2017-05-05

Dampak Positif dan Negatif Mengonsumsi Minuman Bersoda

Dampak Positif dan Negatif  Mengonsumsi Minuman Bersoda_Memang tak bisa dipungkiri jika rasa minuman bersoda sangatlah menggugah selera, sehingga tak heran jika banyak orang menggandrungi minuman ini. Terlebih jika saat siang hari kala cuaca sedang terik, kita disuguhi minuman bersoda dingin yang baru keluar dari kulkas. Hmm, sepertinya siapapun tak kuasa untuk menolaknya. Namun, pernahkan Anda menyadari apa dampak yang ditimbulkan setelah mengonsumsi minuman tersebut? Nah, untuk lebih jelasnya silakan simak informasi berikut.
Dampak Positif dan Negatif Minuman Bersoda
Dampak Positif dan Negatif  Minuman Bersoda

A. Dampak Positif Mengonsumsi Minuman Bersoda
Dunia kedokteran mengungkapkan bahwa minuman bersoda mampu mengatasi kondisi yang dikenal dengan istilah Gastic Phytobezoar atau penyumbatan lambung. Jika tidak segera diobati, penyumbatan lambung akan mengakibatkan terjadinya usus buntu.

Penyakit ini biasanya muncul akibat beberapa jenis buah yang sulit dicerna dengan baik seperti buah kesemek yang sangat mudah menimbulkan sumbatan dalam sistem pencernaan. Untuk mengatasi masalah tersebut, berbagai jenis perawatan  seperti endoskopi, laser hingga operasi sering dilakukan dunia medis.

Dengan mengonsumsi minuman bersoda, penyumbatan lambung dapat diatasi tanpa harus melakukan operasi besar. Berdasarkan kutipan Antaranews.com, hasil penelitian University of Athens menunjukkan bahwa minuman bersoda mampu mengobati penyumbatan lambung hingga 90 persen. Hal ini  dikarenakan minuman soda memiliki kandungan bahan kimia yang memiliki cara kerja yang sama dengan asam lambung yaitu mampu mencerna makanan. Ulasan jurnal Alimentary Pharmacology and Therapeutics juga mengungkapkan bahwa gelombang soda pada minuman tersebut berperan memperlancar proses pencernaan.


B. Dampak Negatif Terlalu Banyak Mengonsumsi Minuman Bersoda
Selain berdampak positif, minuman bersoda juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan kita, diantaranya ialah:

1. Minuman Bersoda Menyebabkan Kulit Keriput
Mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan dapat mengakibatkan penuaan pada kulit secara lebih cepat. Ini akan membuat wajah terlihat lebih tua dari usia sesungguhnya. Sebaiknya batasilah mengonsumsi minuman bersoda agar kulit Anda tidak mudah keriput.

2. Minuman Bersoda Menyebabkan Gigi dan Tulang Mudah Kropos
Minuman air soda secara berlebihan juga mengakibatkan Osteoporosis. Kandungan asam sulfat di dalam minuman bersoda menyebabkan perkembangan tulang semakin lambat. Selain itu mengonsumsi soda secara berlebihan juga menyebabkan erosi gigi. Asam nitrat pada minuman bersoda sangat berbahaya bagi pemilik gigi sensitif.

3. Minuman Bersoda Menyebabkan Penyakit Asam Urat 
Minuman bersoda memiliki banyak kandungan gula fruktosa. Kandungan gula fruktosa dalam minuman bersoda dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah yang memicu timbulnya penyakit asam urat. Bagi penderita asam urat, hindarilah mengonsumsi minuman bersoda terlalu berlebihan.

4. Minuman Bersoda Menimbulkan Kerusakan Otak
Minuman bersoda dapat menimbulkan kerusakan otak jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini disebabkan oleh senyawa kimia yang terkandung di dalamnya.

5. Minuman Bersoda Dapat Merusak Organ dalam Tubuh 
Senyawa kimia dalam minuman bersoda juga dapat menyebabkan kerusakan paru-paru dan resiko terkena asma. Selain itu,seseorang memiliki resiko terkena kanker pankreas 2 kali lipat karena mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan. Pankreas berperan penting dalam menghasilkan insulin yang membantu sel otot membakar gula dan menghasilkan bahan bakar.  Apabila pankreas tidak berfungsi dengan baik maka akan menimbulkan kerusakan organ tubuh kita

6. Minuman Bersoda Dapat Merusak Rahim
Ibu hamil memiliki resiko besar terkena pre-eklampsia jika mengonsumsi minuman soda setiap hari. Pre-eklempsia ditandai dengan melambatnya perkembangan pembuluh darah di plasenta sehingga transfer nutrisi dan asupan oksigen ke bayi akan semakin berkurang.

Nah, setelah mengetahui dampak positif dan negatif yang ditimbulkan dari mengonsumsi minuman bersoda, sebaiknya mulai saat ini konsumsi minuman ini secara bijak ya. jangan berlebihan.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top