2017-05-04

Dampak Positif dan Negatif Mengonsumsi Telur Asin

Dampak Positif dan Negatif Makan Telur Asin bagi Kesehatan _Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang bercita rasa lezat, bergizi tinggi dan mudah dicerna. Dan tentunya telur dapat diperoleh dengan harga yang cukup terjangkau, bahkan untuk kalangan bawah sekalipun. Selain dapat dimanfaatkan sebagai lauk pauk, tepung telur, bahan pencampur berbagai makanan, telur juga dapat diolah menjadi telur asin. Nah berbicara mengenai telor asin, saya yakin banyak hal yang belum Anda ketahui. Daripada penasaran, yuk kita simak bersama informasi selengkapnya.
Dampak Positif dan Negatif Makan Telur Asin bagi Kesehatan
Dampak Positif dan Negatif Mengonsumsi Telur Asin bagi Kesehatan

A. Dampak Positif Mengonsumsi Telur Asin 
Banyak manfaat yang diperoleh dengan mengkonsumsi telur asin. Apa saja dampak positif dari mengkonsumsi telur asin tersebut? Berikut ulasannya:

1. Telur Asin dapat Menghasilkan Energi dalam Tubuh
Telur asin memiliki banyak kandungan lemak, protein dan karbohidrat. Protein yang terkandung dalam telur asin adalah jenis protein yang memiliki kualitas tinggi. Setiap butir telur asin memiliki kandungan protein sebanyak 9 gram. Telur asin juga mengandung lemak sebanyak 9,6 gram dan karbohidrat sebanyak 1 gram. Semua kandungan nutrisi tersebut mampu menghasilkan energi bagi tubuh kita.

2. Telur Asin dapat Menjaga Kesehatan Penglihatan dan Meningkatkan Fungsi Sel Darah merah 
Telur asin juga memiliki banyak kandungan Vitamin A dan Vitamin B 12. Vitamin A berperan dalam pembentukan sel baru, menjaga kesehatan jaringan tubuh dan penglihatan yang baik. Dalam sebutir telur asin, vitamin A yang terkandung di dalamnya sebanyak 4,7 miligram sedangkan untuk vitamin B12 yang terkandung dalam telur asin sebanyak 3,8 miligram. Jumlah tersebut sudah melebihi asupan yang direkomendasikan dunia kesehatan.

3. Telur Asin dapat Menjaga Kekebalan Tubuh
Kandungan Selenium dalam telur asin berperan dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh sert membantu proses pembentukan kelenjar tiroid. Selain itu telur asing juga mengandung zat besi yang bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah, mengangkut oksigen dan membantu tubuh dalam memproduksi energi. Setiap butir telur asin mengandung 2,7 miligram zat besi yang mampu memenuhi asupan harian tubuh Anda. Telur asin juga  mengandung selenium sebanyak 25,5 miligram yang memenuhi 46 persen dari kebutuhan harian Anda.

B. Dampak Negatif Mengonsumsi Telur Asin 
Bukan hanya berdampak baik, ternyata telur asin juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh kita. Apa sajakah dampaknya buruknya itu?

1. Telur Asin Menyebabkan Kolesterol Tinggi 
Setiap telur asin mengandung 619 miligram kolesterol. Kandungan kolesterol dalam telur asin jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan kolesterol dalam telur ayam. Untuk menjaga kesehatan Anda, sebaiknya konsumsilah telur asin dengan jumlah yang dibatasi.

Bagi penderita jantung, kolesterol tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan.  Saat mengkonsumsi telur asin, Anda bisa menyandingkan menu telur asin dengan makanan-makanan lain yang kaya serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain itu, konsultasikan kesehatan Anda pada dokter atau tim medis Anda jika sensitif terhadap koleterol tinggi.

2. Telur Asin Berbahaya bagi Penderita Darah Tinggi
Telur asin biasanya mengandung banyak garam dalam proses pengolahannya. Garam memiliki kandungan natrium yang sangat tinggi. Asupan garam yang berlebihan akan berakibat buruk bagi tekanan darah. Ini sangat berbahaya bagi penderita darah tinggi. Sebaiknya batasi mengkonsumi telur asin dalam jumlah yang berlebihan  agar tekanan darah stabil.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, sebaiknya perhatikan dengan teliti sebelum mengkonsumsi telur asin. Waspadailah telur asin palsu. Pastikan bahwa telur asin yang akan Anda konsumsi adalah telur asin asli. Telur asin asli bebas dari bahan kimia, tanpa perwarna dan zat-zat pengawet lainnya yang membahayakan tubuh. Dan tentunya, walaupun telor asin asli, tetap konsumsi dalam porsi yang wajar saja.

Demikian tentang Manfaat dan Bahaya Makan Telur Asin. Semoga bermanfaat.

Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top