2017-05-16

Cara Membuat Jus Buah Naga

Cara Membuat Jus Buah Naga_Siapa yang tidak mengenal buah naga. Buah yang mempunyai bentuk khas, mirip nagasebenarnya buah naga ini saat ini begitu digandrungi. Pasalnya, selain segar dan nikmat, terlebih jika dijadikan jus, buah naga juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan digadang bisa menyembuhkan berbagai penyakit kronis jika dikonsumsi secara rutin.
Cara Membuat Jus Buah Naga
Menurut sejarahnya, buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah-buahan satu ini merupakan buah hasil persilangan dari beberapa jenis kaktus seperti kaktus jenis Selenicereus dan Hylocereus.

Meskipun berasal dari dataran Amerika dan Meksiko, Anda tetap dapat menjumpainya dengan mudah di beberapa lapak pedagang baik di pasar tradisional hingga swalayan.

Banyak negara di Asia sudah mulai membudidayakan buah keluarga kaktus-kaktusan ini terutama Indonesia, bahkan Anda juga dapat menemukan buah ini di Australia hingga Israel. Hal tersebut disebabkan karena tanaman naga dapat beradaptasi di daera mana saja, terutama di daerah yang beriklim tropis atau panas. Karena masuk dalam keluarga Hylocereus, maka tanaman ini hanya akan mekar pada malam hari saja.

Penduduk Vietnam dan China percaya bahwa buah naga merupakan buah yang dapat membawa berkah, maka dari itu orang-orang China selalu meletakkan buah naga di atas meja altar. Karena warna dan bentuknya yang mencolok itulah  yang membuatnya dikenal sebagai Thang Loy yang diartikan oleh orang-orang inggris menjadi Dragon Fruit (buah naga).

Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya bagi Kesehatan.
Tak hanya manis dan enak, ternyata buah naga mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh manusia. Buah naga mengandung vitamin A, Vitamin B kompleks dan vitamin C, serta  karbohidrat, serat, mineral, dan protein.

Kandungan vitamin C dalam buah naga cukup tinggi, seperti yang Anda ketahui bahwa vitamin C juga berperan sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri bermanfaat untuk menetralkan radian bebas penyebab mumculnya sel kanker serta mencegah penuaan dini.

Anda akan merasa kenyang dalam waktu lama karena kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya, sehingga buah ini sangat cocok bagi Anda yang saat ini sedang dalam atau sedang merencanakan untuk berdiet.  Selain karbohidrat, buah naga juga mengandung serat yang baik bagi pencernaan Anda.

Mineral dan protein adalah kandungan nutrisi yang ada dalam buah naga selanjutnya. Mineral bermanfaat untuk memperkuat tulang dan protein sendiri bertujuan untuk menigkatkan sumber energi tubuh dan serta mendetox tubuh dari zat-zat berbahaya dalam tubuh seperti racun.

Membuat Jus Segar dari Buah Naga
Karena rasanya yang manis, kebanyakan orang-orang akan memakan buahnya langsung setelah dipotong-potong, namun tak ada salahnya jika Anda mengolahnya menjadi minuman yang segar nan menyehatkan

Pertama siapkan dulu alat dan bahan yang dibutuhkan
Alat yang diperlukan:
  • blender
  • pisau
  • gelas, dan
  • sendok makan
Bahan-bahannya:
  • 1 buah, buah naga ukuran sedang
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 sdm madu
  • susu kental manis secukupnya
  • air dan es batu secukupnya
Cara Membuat Jus Buah Naga
  1. Belah buah naga, ambil daging buahnya, lalu potong-potong
  2. Masukkan potongan daging buah, air, es dan gula kedalam blender. Lalu nyalakan blender
  3. Sambil terus diblender, tambahkan madu dan susu kental manis
  4. Blender hingga smooth (lembut), cek rasa
  5. Hidangkan dalam gelas, sajikan
Tidak akan ada efek apa-apa jika kita ikut memakan biji-biji kecil dari buah naga tapi berefek pada air seni ketika Anda buang air kecil. Namun Anda tidak perlu khawatir karena efek merah tersebut karena pigmen merah yang ada pada buah naga.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top