2017-05-18

Manfaat Keripik Melinjo dan Cara Membuat Emping Melinjo

Manfaat Emping/Keripik Melinjo_Pastinya semua sudah tak asing dengan tanaman melinjo. Tanaman ini mempunyai ciri khas daging buah terbungkus oleh kulit bagian luar yang biasanya berwarna hijau hingga kemerah-merahan. Seperti halnya dengan tanaman berbiji terbuka lainnya, dalam melinjo mengandung mineral, lemak, protein, dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh.
Keripik Melinjo
Bagian kulit melinjo yang  kemerah-merahan mengandung karotenoid, fenolik, dan vitamin C sebagai salah satu sumber antioksidan alami. Mulai dari daun melinjo hingga buah melinjo dapat dimanfaatkan masyarakat baik sebagai bahan campuran masakan maupun dijadikan sebagai kudapan ringan. Sedangkan buah melinjo sendiri dapat diolah menjadi keripik melinjo atau yang dikenal dengan emping melinjo.

Keripik melinjo memiliki rasa agak pahit, inilah yang menjadikan keripik melinjo berbeda dari lainnya. Akan tetapi tanaman ini banyak mengandung purin yang kurang baik bagi penderita asam urat dan darah tinggi. Terlepas dari kandungan purin yang tinggi, melinjo diyakini dapat mendatangkan hal baik bagi tubuh kita. Nah, apa sajakah hal baik yang dimaksud?

1. Membantu Peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh 
Seperti halnya tanaman jenis kacang-kacangan lainnya, melinjo juga mengandung antioksidan alami. Antioksidan inilah yang dapat meningkatkan daya kekebalan tubuh kita dan sebagai pelindung dari radikal bebas.

2. Meningkatkan Daya Ingat 
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jepang, tanaman yang mempunyai ciri khas pahit dan gurih ini, secara evolusi masih dekat dengan tanaman Ginkgo Biloba. Tanaman Ginkgo dipercaya sebagai tonik otak. Tidak mengherankan jika kemudian tanaman melinjo dipercaya juga sebagai makanan yang dapat meningkatkan daya ingat.

3. Pengawet Alami 
Kandungan flavonoid pada buah melinjo dapat dijadikan sebagai bahan pengawet alami makanan. Kandungan flavonoid inilah yang dapat memperlambat pertumbuhan bakteri pada makanan tertentu dan tentunya aman digunakan.

Kandungan dan manfaat melinjo tak perlu lagi kita ragukan. Jika mengonsumsi melinjo tidak melebihi batas, tentunya manfaat buah melinjo dapat kita rasakan. Lalu bagaimanakah cara membuat keripik melinjo? Atau membuat sambal pedas manis berbahan dasar melinjo? Nah, berikut proses pembuatan keripik melinjo.

Cara Membuat Keripik Melinjo 
1. Kupaslah kulit lunak bagian luar buah melinjo
2. Sangrai buah melinjo yang telah dikupas
3. Setelah disangrai, proses berikutnya memipihkan buah melinjo dengan palu
4. Untuk memperoleh keripik melinjo yang besar, kita dapat memipihkan 2-3 buah melinjo sekaligus
5. Tahap terakhir proses penjemuran di bawah sinar matahari langsung.
Proses penjemuran ini memerlukan waktu 2-3 hari, tahap inilah yang mempengaruhi kualitas keripik melinjo. Keripik melinjo dapat tahan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid pada tanaman  Gnethum gnemon L.

Cara Membuat Keripik Emping Sambal Manis 
1. Siapkan keripik melinjo siap pakai  (350 gr)
2. Siapkan bumbu masakan seperti;  bawang putih (5 siung), daun jeruk (3 lembar), serai (1 batang), daun salam (3 lembar), lengkuas (3cm), bawang merah (8 butir), cabe merah kering (secukupnya), gula merah, gula pasir dan air serta garam (secukupnya)
3. Tumis bumbu yang dihaluskan (bawang merah, bawang putih, cabe kering) dengan sedikit minyak hingga harum.
4. Masukkan daun salam, serai, lengkuas dan daun jeruk, aduk perlahan hingga layu. Ketika sudah layu, tambahkan sedikit air hingga bumbu mengental.
5. Masukkan emping melinjo yang sebelumnya telah digoreng.
6. Setelah dingin, simpanlah di tempat yang kedap udara untuk menjaga kerenyahan keripik melinjo sambal.

Keripik melinjo dapat dijadikan sebagai cemilan maupun dikreasikan menjadi aneka masakan. Tertarik ingin mencoba? Namun hal yang perlu kita ingat untuk tidak mengonsumsi keripik melinjo dalam jumlah yang banyak, terutama bagi penderita asam urat. Selamat mencoba dan menikmati keripik melinjo dengan ragam manfaatnya.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top