2017-07-14

Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan

Apa manfaat daun sirsak untuk kesehatan?_Tumbuhan sirsak atau yang dikenal dengan nama latin Annona murita L merupakan salah satu jenis tanaman yang mempunyai banyak khasiat. Tanaman sirsak berasal dari Karibia, Amerika tengah dan Amerika Selatan. Buah dari tanaman sirsak ini memiliki rasa sedikit asam. Buah ini dapat dijumpai di beberapa daerah Indonesia dengan berbagai sebutan, seperti nangka sebrang ataupun nangka landa.
Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan
Buah sirsak salah satu buah yang dikomersilkan, daging buah sirsak mengandung banyak vitamin C. Daun sirsak berukuran relatif besar disertai permukaan yang mengkilap. Dan biasanya daun sirsak ini dijadikan sebagai obat alami yang ampuh untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Kandungan daun sirsak 
Dalam selembar daun sirsak memiliki banyak kandungan sehat, seperti misalnya berikut ini:
  • Alkaloid
  • Tanin
  • Annonaceous acetogenins
  • Lactones seperti;  Annohexocina, Javoricina
  • Isoquinoline seperti ; Anonaine, Coreximine
  • Lipid seperti; CLA, Asam Gentictic
Senyawa sitotoksik adalah senyawa yang dihasilkan dari Annonaceous acetogenins. Secara singkat, senyawa Annonaceous acetogenins dipercaya dapat menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Tidak hanya itu, daun sirsak juga mengandung senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai antioksidan. Berdasarkan penelitian, ekstrak tanaman sirsak dipercaya lebih ampuh menghambat sel kanker dibandingkan kemoterapi.

Selain itu daun sirsak juga dapat menambah nafsu makan, meningkatkan energi, membasmi diabetes, antibakteri, antiinflamasi, dan obat penurun panas serta masih banyak lagi.

Manfaat daun sirsak menangkis berbagai penyakit 
Daun sirsak memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai penyakit apa saja yang bisa di sembuhkan dengan daun sirsak, silahkan lihat ulasan berikut ini.

1. Menstabilkan kadar gula darah
Kandungan nutrisi daun sirsak dipercaya dapat menstabilkan kadar gula darah sampai pada ambang normal. Tidak hanya itu, keampuhan dari ektsrak daun buah masam ini dimanfaatkan sebagai alternatif alami diabetes.

Cara pemanfaatannya cukup sederhana; ambillah 2-5 helai daun sirsak, lalu cuci menggunakan air bersih mengalir. Tahap selanjutnya rebuslah daun sirsak yang telah dicuci, dengan air hangat 3 gelas. Minumlah rebusan daun sirsak tersebut secara rutin. Jangan lupa untuk selanjutnya memeriksakan kadar gula Anda.

2. Menghambat pertumbuhan kanker
Poin kedua inilah yang membuat daun sirsak terkenal di kalangan masyarakat. Diatas telah disinggung jika daun sirsak lebih mujarab dalam menghambat atau bahkan melawan sel kanker daripada kemoterapi.

Sejumlah kanker seperti kanker prostat, paru-paru, dan kanker payudara dapat dihambat laju pertumbuhannya dengan daun sirsak.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, cukup dengan merebus daun sirsak sebanyak 10 lembar dengan tiga gelas air. Saringlah air rebusan tersebut, setelah itu dapat diminum secara rutin selama 3-4 minggu setiap pagi.

3. Menghilangkan kutu rambut 
Daun sirsak juga diyakini dapat memperlambat pertumbuhan parasit di bagian kulit kepala kita. Caranya agak sedikit berbeda dari kedua poin di atas, rebusan air daun sirsak dan kemudian gunakan sebagai bahan pengganti sampo. Sehingga kulit kepala terbebas dari berbagai parasit.

4. Meningkatkan sistem imun pada tubuh kita  
Tak kalah penting, bahwa daun sirsak juga dipercaya mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh kita agar terhindar dari berbagai infeksi kronis. Senyawa antioksidan daun sirsak akan bekerja secara aktif.

Cara penggunaannya sangat mudah. Cukup rebus daun sirsak sebanyak 4-5 helai/lembar dengan 4 gelas air tersisa kurang lebih satu gelas. Kemudian minumlah secara teratu.

Keempat poin di atas merupakan beberapa  manfaat dari daun sirsak. Akan tetapi, sebaiknya penggunaan bahan apapun yang kita jadikan sebagai alternatif pengobatan herbal, harus dikonsultasikan dulu dengan dokter Anda.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top