena kulit wanita yang lebih tipis dan kurang elastis serta kandungan lemak yang lebih banyak. Tidak hanya wanita yang mengalami kegemukan dan obesitas saja yang dapat terkena selulit, Anda yang memiliki badan yang kurus sekalipun juga dapat mengalami selulit.

Selanjutnya baca Cara Mudah Menghilangkan Selulit

Nah itu tadi berbagai penyebab yang dapat menjadi pemicu timbulnya selulit pada tubuh Anda. Pastinya Anda tidak ingin mengalami hal ini bukan? Anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan sehat, olahraga yang teratur, ubahlah gaya hidup Anda menjadi lebih baik lagi. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top