2017-05-27

Membuat Ramuan Teh dan Jus kulit Manggis di Rumah

Kebanyakan orang akan membuang kulit buah-buahan yang mereka konsumsi karena mereka berpikir bahwa hanya daging buahnya saja yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun tak semua kulit buah tidak bermanfaat, salah satunya adalah kulit buah manggis. Dari hasil penelitian, ternyata buah hitam manis ini kaya akan manfaat mulai daging hingga kulitnya buahnya, jadi tidak heran jika buah satu ini dijuluki sebagai ratu segala buah.

Meskipun memiliki rasa yang pahit namun khasiatnya bagi kesehatan sangantlah luar biasa dan terbukti mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti kolesterol, tekanan darah tinggi dan kanker. Selain bermanfaat pada kesehatan, kulit buah manggis juga bermanfaat terhadap kecantikan karena kandungan senyawa xanthone dan zat antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis. Untuk memperoleh khasiat-khasiat tersebut Anda dapat mengkonsumsi kapsul ekstrak kulit manggis atau membuat jus kulit manggis sendiri.

Manfaat dari Kulit Manggis 

Bukan tanpa alasan kulit buah manggis dinamakan sebagai ratu segala buah (queen of fruit) bahkan dengan mengkonsumsi ekstrak atau minuman teh dan jus kulit manggis secara tradisional dapat mengobati penyakit kronis yang masih belum ada obat medisnya tanpa menimbulkan efek samping yang membahayakan. Berikut kami jabarkan beberapa manfaat yang Anda peroleh dengan mengkonsumsi kulit manggis:

1. Mencegah dan Mengobati Kanker
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kulit manggis berkhasiat agar mencegah tumbuhnya sel kanker dan dengan mengkonsumsi kulit manggis juga mampu menghancurkan sel kanker yang telah tumbuh dalam tubuh. hal itu karena sifat anti proliferasi danapoptosis yang berfungsi sebagai senjata pemusnah massal pada penyakit kanker. Diantara ramuan-ramuan yang dapat mengobati sel kanker, kulit manggislah yang terbukti paling efektif dalam mencegah dan mengobati kanker.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Selain mencegah dan mengobati penyakit kanker, ternyata  dengan mengekstrak atau mengolahnya menjadi jus kulit manggis juga bermanfaat untuk menstabilkan kesehatan jantung Anda. Selain menstabilkan kesehatan jantung agar tetap sehat, itu juga dapat menghindarkan kita dari bahaya penyakit jantung lainnya. Kulit manggis juga dipercaya dapat mencegah terjadinya arteriosclerosis, memperkuat peredaran pembulu darah, serta dapat menurunkan kolesterol lemak jahat dalam darah.

3. Bermanfaat untuk Pencernaan
Dengan mengolah dan mengkonsumsi jus kulit manggis juga mampu membantu melancarkan pencernaan Anda agar bersih dan berfungsi secara normal kembali. Sebenarnya  masih ada banyak lagi khasiat kulit manggis bagi kesehatan lainnya seperti menurunkan berat badan, memperbaiki sel yang rusak, membantu memperbaiki kerusakan pada syaraf, memperkuat sistem imun tubuh, memperlancar siklus haid pada wanita dan lain lain.

Cara Mudah Membuat Teh dan Jus Kulit Manggis di Rumah

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat teh dan jus kulit manggis sendiri, kami akan membagikan resep dan cara membuat olahan minuman dari kulit manggis tersebut.

Teh Kulit Manggis
Seperti yang Anda ketahui bahwa buah manggis merupakan buah musiman sehingga susah untuk mendapatkannya jika sedang tidak musim. Namun Anda tidak perlu khawatir, Anda tetap dapat membuat ramuan teh dari ratunya buah ini, caranya yaitu kumpulkan kulit-kulit manggis saat sedang musimnya lalu cuci bersih dan potong kecil-kecil, lalu keringkan dibawah sinar matahari sampai benar-benar kering.

Setelah kering, Anda dapat mengolahnya menjadi teh kulit manggis. Caranya yaitu seduh kulit manggis kering dengan air, dan tambahkan gula atau madu sesuai selera. Simpan sisa kulit di tempat yang kering dan tidak lembab.

Jus Kulit Manggis
Jus Kulit Manggis
Anda tidak perlu menjemurnya untuk membuat jus kulit manggis, Anda hanya perlu menyiapkan 2 buah kulit manggis lalu cuci bersih, kerok daging kulitnya dan jangan sampai kulit terluarnya ikut karena akan memberi rasa pahit. Blender dengan menggunakan air putih, gula atau madu, dan es batu secukupnya. Blender hingga halus, lalu sajikan.

Bagi segelintir orang, mengkonsumsi jus kulit manggis dapat memberi efek samping seperti muntah-muntah dan diare. Oleh sebab itu konsumsilah ramuan kulit manggis dalam jumlah sedikit perharinya, kemudian secara bertahap tambahkan sedikit demi sedikit.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top