2017-07-09

Kandungan dan Manfaat Buah Melon

Apa saja kandungan dan manfaat buah melon?_Pastinya semua orang sudah familiar dengan buah melon, namun tidak banyak orang yang menyadari bahwa buah melon memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Buah manis  dengan nama latin Curcumis melo ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C bahkan dengan kadar yang cukup tinggi.
Manfaat Buah Melon
Selain vitamin C, buah yang termasuk dalam keluarga labu-labuan ini juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak sehingga sangat cocok jika dikonsumsi sehari-hari baik dimakan langsung maupun dijadikan minuman yang menyegarkan dikala siang hari yang terik.

Namun karena kandungan airnya yang cukup banyak, jarang sekali kita menjumpai olahan masakan yang menggunakan bahan dasar buah ini.

A. Kandungan Melon
Apa saja kandungan buah melon?
Bebeberapa kandungan nutrisi yang ada pada buah melon antara lain:

1. Vitamin
Seperti yang telah Anda ketahui diatas, buah musiman yang satu ini kaya akan vitamin C, akan tetapi buah melon tak hanya memiliki vitamin C saja, ada juga vitamin A yang berperan untuk menjaga mata, gigi, tulang, dan juga gigi.

2. Antioksidan
Sama halnya dengan buah-buahan lain, buah melon juga kaya akan Antioksidan yang dapat membantu tubuh untuk mencegah radikal bebas yang dapat mengakibatkan timbulnya sel kanker pada tubuh Anda.

Bisa dikatakan bahwa antioksidan berfungsi untuk memperkuat sistem imun dalam tubuh sehingga tidak mudah terjangkit masalah-masalah kesehatan lainnya.

3. Kalium
Kalium yang terdalam dalam kandungan buah melon bertugas untuk menjaga kesehatan jantung serta tekanan darah Anda

4. Likopen
Tugas likopen yakni untuk meminimalisirkan dari resiko terjangkit penyakit kanker dan juga dari serangan jantung

B. Manfaat Buah Melon
Dari sekian banyak kandungan gizi buah melon, lalu apa saja manfaat yang dapat Anda peroleh dari mengkonsumsi melon?, manfaatnya antara lain:

1. Mencegah stroke
Karena buah melon mengandung kalium maka dengan rutin mengkonsumsi melon Anda dapat mencegah terjadinya stroke. Hal itu dikarenakan kandungan kalium dapat mengontrol tekanan darah.

2. Mencegah Diabetes
Selain mencegah terjadinya penyakit stroke, buah melon juga dapat menghindarkan Anda dari penyakit diabetes karena pemanis alami yang dimiliki melon dapat mengontrol kadar gula darah pada tubuh Anda. Terutama bagi Anda penyuka makanan gorengan dan berlemak, sudah tentu harus diimbangi dengan mengkonsumsi buah-buahan segar seperti buah melon.

3. Menyehatkan Mata
Betakaroten yang ada dalam kandungan melon juga berperan penting untuk menjaga kondisi mata Anda. Selain menjaga kesehatan mata agar terhindar dari segala penyakit mata, betakaroten juga mampu untuk menajamkan daya lihat mata.

4. Mencegah Penyakit Kanker
Buah melon juga memiliki kandungan karotenoid, yang mana dapat membantu daya tahan tubuh Anda tetap kuat dari serangan kanker-kanker ganas seperti kanker payudara dan paru-paru.

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa saat ini kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan selain serangan jantung karena belum ada obat yang cocok untuk menyembuhkan sel kanker kecuali melakukan kemoterapi, namun kemoterapi belum tentu seratus persen dapat menyembuhkan.

Maka dari itu mulai saat ini konsumsilah buah-buahan dan sayuran yang mengandung karotenoid, salah satunya adalah buah melon.

5. Menurunkan Berat Badan
Bagi Anda yang sedang melakukan program menurunkan berat badan untuk mendapatkan tubuh yang bagus dan sehat, tidak ada salahnya untuk menggunakan buah melon untuk dijadikan jus buah karena kadar sodium melon yang relatif rendah. Selain itu melon juga berkhasiat untuk melancarkan pencernaan.

6. Anti-aging
Penuaan dini tentunya menjadi momok bagi Anda, terutama untuk para kaum hawa. Manfaat buah melon lainnya adalah sebagai anti-aging dan membuat kulit wajah Anda cerah, kenyal dan terhindar dari jerawat. untuk mendapat wajah yang cerah dan kenyal itu, hal yang harus Anda lakukan hanyalah rutin lah mengkonsumsi buah melon dan buah-buahan lainnya.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top