2017-05-27

Manfaat Buah Naga untuk Penderita Penyakit Diabetes

Manfaat Buah Naga untuk Diabetes_Buah naga merupakan buah-buahan hasil persilangan beberapa jenis kaktus, yakni Hylocereus dan Selenicereus. Buah yang memiliki kulit unik menyerupai sisik naga ini asalnya dari Meksiko, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Namun saat ini banyak negara-negara Asia juga ikut membudidayakannya, termasuk salah satunya adalah Indonesia. Nyatanya membudidayakan buah naga tak serumit yang Anda bayangkan, karena buah naga bisa tumbuh pada daerah-daerah tertentu terutama yang beriklim tropis dengan cara menyetek batangnya. Tak ayal kita dapat dengan mudah menemukan buah naga baik di pasar-pasar tradisional hingga swalayan.
Manfaat Buah Naga untuk Diabetes
Mengonsumsi buah-buahan memang sangat diperlukan untuk menjaga stabilitas kesehatan tubuh, tak terkecuali dengan buah naga. Buah naga diketahui memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan Anda.

Kandungan yang terdapat pada buah naga
Selain kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, berikut beberapa kandungan lain yang terdapat dalam buah yang sangat dipercaya oleh orang China dan Vietnam sebagai buah pembawa berkah ini:

1. Antioksidan
Kadar Antioksidan yang dimiliki oleh buah naga bisa dibilang cukup tinggi dan hal tersebut sangat baik bagi tubuh untuk mencekal radikal bebas. Radikal bebas sendiri dikenal dapat mengakibatkan masalah bagi kesehatan bahkan dapat memicu sel kanker untuk tumbuh.

2. Vitamin
Buah naga memiliki bermacam-macam vitamin yang baik bagi tubuh antara lain vitamin A yang baik untuk mata, vitamin B kompleks yang baik untuk pencernaan, dan vitamin c yang memiliki segudang manfaat.

3. Kalsium
Kandungan kalsium organik dalam buah naga sangat baik bagi kesehatan tulang. Kalsium organik lebih kaya manfaat daripada kalsium biasa yang biasanya kita jumpai dalam kandungan susu kemasan.

4. Karbohidrat
Mengkonsumsi buah naga dapat memberi efek kenyang karena kandungan karbohidrat yang terdapat di dalamnya.

5. Serat
Sama halnya dengan kandungan vitamin B kompleks yang baik untuk pencernaan, buah naga juga kaya akan serat. Yang mana seperti yang telah kita ketahui bahwa serat dapat melancarkan pencernaan.

6. Kalori
Jumlah kalori pada buah naga tergolong cukup rendah. Jadi Anda tidak perlu takut akan menjadi gemuk jika banyak mengkonsumsi buah naga.

Manfaat Buah Naga bagi Penderita Diabetes
Setelah mengetahui kandungan-kandungannya, ternyata buah naga tidak hanya memiliki zat gizi dan vitamin saja namun juga kandungan lainnya yang sangat dibutuhkan bagi tubuh. Sehingga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah naga bagi Anda penderita diabetes, karena buah naga berfungsi untuk membantu menurunkan kadar gula darah yang dimiliki oleh penderita diabetes.

Hal tersebut karena rasa manis pada buah naga adalah pemanis alami dan bukan glukosa(pemanis buatan), sehingga para penderita dapat menikmati rasa manisnya buah tanpa harus takut kadar gula darah akan naik.

Seperti yang Anda ketahui, orang-orang yang terkena diabetes tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai olahan makanan dan minuman yang manis-manis.

Selain itu, jumlah kalori yang dimiliki buah naga sangat rendah, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang kalori yang ada dalam buah naga yang memiliki daging merah dan putih ini. Karena fungsinya tersebut, maka banyak dokter yang menyarankan pada para penderita untuk banyak memakan buah naga dan juga dipercaya dapat membuat tubuh penderita diabetes menjadi lebih fit.

Dari penjelasan tersebut, telah jelas bahwa buah naga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit diabetes.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top