2017-08-24

Cara Mengolah Daun Sirsak untuk Obat Kanker

Cara Mengolah Daun Sirsak untuk Obat Kanker_Penyakit kanker dikenal sebagai salah satu penyakit mematikan yang sampai detik ini belum memiliki obat ampuh untuk menyembuhkannya. Umumnya, penderita kanker akan melakukan beberapa tahapan pengobatan medis seperti kemoterapi, operasi pengangkatan sel kanker, dan immunoterapi (peningkatan daya tahan tubuh). Walaupun demikian, tindakan medis yang telah dilakukan tidak seluruhnya dapat melumpuhkan sel kanker pada tubuh pasien.
Cara Mengolah Daun Sirsak untuk Obat Kanker
Dari sekian lamanya proses penyembuhan sel kanker, semangat para pasien untuk sembuh juga semakin tinggi. Kini, pengidap kanker tidak hanya mengandalkan cara medis untuk sembuh. Banyak dari mereka juga melirik cara-cara tradisional atau alami seperti pemanfaatan tumbuhan dari lingkungan sekitar.

Salah satu tumbuhan yang dipercaya dapat menolong penderita kanker yaitu pohon sirsak. Selama ini kita hanya memanfaatkan buah dari pohon sirsak untuk dikonsumsi sebagai manisan ataupun campuran minuman. Padahal, daun sirsak yang sering diabaikan begitu saja justru memikili khasiat luar biasa untuk mengobati penyakit kanker.

Kandungan dalam daun sirsak
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, daun sirsak mengandung banyak senyawa penting seperti asam linoleat, caclourine, asam gentisit, annocatacin, acetogenins, dan annocatalin.

Senyawa-senyawa tersebut sudah terbukti termasuk ke dalam senyawa yang diperlukan untuk membunuh sel kanker.

Satu dari enam senyawa yang paling berperan aktif untuk melawan sel kanker adalah asam linoleat dengan kandungan antioksidan tinggi yang dapat menurunkan kadar lemak jahat sebagai pemicu kanker payudara, kulit, dan usus.

Sedangkan sisa senyawa lainnya juga tidak kalah ampuh untuk membantu penyembuhan sel kanker prostat, serviks, paru-paru, dan pankreas.

Dengan demikian, keberadaan daun sirsak sudah terbukti sebagai salah satu cara alternatif untuk menyembuhkan kanker.

Pengolahan daun sirsak untuk obat kanker
Proses pengolahan daun sirsak sebagai obat kanker tidak begitu rumit, hanya saja kita dituntut untuk telaten dan sabar. Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk pengolahan daun sirsak, diantaranya:
  1. Ambil 10 – 15 lembar daun sirsak, lalu cuci hingga bersih. Sebagai catatan, daun sirsak yang digunakan untuk obat adalah daun sirsak yang berada di dekat pucuk (5 baris daun pertama di dekat pucuk). Pilihlah daun yang masih bagus, tidak berlubang ataupun berbintik hitam.
  2. Rebus 3 gelas air (±600 ml). Ketika air sudah hampir mendidih, masukkan daun sirsak ke dalam rebusan air dan diamkan hingga air setengah menyusut.
  3. Minumlah sisa air rebusan daun sirsak tersebut pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Usahakan air rebusan masih dalam kondisi hangat. Anda bisa membuat air rebusan lebih banyak lalu menyimpannya ke dalam termos.
Selain cara di atas, untuk Anda yang ingin menyetok olahan daun sirsak lebih banyak dan cepat saji, Anda bisa menggunakan cara berikut:
  1. Ambil daun sirsak sesuai dengan keinginan, lalu cuci bersih.
  2. Letakkan daun sirsak di atas kertas atau tempat kering lalu simpan di dalam ruangan hingga mengering. Jangan meletakkan daun sirsak di bawah sinar matahari karena akan merusak kandungan senyawa di dalamnya.
  3. Setelah beberapa hari daun sirsak yang mengering bisa langsung ditumbuk halus.
  4. Hasil tumbukan daun sirsak bisa digunakan kapan saja untuk diseduh dengan air hangat. Pastikan hasil tumbukan disimpan di tempat yang sejuk dan bersih agar tetap steril.
Olahan daun sirsak untuk mengobati kanker harus diminum secara rutin. Normalnya, ramuan ini dapat dikonsumsi 2 kali dalam sehari. Mungkin rasa dari olahan daun tersebut tidak begitu enak, namun niatkan semuanya untuk kesembuhan Anda. Selamat mencoba!
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top